• Latest News

    Powered by Blogger.
    Friday, November 22, 2013

    PREVIEW Liga Belanda Speelronde 14

    De Roon Finnbogason Ziyech Slagveer Heerenveen RKC Waalwijk Eredivisie 11082013

    Dua tim dengan rekor pertahanan dan serangan terdepan di Eredivisie Belanda akan bertemu pada Speelronde 14, Sabtu (23/11) petang.

    PSV Eindhoven akan menjamu SC Heerenveen pada laga tersebut. PSV memiliki rekor kebobolan 14 gol atau yang kedua terbaik di Eredivisie; sedangkan Heerenveen memiliki lini serang tertajam dengan membukukan 29 gol ke gawang lawan-lawannya dalam 13 laga yang sudah dilalui. Modal catatan ini saja sudah menjadikan pertandingan ini paling menarik disaksikan akhir pekan ini.

    PSV bersiap tampil tanpa diperkuat bek kiri Jetro Willems yang mengalami cedera ringan usai memperkuat timnas Belanda pada uji coba internasional. Abel Tamata sudah disiapkan sebagai pengganti. PSV juga sudah dapat menyambut kembali kehadiran Karim Rekik dan Luciano Narsingh untuk memperbaiki performa tak pernah menang dalam empat pertandingan liga terakhir.

    Salah satu masalah yang harus dipecahkan pelatih Philip Cocu adalah tumpulnya lini depan tim. Dengan kondisi Tim Matavz yang cedera, PSV bersandar pada Jurgen Locadia. Namun, penyerang gempal 20 tahun ini belum menemukan performa terbaik di depan gawang. Locadia terlihat kerap ragu-ragu dalam melepaskan tembakan ke arah gawang. Lulusan akademi PSV ini masih tampak tidak dapat mengambil posisi yang tepat untuk menjadi ujung tombak timnya. Dalam sepuluh penampilan, Locadia baru menyumbangkan dua gol. Tumpuan pun bakal dialihkan ke dua sayap, Memphis Depay dan Narsingh, guna menyokong serangan.

    Sementara, Marco van Basten sudah dapat mendampingi lagi Heerenveen di bangku cadangan usai menjalani sanksi akibat diusir wasit ke tribun ketika kalah 2-0 di markas FC Utrecht, Speelronde 12. Modal positif Heerenveen adalah kemenangan besar 5-2 atas RKC Waalwijk pada Speelronde lalu dengan penampilan gemilang Hakim Ziyech dan Alfred Finnbogason. Nama terakhir memendam kekecewaan karena Islandia gagal melaju lebih jauh dari play-off Piala Dunia 2014 dengan dikalahkan Kroasia. Gawang PSV dapat dijadikan pelampiasan Finnbogason, yang sudah melesakkan 14 gol dalam 11 penampilan di liga.

    Kehadiran sayap supersub Yanic Wildschut ditunggu Heerenveen setelah sang pemain mulai pulih dari cedera paha. Namun, meski namanya didaftarkan dalam skuat, tidak dapat dipastikan apakah Wildschut bermain sejak awal. Begitu pula halnya dengan striker asal Nigeria, Uche Nwofor, yang masih berkutat dengan cedera engkel.

    Pertandingan lain yang tak kalah menarik adalah perjuangan FC Groningen mempertahankan performa bagus. Dalam lima pertandingan terakhir pasukan Erwin van de Looi itu tak terkalahkan. Pekan ini mereka menjamu PEC Zwolle di Stadion Euroborg. Groningen hanya tertinggal dua poin di belakang pemuncak klasemen, Vitesse Arnhem, sehingga kemenangan dibutuhkan agar dapat terus bersaing di posisi empat besar.

    Pemain 17 tahun, Richairo Zivkovic, terus bersinar dan menempati posisi pemain inti dalam dua pertandingan terakhir di liga. Zivkovic telah menyumbangkan lima gol untuk Groningen, empat di antaranya dilakukan dengan status sebagai pemain pengganti. Tak heran jika klub-klub top Eropa antara lain seperti Barcelona, Real Madrid, Liverpool, hingga Manchester City, mengirimkan pemantau bakat untuk mengintip aksinya.

    Pimpinan klasemen Vitesse akan bertandang ke markas Go Ahead Eagles, sedangkan Ajax Amsterdam bakal menjamu Heracles Almelo. Tim peringkat kedua AZ Alkmaar siap kedatangan Roda JC Kerkrade dan Feyenoord Rotterdam akan diperkuat lagi oleh Graziano Pelle saat menghadapi RKC Waalwijk.

    Akankah ada perubahan susunan papan atas klasemen Eredivisie pekan ini? Menarik ditunggu.

    Richairo Zivkovic, salah satu pemain muda Groningen yang bersinar musim ini.

    SPEELRONDE 14
    Minggu24/1100:00PSV Eindhoven vs SC HeerenveenFox Sports
    Minggu24/1101:45Cambuur Leeuwarden vs NEC Nijmegen 
    Minggu24/1101:45AZ Alkmaar vs Roda JC Kerkrade 
    Minggu24/1102:45Ajax Amsterdam vs Heracles AlmeloFox Sports
    Minggu24/1118:30RKC Waalwijk vs Feyenoord Rotterdam 
    Minggu24/1118:30FC Utrecht vs ADO Den Haag 
    Minggu24/1120:30Go Ahead Eagles vs Vitesse Arnhem 
    Minggu24/1120:30FC Groningen vs PEC Zwolle 
    Minggu24/1122:30FC Twente vs NAC Breda 
    *Waktu kick-off berdasarkan WIB

    Sampaikan pendapat maupun prediksi Anda tentang Speelronde 14 Eredivisie 2013/14 melalui kolom komentar di bawah ini!
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: PREVIEW Liga Belanda Speelronde 14 Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad
    Scroll to Top