• Latest News

    Powered by Blogger.
    Sunday, December 8, 2013

    Inilah Hasil Undian Piala Dunia 2014 Brasil

    Hasil undian Piala Dunia 2014 (Foto: Reuters)

    JAKARTA – Undian babak penyisihan grup Piala Dunia 2014 sudah rampung digelar. Sejumlah grup menarik pun tersaji seperti di Grup D yang mempertemukan tiga tim juara dunia!

    Ya, grup D bisa dibilang grup neraka di Piala Dunia tahun ini. Hal ini tidak lepas dari hadirnya Uruguay, Inggris Italia serta Kosta Rika yang terancam jadi bulan-bulanan di Grup ini. Partai menarik juga akan tersaji di Grup B, di mana juara bertahan Spanyol akan ditantang Belanda, lawan mereka di final empat tahun lalu.

    Selain dua grup di atas, ada beberapa grup lain yang menyajikan pertarungan menarik. Dan berikut ini adalah gambaran singkat pertarungan tim-tim di babak penyisihan grup Piala Dunia 2014:

    GRUP A: BRASIL, KROASIA, MEKSIKO, KAMERUN
    Brasil yang jadi tuan rumah akan membuka laga dengan menghadapi Kroasia. Partai ini tentunya tidak mudah bagi Neymar da Silva dkk. lantaran Kroasia kerap kali menciptakan kejutan di ajang-ajang besar, seperti Piala Dunia 1998 di mana mereka mampu menembus mengakhiri turnamen di posisi tiga.

    Menilik rekor, Brasil pernah bertemu dengan Kroasia pada penyisihan grup Piala Dunia 2006. Selecao yang kala itu diperkuat sejumlah pemain bintang seperti Ronaldo, Ronaldinho, Adriano dan Ricardo Kaka, hanya mampu menang tipis 1-0.

    Sementara itu, dua lawan lainnya juga tidak bisa dipandang sebelah mata oleh Luis Felipe Scolari. Meksiko dan Kamerun juga dikenal sebagai tim yang kerap merepotkan tim-tim besar.

    Rekor pertemuan Brasil kontra Meksiko adalah 40 kali, di mana tiga diantaranya terjadi di ajang Piala Dunia. Dalam tiga pertemuan tersebut, Tim Samba selalu mampu menundukkan Sombrero. Secara total, Brasil menang 26 kali dan kalah 10 kali.

    Sedangkan rekor pertemuan dengan Kamerun, Brasil sudah lima kali bersua tim yang saat ini diperkuat Samuel Eto’o. Hasilnya, Brasil sukses meraih tiga kemenangan dan hanya sekali kalah. Di Piala Dunia, Brasil dan Kamerun pernah bertemu di Piala Dunia 1994 di mana Brasil menang 3-0. Namun yang menarik, pada pertemuan terakhir di Piala Konfederasi 2003, Selecao harus takluk 0-1 dari Kamerun.

    GRUP B: SPANYOL, BELANDA, CILE, AUSTRALIA
    Laga menarik juga dipastikan terjadi di Grup B. Spanyol yang menyandang predikat juara bertahan akan membuka kampanyenya mempertahankan gelar dengan menghadapi Belanda.

    Duel ini dipastikan menarik lantaran Belanda pastinya mengusung misi balas dendam menyusul kekalahan pahit mereka di final Piala Dunia 2010. Kala itu, Belanda dipaksa melanjutkan puasa gelarnya usai tunduk 1-0 lewat gol semata wayang Andres Iniesta yang berbau offside.

    Skenario ideal di mana Spanyol dan Belanda lolos ke babak selanjutnya juga terancam gagal terwujud, lantaran dua tim lainnya tidak bisa dianggap remeh. Cile dengan bintangnya Arturo Vidal dan Australia dengan Tim Cahill-nya siap memberikan kejutan.

    GRUP C: KOLOMBIA, YUNANI, PANTAI GADING, JEPANG
    Grup ini bisa dikatakan berisikan tim-tim yang berpotensi jadi kuda hitam di Piala Dunia kali ini. Kolombia membuat kejutan dengan penampilan ciamik di babak kualifikasi zona CONMEBOL, di mana Radamel Falcao dkk. lolos otomatis ke Piala dengan menduduki peringkat dua di bawah Argentina.

    Sementara itu, Jepang juga punya potensi lolos ke babak 16 besar, mengingat skuad Samurai Biru adalah tim pertama yang memastikan diri lolos ke Piala Dunia dari zona Asia.

    Sedangkan dua tim lain, Pantai Gading yang Yunani juga punya peluang sama untuk lolos. Pantai Gading diperkuat sejumlah pemain hebat macam Didier Drogba dan Yaya Toure, sedangkan Yunani adalah tim yang pernah membuat kejutan besar dengan jadi juara di Euro 2004.

    GRUP D: URUGUAY, KOSTA RIKA, INGGRIS, ITALIA
    Inilah yang disebut-sebut banyak kalangan sebagai ‘grup neraka’. Betapa tidak, tiga tim dengan label juara dunia bakal saling sikut untuk mendapatkan tiket ke babak 16 besar.

