• Latest News

    Powered by Blogger.
    Friday, May 30, 2014

    PIALA DUNIA : 170 Ribu Amankan Perhelatan PD 2014 Brasil

    Piala Dunia Brasil Persiapkan 170 Ribu Mengamankan Perhelatan Piala Dunia 2014 Brasil
    PIALA DUNIA – Pemerintah Brasil akan menerjunkan sedikitnya 170 ribu petugas keamanan guna mencegah kerusuhan yang disebabkan demonstrasi anti-Piala Dunia dan bentrokan antar pendukung tim sepakbola.

    Panitia penyelenggara Piala Dunia 2014 mengaku akan menugaskan sekitar 1.800 petugas keamanan di setiap 12 stadion tempat pertandingan digelar. Aparat Brasil juga menyiapkan 700 petugas keamanan federal jika sewaktu-waktu diperlukan.

    Di area stadion, panitia juga telah menempatkan sejumlah kamera pengawas, alat pemindai sinar-X, dan detektor logam sehingga orang-orang yang membawa barang berbahaya dapat dicegah masuk stadion. Salah satu benda yang dilarang dibawa, termasuk caixirola, instrumen musik mirip vuvuzela pada Piala Dunia 2010 lalu.

    Serangkaian langkah keamanan tersebut ditempuh setelah sejumlah aksi demonstrasi anti-Piala Dunia terjadi beberapa pekan terakhir. Beberapa di antaranya berujung dengan bentrokan antara demonstran dan aparat keamanan. Selain itu, ada kerisauan terhadap keberadaan pendukung timnas Argentina. 

    Berdasarkan data intelijen Brasil dan Argentina, ribuan suporter garis keras timnas Argentina, yang dikenal dengan sebutan barras bravas, ditengarai akan melintasi perbatasan guna mendukung Lionel Messi dkk. Aksi kekerasan yang melibatkan barras bravas pernah terjadi di Piala Dunia Meksiko 1986, Prancis 1998, dan Afrika Selatan empat tahun lalu. Beberapa di antara mereka dideportasi. 

    Sejauh ini, menurut Hilario Medeiros, selaku kepala keamanan panitia penyelenggara Piala Dunia, belum ada insiden serius yang mengancam pelaksanaan ajang sepakbola terakbar dunia itu.

    "Kami belum mencatat insiden serius sejak Piala Konfederasi," kata Hilario Medeiros, kepala keamanan panitia penyelenggara Piala Dunia seperti dilansir FreeMalaysiaToday, Jumat (30/5/2014).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: PIALA DUNIA : 170 Ribu Amankan Perhelatan PD 2014 Brasil Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top