• Latest News

    Powered by Blogger.
    Wednesday, December 11, 2013

    Inilah Peserta Liga Indonesia ISL 2014 Yang Lolos Verifikasi


    Liga Indonesia ISL - PSSI akhirnya mengumumkan hasil verifikasi terhadap klub-klub yang akan berkompetisi musim depan. Hasilnya tersaring 22 klub yang terdiri dari 18 Klub ISL dan empat klub IPL.

    Meloloskan 18 klub, itu artinya ISL meloloskan seluruh timnya dari verifikasi PSSI. Mereka adalah Barito Putera, Mitra Kukar, Persisam Samarinda, Persiba Balikpapan, Pelita Bandung Raya, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persela Lamongan, Arema Indonesia, Gresik United, Persebaya Surabaya, Persepam Madura United, Sriwijaya FC, Persipura Jayapura, Perseru Serui, Persita Tangerang, Persik Kediri, Persiram Raja Ampat.

    Sementara empat klub IPL yang dinyatakan berhak ikut kompetisi level teratas musim depan adalah PSM Makassar, Semen Padang, Persijap Jepara dan Persiba Bantul.

    Keputusan tersebut dikeluarkan setelah PSSI menggelar rapat yang dihadiri oleh seluruh anggota Komite Eksekutif, di Hotel The Sultan, Jakarta, Selasa (10/12/2013). Rapat Komite Eksekutif tersebut dihadiri oleh Sekjen PSSI Joko Driyono dan ketua departemen licensing club PSSI Tigor Shalomboboy. Selain itu hadir pula Ketua Komite Licensing, Demis Jamaludin, serta anggota seperti Aristo Pangaribuan, Nugroho setiawan, Yopie lepel, dan Poltak Sitomorang.

    Terkait hasil verifikasi, Joko Driyono mengatakan kalau sebenarnya seluruh klub dinyatakan tidak lolos jika berpatokan pada lima aspek syarat verifikasi (administrasi dan personal, sporting, legal, infrastruktur dan financial). Namun PSSI lebih memprioritaskan dari dua aspek yaitu infrastruktur dan aspek financial untuk akhirnya meloloskan 22 klub.

    "Melihat proses verifikasi dari 25 klub, 7 dari IPL dan 18 ISL, dengan melihat lima aspek yang diterapkan sebenarnya tidak ada satu pun yang lolos. Namun dari rapat Exco memutuskan beberapa tahap dengan beberapa pertimbangan," terang Joko.

    "Dengan kepesertaanya harus dilalui upaya menjaga integritas, maka Exco hanya memfokuskan terhadap dua aspek yaitu infrastruktur dan financial. Dengan demikian kami mendapatkan empat klub IPL dan 18 klub ISL," sambungnya



    Beberapa klub yang dianggap lolos verifikasi oleh PSSI sejatinya masih terlibat masalah finansial terkait masih tertunggaknya gaji pemain. Persija Jakarta misalnya, Mancan Kemayoran malah bermasalah secara hukum setelah diperkarakan Bambang Pamungkas dan Leo Saputra.

    Kondisi serupa terjadi pada Sriwijaya FC, yang menurut laporan APPI pekan lalu masih menunggak gaji pemain. 

    Sementara tiga klub IPL yang tidak lolos adalah Pro Duta, Persepar Palangkaraya dan Perseman Manokwari.

    Klub ISL yang lolos verifikasi:

    1. Barito Putera
    2. Mitra Kukar
    3. Persisam Samarinda
    4. Persiba Balikpapan
    5. Pelita Bandung Raya
    6. Persib Bandung
    7. Persija Jakarta
    8. Persela Lamongan
    9. Arema Indonesia
    10. Gresik United
    11. Persebaya Surabaya
    12. Persepam Madura United
    13. Sriwijaya FC
    14. Persipura Jayapura
    15. Perseru Serui
    16. Persita Tangerang
    17. Persik Kediri
    18. Persiram Raja Ampat

    Klub IPL yang lolos verifikasi

    1. PSM Makassar
    2. Semen Padang 
    3. Persijap Jepara
    4. Persiba Bantul
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Inilah Peserta Liga Indonesia ISL 2014 Yang Lolos Verifikasi Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top