• Latest News

    Powered by Blogger.
    Friday, November 1, 2013

    Ujian Awal Bagi Timnas Tersaji Malam Ini 01/11/13

    Jacksen F Tiago saat memimpin sesi latihan Timnas Senior Indonesia (Foto: Heru Haryono/Okezone)
    Jacksen F Tiago saat memimpin sesi latihan Timnas Senior Indonesia (Foto: Heru Haryono/Okezone)
    Info Timnas Indonesia - Tim nasional (timnas) Indonesia akan menjalani tes awal sebelum dijamu China, (15/11). Menjamu Kyrgyztan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, nanti malam, jadi gambaran strategi timnas Garuda meladeni permainan Team Dragon, julukan timnas China.

    Uji coba pertama jelang laga lanjutan Pra Piala Asia (PPA) 2015 Grup C kontra China, akan dijalani Boaz Solossa dkk. Menjamu Kyrgyztan yang membawa 16 pemainnya ke Indonesia, timnas Indonesia akan menerapkan berbagai skema dan strategi yang juga akan diterapkan saat berlaga di Shaanxi Province Stadium, markas China.

    Nakhoda timnas Garuda, Jacksen F Tiago, juga mengakui pentingnya uji coba perdana timnas Indonesia kontra Kyrgyztan. Walau sempat menyatakan tidak mengetahui secara pasti kelebihan dan kekurangan Kyrgyztan, pola dan strategi simulasi dalam menekan China akan coba dimainkan di pertandingan pemanasan tersebut.

    "Saya ingin sudah adanya pemahaman pola seperti apa yang kita mau. Lalu soal perubahan strategi yang coba kami kembangkan. Semuanya pasti berkaca saat kami akan meladeni permainan China nanti. Ini bisa dibilang sebagai langkah awal perjuangan kami menuju China," ungkap Jacksen.

    "Tidak hanya soal pemahaman strategi saja yang saya ingin lihat di pertandingan kontra Kyrgyztan nanti. Akan tetapi, juga ingin melihat perkembangan dari segi kemampuan individual pemain. Seperti fisik, teknik, dan juga wawasan mereka terhadap konsep permainan yang ingin dikembangkan," lanjut pelatih yang sukses bersama Persipura Jayapura tersebut.

    Pelatih berpaspor Brasil ini, memang sering menegaskan jika bukan saat melawan Kyrgyztan tujuan dari persiapan timnas. Akan tetapi yang ingin Jacksen dapatkan adalah, bagaimana serangkaian uji coba ini bisa memberikan dampak yang maksimal saat menjalani laga kedua kontra Team Dragon.

    "Semua materi latihan yang kami berikan kepada para pemain selama ini adalah, materi untuk menghadapi  China. Jadi tidak ada sama sekali hubungan dengan mempersiapkan ini untuk bisa maksimal saat beruji coba dengan Kyrgyztan. Apapun dari semua  rencana latihan kami adalah, hubungannya dengan China," papar Jacksen.

    Melihat permainan China saat bermain imbang, 1-1, di pertemuan perdana, (15/10), sisi sayap Team Dragon akan coba diredam. Setelah terus diasah dalam beberapa latihan terakhir, memaksimalkan kekuatan di kedua sektor sayap juga akan diterapkan saat beruji coba dengan Kyrgyztan.

    "Kenapa dari sektor sayap? Karena kemungkinan besar, China akan bermain dari sayap juga. Semua rencana latihan kami juga berdasarkan catatan latihan yang  kami punya tentang China. Dan saat menjalani laga uji coba, strategi juga mengarah kepada cara bermain kami dengan China," jelas Jacksen.

    Sementara itu, juru taktik Kyrgyztan Sergey Dvoryankov menegaskan, walau bertajuk uji coba dirinya tidak main-main memandang pertandingan tersebut. Tapi tambahnya, Kyrgyztan dipastikan dalam kondisi kelelahan setelah menempuh jarak perjalanan ke Indonesia yang cukup panjang.

    "Ini hanya persahabatan, tetapi pemain tidak akan menganggap remeh tim lawan dan akan mencari kemenangan walaupun dengan 16 pemain saja. Tapi Hingga saat ini, para pemain masih bermasalah dengan kebugaran dan latihan nanti sore (kemarin) hanya difokuskan kepada fitness saja” tutur  Dvoryankov.

    "Kami akan memastikan pertandingan lawan Indonesia tidak akan berjalan membosankan. Kami akan tampil serius, walaupun kami sebenarnya masih sama-sama belum tahu permainan dan kekuatan dari masing-masing tim," tambah kapten Kyrgyztan, Mirlan Murzaev. (decky irawan jasri)

    Perakiraan Pemain:

    Indonesia (4-3-3): Choirul Huda; Victor Igbonefo, M. Roby, Ruben Sanadi, Tony Sucipto; Ahmad Bustomi, M. Taufik, Raphael Maitimo; Boaz Solossa, Titus Bonai, Zulham Zamrun
    Pelatih: Jacksen F Tiago

    Kyrgyztan (4-4-2): Ruslan Amirov; Faruh Abitov, Davron Askarov, Takhir Avchiev, Rlijah Aryee; Akhlidin Israilov, Vadim Kharchenko, Kairat Zhyrgalbek, Aziz Sydykov; Khurshit Lutfullaev, Mirlan Murzaev
    Pelatih: Sergey Dvoryankov
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Ujian Awal Bagi Timnas Tersaji Malam Ini 01/11/13 Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad
    Scroll to Top