• Latest News

    Powered by Blogger.
    Monday, August 19, 2013

    Pemain ISL Kurang Liburan

    LIGA INDONESIA ISL - Pemain profesional biasanya memanfaatkan jeda kompetisi untuk liburan jika tidak ada agenda internasional alias terlibat di tim nasional (timnas). Namun, itu mungkin tak berlaku untuk pemain Arema Cronous dan beberapa klub lain yang harus melakoni jadwal padat pada rehat kompetisi mendatang.
     
    Penundaan sejumlah pertandingan Indonesia Super League (ISL) karena gelaran Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur membuat Arema terancam minim liburan. Maklum, sesuai jadwal baru yang dirilis PT Liga Indonesia, Arema baru memungkasi musim pada 15 September.
     
    Setelah menyelesaikan ISL 2013, klub pujaan Aremania langsung disambut turnamen pra musim bertajuk Menpora Cup 2013. Turnamen ini sejatinya digelar mulai 16 September dan Arema berstatus sebagai tuan rumah Grup B yang dihuni Arema, Persegres Gresik United, Persepam Madura United dan Central Coast Mariners (Australia).
     
    Panitia Menpora Cup akhirnya meninjau kembali kick off turnamen yang digelar untuk pertama kalinya tersebut. Namun hingga kini belum ada konfirmasi pasti kapan turnamen itu dimulai. “Kami terpaksa mengubah jadwal karena tidak mungkin kick off 16 September,” cetus Wakil Ketua Panitia Menpora Cup, Johannes Sugianto.
     
    Namun penundaan diperkirakan tidak terlalu lama dan kemungkinan akhir September atau awal Oktober. Kendati ditunda, pemain tetap tak memiliki banyak waktu untuk beristirahat. Apalagi sejumlah agenda turnamen pra musim sudah masuk ke meja manajemen Singo Edan.
     
    Selain menpora Cup, Arema juga mendapatkan tawaran mengikuti turnamen di Malaysia. Selain itu masih ada dua agenda domestik yakni Inter Island Cup dan Piala Gubernur Jawa Timur. Walau ketiga agenda itu belum pasti, yang jelas Arema tertarik untuk terlibat. Itu belum termasuk agenda Perang Bintang ISL.
     
    Sejumlah klub juga mengalami jadwal yang nyaris sama dengan Arema, seperti Persegres dan Persepam. Klub lain seperti Persib Bandung, Mitra Kukar dan beberapa tim yang terlibat dalam turnamen juga dipastikan tak sempat bersantai walau musim kompetisi 2013 baru saja dituntaskan.
     
    Kendati pemain terancam jenuh, Pelatih Arema Cronous Rahmad Darmawan mengaku tidak begitu khawatir. Dia menyebut musim kompetisi 2013 cukup longgar dan tidak terlalu padat, sehingga tidak sampai membuat pemain merasa terbebani dengan banyaknya agenda pra musim.
     
    “Kompetisi ISL musim ini tidak setiap pekan digelar. Banyak liburnya, seperti ketika ada agenda tim nasional, libur hari raya, atau penundaan jadwal karena Pilkada. Jadi menurut saya tidak sampai membuat pemain jenuh atau kelelahan, karena sebenarnya kami juga harus menyiasati banyaknya libur tersebut,” ujar Rahmad Darmawan.
     
    Apalagi, ditambahkan, turnamen pra musim sifatnya santai dan tidak terlalu banyak tekanan untuk pemain. Layaknya ujicoba pra musim, tidak semua pemain terus bermain di setiap turnamen yang diikuti, melainkan ada rotasi dan memberikan jatah kepada setiap pemain yang ada.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Pemain ISL Kurang Liburan Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top