• Latest News

    Powered by Blogger.
    Wednesday, November 20, 2013

    Timnas Gagal Berkiprah di Piala Asia 2015

    Peluang Indonesia untuk lolos ke Piala Asia 2015 di Australia setelah dibenamkan Irak, 0-2 di SUGBK, Selasa (19/11/2013) (Foto: Arif Julianto/Okezone)
    Peluang Indonesia untuk lolos ke Piala Asia 2015 di Australia setelah dibenamkan Irak, 0-2 di SUGBK, Selasa (19/11/2013) (Foto: Arif Julianto/Okezone)
    Piala Asia 2015 – Pupus sudah peluang Indonesia untuk lolos ke putaran final Piala Asia 2015 dari kualifikasi Grup C. Kekalahan 0-2 ketiga dari di laga Grup dari Irak di kandang sendiri, Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (19/11/2013).
     
    Praktis, hasil ini membenamkan posisi Garuda di juru kunci dengan satu poin serta satu laga tersisa, sedangkan Irak yang berada di urutan ketiga masih berpeluang berebut tiket runner-up dengan enam poin.
     
    Jalannya Pertandingan
    Tempo permainan langsung digeber Boaz Solossa Cs sejak menit awal lantaran memang benar-benar butuh kemenangan dengan angka besar di kandang sendiri. Peluang pertama terjadi dari bola mati alias tendangan bebas yang dilakoni Raphael Maitimo. Tapi, bola masih membentur pagar hidup dan bola liar langsung ditinju kiper Irak, Mohammed Hameed Farhan keluar dari wilayahnya.
     
    Dua menit kemudian, peluang emas kembali mendatangi Maitimo dengan kepalanya. Mendapat umpan lambung, Maitimo coba menanduk bola keras ke gawang Singa Mesopotamia – julukan Irak. Naas, sebelum bola menemui jaring gawang, bek Irak lebih dulu menyelamatkan.
     
    Indonesia malah harus tertinggal lebih dulu, 0-1 di menit ke-27 lewat kepala Hamadi Ahmed Abdullah. Diawali crossing silang dari Ali Adnan Kadhim. Hamadi menanduk bola pantul ke bawah yang sulit digapai I Made Wirawan.
     
    Enam menit kemudian, tim tamu bahkan memperlebar keunggulannya dari titik dua belas pas. Irak mendapat hadiah penalti setelah M. Roby, didakwa melalukan pelanggaran di kotak terlarang. Karrar Jasim yang maju jadi algojo, nyaris bisa digagalkan Made Wirawan lantaran arah bola sudah ditebak. Tapi bola terlalu deras untuk bisa diselamatkan. 2-0 Irak unggul.
     
    Sebelum turun minum, Indonesia mengoleksi satu peluang emas lainnya. Tepatnya di menit ke-45+1, aksi Samsul Arif yang meringsek ke deretan bek Irak melahirkan bola liar yang kemudian coba diteruskan Boaz. Sial, finishing Boaz hanya tipis melintas ke sisi kiri gawang Irak. Interval perdana berakhir dengan ketertinggalan Indonesia, 0-2 dari Irak.
     
    Coach Jackson F. Tiago punya tim yang sedikitnya berbeda di babak kedua dengan dua pergantian di penghujung babak pertama sebelumnya. Titus Bonai serta Supardi masuk dan nama terakhir ini memulai peluang pertama di menit ke-55. Menerima umpan deras dari sisi sayap kanan, tim Garuda nyaris memperkecil kedudukan andai Supardi tak terlambat sepersekian detik.
     
    Keasyikan menyerang mencari gol untuk memperkecil kedudukan, sebuah skema serangan balik cepat mengancam di menit ke-67. Mendapat through-pass dari Mohammed Karrar, Hammadi Abdullah melepaskan tendangan kaki kiri keras. Beruntung, arah bola hanya menggetarkan jaring gawang luar dari I Made Wirawan.
     
    Empat menit berselang, Hammadi lagi-lagi jadi peneror gawang Indonesia. Via sepak pojok, Hammadi muncul dari kawalan M. Roby untuk menanduk bola keras. Tapi bola hanya menyasar ke mistar gawang Indonesia.
     
    Giliran Indonesia balik menyerang di menit ke-72. Sedikit demi sedikit membuka celah tembok tebal Irak, Samsul Arif dapat kans emas di dalam kotak penalti. Tapi nahas, tendangan kerasnya hanya mengarah tepat ke posisi kiper yang kemudian mudah dimentahkan.
     
    Di penghujung laga, menit ke-90+3, Hammadi memberi ancaman terakhir. Dari sebuah serangan balik cepat, Hammadi tinggal menghadapi I Made Wirawan. Tapi lantaran kurang tenang, penyelesaiannya pun hanya mengarah jauh ke atas mistar gawang.
     
    Sampai laga bubar, stand 2-0 untuk tim tamu bertahan dan sekaligus menutup peluang tim Merah-Putih untuk lolos dari Grup C dan tampil di Piala Asia dua tahun mendatang. Adapun Irak, membuntuti China di tempat kedua dengan poin enam yang sebelumnya hanya bermain imbang, 0-0 atas Arab Saudi di fixtureketiga Grup C lainnya.
     
    Susunan Pemain
    Indonesia: I Made Wirawan, Beny Wahyudi/Supardi (37’), Fachrudin Aryanto, Raphael Maitimo, Ahmad Jufriyanto/Ahmad Bustomi (78’), Muhammad Roby, Ruben Sanadi, Muhammad Taufiq, Zulham Zamrun/Titus Bonai (45’), Boaz Solossa, Samsul Arif
     
    Irak: Mohammed Hameed Farhan, Mohammed Jabbar Arebat, Ali Adnan Kadhim, Saif Salam Hashim/Saad Abdulameer (86’) , Salam Shakir, Ali Rehema, Ala’a Abdul Zahra, Humam Tariq Faraj, Hammadi Ahmed Abdullah, Karrar Jasim/Mutana Khalid Salih (59’), Mohammad Karrar/Dhurgham Ismail Daud (78’).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Timnas Gagal Berkiprah di Piala Asia 2015 Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad
    Scroll to Top