• Latest News

    Powered by Blogger.
    Wednesday, November 27, 2013

    Inilah Peta Persaingan Liga Champions Sesungguhnya

    Persaingan tim-tim di grup A sampai D masih akan menghadirkan banyak kejutan / ist
    Persaingan tim-tim di grup A sampai D masih akan menghadirkan banyak kejutan / ist
    Liga Champions -- Babak knock-out LIga Champions memasuki laga kelima. Itu berarti gerbang menuju 16 besar semakin dekat. Grup E hingga H telah melangsungkan pertandingan kelima dini hari tadi dengan banyak kejutan di dalamnya. Lalu bagaimana peta persaingan di grup A hingga D pada dini hari nanti?
     
    Dimulai dari grup A, yang diisi oleh Manchester United, Bayer Leverkusen, Real Sociedad, dan Shakhtar Donetsk. Di puncak klasemen, wakil Inggris memang masih berkuasa. Tapi perlu digarisbawahi bahwa perolehan poin di peringkat satu hingga empat masih berpotensi untuk saling jegal.
     
    Bila nanti Manchester United menang melawan Bayer, perolehan poin mereka menjadi 11, itu berarti peluang mereka lolos ke babak 16 besar semakin besar. Tapi bila Bayer yang mampu mendulang poin penuh, tim asuhan Sami Hyypia akan mengemas poin 10, yang berarti meggeser United dari tempat teratas.
     
    Di sisi lain, bila kedua tim ini bermain imbang, maka Shakhtar Donetsk menjadi tim yang diuntungkan kalau mereka bisa menang dari Sociedad, karena apabila mereka mendapat poin penuh saat United dan Leverkusen imbang, mereka akan bisa menyamai poin milik Leverkusen yang berarti laga mereka di pertandingan berikutnya sangat menentukan.
     
    Sementara Sociedad, menjadi tim yang berpeluang paling kecil karena dari empat pertandingan, mereka hanya mampu meraih satu poin. Raihan terbaik mereka kemungkinan hanya mencapai tempat ketiga dan berlaga di Europa League.
     
    Lanjut ke Grup B, yang berisikan Real Madrid, Galatasaray, Kopenhagen, dan Juventus. Dari keempat tim raksasa Eropa ini, hanya Real Madrid yang memiliki peluang lolos paling besar, mengingat perolehan poin mereka dari empat laga meraih 10 poin dan berada di puncak klasemen.
     
    Lawan Madrid pada dini hari nanti adalah penghuni peringkat dua, Galatasaray, yang memiliki poin empat. Bila Madrid menang, itu berarti mereka dengan santai melenggang ke 16 besar karena perolehan poinnya tak mungkin tersusul.
     
    Di sisi lain, Kopenhagen dan Juventus yang nanti juga akan bersua juga tetap memiliki peluang lolos mengingat poin Kopenhagen di tempat ketiga, sama dengan Galatasaray 4 poin, dan Juve, memiliki tiga poin.
     
    Bila Kopenhagen menang, maka klub asal Denmark ini akan merangsek ke peringkat kedua menggeser Galatasaray. Tapi bila Juve yang menang, dengan catatan Galatasaray kalah, pasukan Antonio Conte langsung melejit ke tempat kedua.
     
    Dengan kondisi seperti ini, grup B adalah salah satu grup yang masih memiliki peluang besar untuk lolos ke babak berikut terlepas dari peringkat berapa tim tersebut karena poin yang mereka raih, memiliki selisih yang sangat tipis.
     
    Beralih grup C, yang di mana berisikan Paris Saint Germain, Olympiakos, Benfica, dan Anderlecht. Sementara ini PSG masih menjadi penguasa dengan poin 10 dari empat pertandingan, sementara lawan PSG nanti malam, Olympiakos berada di tempat kedua.
     
    Sederhananya, bila PSG menang, maka, mereka telah mengunci satu tempat di fase 16 besar, dan apabila wakil Prancis ini kalah, makan perolehan poin mereka akan sama, yakni 10 poin.
     
    Sementara pertarungan Anderlecht dan Benfica juga layak untuk diikuti meskipun keduanya sebagai timunder-dog. Bila penghuni peringkat ketiga, Benfica menang melawan Anderlecht poin mereka menjadi tujuh poin, sama dengan Olympiakos bila kalah dari PSG, dan harus menunggu hingga pertandingan keenam untuk menentukan siapa yang akan menuju Europa League.
     
    Bahkan, Anderlecht yang kini berstatus juru kunci dengan raihan poin satu, tetap memilki asa untuk lolos ke babak 16 besar.
     
    Bayern Munich sepertinya menjadi tim kandidat terkuat untuk lolos ke babak 16 besar. Juara Liga Champions musim lalu ini menyapu bersih kemenangan dari empat laga sebelumnya. Lawan mereka nanti malam adalah penghuni peringkat tiga, CSKA Moskow. Kans Munich untuk menang tentu sangat besar, dan memastikan langkah ke babak beriktunya.
     
    Sementara tim terkuat kedua, Manchester City akan menghadapi Viktoria Plzen, klub yang sudah tidak lagi memiliki kans untuk lolos ke babak berikut karena belum mampu mendapat poin. Peluang The Citizens juga sangat besar karena tim asal Inggris ini baru merasakan kekalahan dengan poin saat ini Sembilan dan berada tepat di bawah Munich.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Inilah Peta Persaingan Liga Champions Sesungguhnya Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad
    Scroll to Top