• Latest News

    Powered by Blogger.
    Wednesday, September 11, 2013

    Van Gaal Tebus Kegagalan


    VI-Images via Getty Images
    Andorra la Vella - Karier Louis van Gaal sebagai pelatih pernah ternoda dengan kegagalannya meloloskan Belanda ke Piala Dunia 2002. Van Gaal sukses menebus kegagalan tersebut dengan meloloskanOranje ke Piala Dunia 2014.

    Van Gaal pertama kali ditunjuk sebagai pelatih Belanda pada tahun 2000 silam. Saat itu, tugasnya adalah membawa negaranya lolos ke Piala Dunia 2002, yang dilangsungkan di Korea Selatan dan Jepang.

    Namun, tugas tersebut tak bisa dipenuhi oleh Van Gaal. Saat itu, Belanda yang masih diperkuat oleh Frank de Boer, Patrick Kluivert, dan Marc Overmars kalah bersaing dengan Portugal dan Republik Irlandia di babak kualifikasi. Tak lama setelah kegagalan tersebut, Van Gaal mengundurkan diri.

    Van Gaal kembali ke kursi pelatih Belanda pada tahun lalu, menggantikan Bert van Marwijk yang mundur setelah Piala Eropa. Tugas Van Gaal kali ini adalah membawa Belanda ke Brasil 2014.

    Misi tersebut akhirnya berhasil dituntaskan oleh Van Gaal. Belanda memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2014 setelah mengalahkan Andorra 2-0 di laga kedelapan babak kualifikasi. Dengan sisa dua laga, perolehan poin Belanda tak akan bisa dikejar oleh tim-tim lainnya yang menghuni Grup D.

    "Kami sudah menuntaskan pekerjaan. Kami tidak bisa lolos lebih cepat ke Piala Dunia daripada cara yang kami lakukan. Kami adalah yang pertama dari Eropa," ujar Van Gaal di Reuters.

    Belanda terhitung sukses di Piala Dunia edisi sebelumnya, Piala Dunia 2010, dengan menembus babak final, sebelum akhirnya kalah dari Spanyol. Tapi, untuk Piala Dunia tahun depan, Van Gaal tak mau mematok target muluk-muluk.

    "Sekarang ada Piala Dunia dan Anda harus tampil bagus di sana," katanya.

    "Kami memiliki tim yang sangat muda dengan beberapa pemain yang lebih senior. Saya berharap kami bisa melewati babak pertama," tutur pelatih berusia 62 tahun ini.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Van Gaal Tebus Kegagalan Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad
    Scroll to Top