• Latest News

    Powered by Blogger.
    Monday, September 16, 2013

    Inilah Fakta Terkait Matchday I Liga Champions


    Galatasaray vs Madrid 10 April 2013 (AFP/BULENT KILIC)

    LIGA CHAMPIONS - Liga Champions musim ini akan dimulai Selasa (17/9) malam besok dengan mempertandingkan delapan laga. Ada data dan fakta menarik terkait Matchday I tersebut.

    Berikut Detiksport coba sarikan data dan fakta terkait laga Matchday I dari Grup A hingga Grup H seperti dilansir situs resmi UEFA.

    Matchday Selasa 17 September

    Grup A (Manchester United vs Bayer Leverkusen; Real Sociedad vs Shahktar Donetsk)

    * Ini adalah penampilan ke-18 secara beruntun untuk Manchester United di fase grup Liga Champions, tapi bagi David Moyes adalah pertama kalinya ia merasakan fase grup di mana MU punya dua titel Liga Champions. Ini juga jadi laga pertama Samy Hyypia sebagai pelatih Bayer Leverkusen di Liga Champions. Hyypia adalah pemenang kompetisi ini di musim 2005.

    * Bagi Sociedad ini adalah pertama kalinya mereka masuk fase grup Liga Champions setelah terakhir kali musim 2003/2004. Sementara lawan mereka, Shakhtar, sudah sembilan kali tampil di fase grup.

    Grup B (Galatasaray vs Real Madrid; FC Copenhagen vs Juventus)

    *Carlo Ancelotti (Real Madrid) adalah pelatih yang menggantikan posisi Fatih Terim (Galatasaray) di AC Milan sebagai pelatih di musim 2001/2002. Umit Davala yang kini jadi asisten Terim, tujuh kali bermain di bawah asuhan Ancelotti musim itu.

    * Ini adalah kedua kalinya Juve berkunjung ke ibukota Denmark dalam dua musim beruntun. Musim lalu mereka bermain imbang 1-1 dengan FC Nordsjaelland di mana Mirko Vucinic mencetak gol penyama kedudukan di menit-menit akhir.

    Grup C (Benfica vs Anderlecht; Olympiakos vs Paris St Germain)

    * Di Final Piala UEFA 1983, Anderlecht mengalahkan Benfica di kandang 1-0 dan imbang 1-1 di Lisbon untuk menjadi juara. Asisten pelatih Benfica saat ini, Minervino Pietra dan sekretaris teknik klub, Sheu Han, bermain di laga final itu.

    * Pelatih PSG Laurent Blanc dan pelatih Olympiakos Michel pernah bertemu ketika Prancis bertemu Spanyol di kualifikasi Piala Eropa 1992 di Paris 20 Februari 1991. Blanc mencetak gol terakhir Prancis dalam laga yang berkesudahan 3-1 untuk tuan rumah.

    Grup D (Bayern Munich vs CSKA Moskow; Viktoria Plzen vs Manchester City)

    * Pelatih Bayern, Josep Guardiola, ada di tim Barcelona yang merupakan juara bertahan Liga Champios di musim 1992/1993. Saat itu Barca tersingkir setelah kalah 2-3 dari CSKA di kandang sendiri -- hasil di putaran kedua itu adalah CSKA menang agregat 4-3 dan Barca gagal tampil di fase grup --.

    * Di saat City langsung lolos ke fase grup sebagai runner-up Liga Inggris musim lalu, juara Liga Ceko Plzen harus melalui tiga ronde kualifikasi. Plzen memenangi enam laga tersebut dari FK Zeljeznicar 6-4, JK Nomme Kalju 10-2, dan NK Maribor 4-1.

    Matchday Rabu 18 September

    Grup E (Schalke 04 vs Steaua Bucharest; Chelsea vs FC Basel)

    * Steaua punya rekor buruk dari 16 kali pertemuan dengan tim Jerman (1 menang 6 imbang 9 kalah); di Jerman (0 Menang 3 Imbang 6 Kalah). Rentetan tanpa kemenangan melawan tim-tim Jerman berlanjut musim lalu ketika bertemu VFB Stuttgart di fase grup Liga Europa -- imbang 2-2 di laga away dan kalah 1-5 di Bukarest.

    * Chelsea dan Basel bertemu di semifinal Liga Europa musim lalu, di mana klub London itu menang agregat 5-2 dan menjadi juara

    Grup F (Marseille vs Arsenal; Napoli vs Borussia Dortmund)

    * Dua musim lalu Marseille dan Arsenal berada di grup yang sama dan finis sebagai dua tim teratas. The Gunners punya rekor pertemuan lebih baik di musim 2011/2012, menang 1-0 di laga tandang berkat gol Aaron Ramsey dan imbang 0-0 di London.

    * Ini adalah pertemuan pertama antara Napoli dan Dortmund. Pelatih Napoli, Rafael Benitez, akan memperbaiki rekor klubnya melawan tim-tim Jerman -- tanpa kemenangan dan lima kali kalah dari tujuh pertemuan terakhir.

    Grup G (Austria Wina vs FC Porto; Atletico Madrid vs Zenit St Petersburg)

    * Kunjungan Porto ke Austria akan membuat mereka kembali ke Ernst Happel Stadion (sebelumnya Prates Stadium), yang menggelar final Piala Champions 1987 di mana Porto meraih gelar pertama mereka di kompetisi usai mengalahkan Bayern 2-1.

    * Terakhir kali Zenit berkunjung ke Madrid adalah tepat setahun lalu di mana mereka kalah 0-3 dari Malaga di fase grup Liga Champions. Atletico Madrid sementara tersingkir di babak 32 besar Liga Europa usai dikalahkan wakil Rusia Rubin Kazan.

    Grup H (AC Milan vs Celtic FC; Barcelona vs Ajax Amsterdam)

    * Pemain baru Milan, Alessandro Matri, mencetak gol pembuka di dua leg saat eks timnya Juventus mengalahkan Celtic di babak 16 besar musim lalu.

    * Mengejutkan bahwa Barcelona dan Ajax untuk pertama kalinya bertemu -- dua tim yang punya sejarah panjang di Eropa dan punya hubungan khusus dalam figur Johan Cruyff, di mana Cruyff tiga kali mengangkat trofi sebagai pemain Ajax dan sekali sebagai pelatih bersama Barcelona di 1992.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Inilah Fakta Terkait Matchday I Liga Champions Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top