    Uruguay, juara dua kali (1930 & 1950) akan bersaing dengan dua tim kuat Eropa, Inggris (juara 1966) dan Italia (juara 1934, 1938, 1982, 2006). Ketiga tim inilah yang disinyalir bakal saling bunuh untuk mengamankan tiket lolos. Sementara Kosta Rika sepertinya harus realistis dan berpotensi jadi lumbung gol ketiga tim di atas.

    Uruguay yang menempati pot 1 akan membuka perjuangan dengan menghadapi Kosta Rika. Tiga poin diyakini bakal diraih Luis Suarez dkk. Sementara itu, Italia dan Inggris harus bisa langsung tampil 'panas' jika tidak ingin tergelincir.

    Laga Italia kontra Inggris sepertinya bakal benar-benar beraroma neraka. Pasalnya, kedua tim dijadwalkan bertarung di Kota Manaus, salah satu kota yang bersuhu paling menyengat di Brasil. Di musim panas, suhu udara di Manaus kabarnya bisa mencapai 40 derajat celsius.

    GRUP E: SWISS, EKUADOR, PRANCIS, HONDURAS
    Publik Prancis pastinya bersorak bahagia, lantaran tim kesayangannya terhindar dari grup maut. Prancis pantas bersyukur dengan perubahan format yang diputuskan FIFA di mana mereka tidak harus berpindah ke pot 2 seperti yang dialami Italia.

    Seperti diketahui, Prancis merupakan tim di Pot 4 yang memiliki ranking terendah, dan merujuk aturan lama, skuad Didier Deschamps seharusnya otomatis masuk ke pot 2 yang berisikan tim-tim dari Amerika Selatan.

    Namun, FIFA mengeluarkan peraturan baru di mana tim di pot 4 dan masuk ke pot 2 tidak harus tim yang punya ranking terendah, melainkan dipilih secara acak. Akhirnya, Italia yang harus terlempar ke pot dua dan tergabung di Grup neraka bersama Inggris, Uruguay dan Kosta Rika.

    Di grup E, Prancis akan menghadapi lawan-lawan yang di atas kertas bisa mereka kalahkan. Mungkin hanya Swiss yang menyimpan potensi mengganggu Prancis untuk mengamankan tiket lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup.

    GRUP F: ARGENTINA, BOSNIA-HERZEGOVINA, IRAN, NIGERIA
    Argentina masuk dalam grup yang relatif tidak sulit. Lionel Messi dkk. hanya menghadapi Iran, Nigeria dan pendatang baru, Bosnia Herzegovina. Tiket 16 besar pun sepertinya tidak akan lepas dari genggaman Los Albiceleste.

    Sementara satu tiket lainnya akan diperebutkan Iran, Nigeria dan Bosnia. Kunci bagi ketiga tim ini mungkin ada di laga pembuka. Bosnia bersama bombernya Edin Dzeko mendapat kehormatan melakoni laga perdana kontra Argentina, sementara Nigeria dan Iran akan bisa mengukur seberapa jauh mereka bisa melangkah dari hasil laga pembuka ini.

    GRUP G: JERMAN, GHANA, AMERIKA SERIKAT, PORTUGAL
    Komposisi di grup ini juga berpotensi menghadirkan kejutan. Jerman sebagai unggulan pertama dipastikan harus bekerja ekstra keras untuk bisa mengamankan tiket 16 besar.

    Di grup ini, pelatih Joachim Low juga harus berhadapan dengan mantan atasannya Jurgen Klinsmann yang kini melatih Amerika Serikat. Seperti diketahui, Low merupakan asisten Klinsmann pada Piala Dunia 2006 silam. Garansi laga sengit, karena kedua pelatih sudah saling tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing.

    Sebelum menghadapi Klinsmann, Jerman harus lebih dulu meladeni perlawanan Ghana. Laga ini dipastikan tidak mudah. Pada pertemuan terakir di babak penyisihan grup Piala Dunia 2010, Die Mannschaft juga hanya mampu menang tipis 1-0 lewat gol tunggal Ozil.

    Sementara di partai pamungkas, Mesut Ozil harus berhadapan dengan Portugal. Partai ini dipastikan bakal lebih sulit lagi. Pasalnya, Portugal yang diperkuat Cristiano Ronaldo pastinya berambisi melakukan revans menyusul tiga kekalahan beruntun mereka di Piala Dunia 2006 (perebutan posisi tiga), Euro 2008 (perempatfinal) dan 2012 (penyisihan grup).

    GRUP H: BELGIA, ALJAZAIR, RUSIA, KOREA SELATAN
    Sama seperti di Grup C, komposisi di grup ini juga relatif seimbang, namun setiap timnya menyimpan potensi menjadi kuda hitam. Belgia dengan generasi emasnya, seperti Eden Hazard, Marouane Fellaini, Romelu Lukaku dan Vincent Kompany, yang tampil mengejutkan di Piala Dunia diprediksi akan mendapat perlawanan berat dari Korea Selatan dan Rusia yang diarsiteki pelatih kawakan Fabio Capello.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Inilah Hasil Undian Piala Dunia 2014 Brasil Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top