• Latest News

    Powered by Blogger.
    Friday, October 11, 2013

    Timnas U-19 Hajar Timnas U-19 Filipina 2 Gol Tampa Balas

    Indonesia (merah) menang atas para pemain Filipina. (Foto: Arif Julianto/Okezone)
    Indonesia (merah) menang atas para pemain Filipina. (Foto: Arif Julianto/Okezone)
    Info Piala Asia U-19 - Timnas Indonesia kembali meraih kemenangan dalam laga penyisihan Grup G Piala AFC U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (10/10/2013). Kali ini giliran Filipina yang menjadi korbannya lewat skor 2-0.

    Dua gol yang disarangkan Indonesia pada laga kali ini, masing-masing dicetak oleh Muhammad Hargianto dan Yabes Roni Malaifani. Raihan tiga poin ini membuat Indonesia menyamai poin dengan Korea Selatan, yakni enam poin.

    Akan tetapi, Korea Selatan berada di puncak klasemen karena unggul jumlah gol. Para pasukan Garuda Muda sendiri akan menghadapi Korea Selatan pada match ketiga, Sabtu (12/10/2013).

    Jalannya Pertandingan
    Babak Pertama:
    Tempo cepat langsung diperagakan Evan Dimas cs begitu peluit pertama dibunyikan wasit. Kemenangan 5-1 yang dipetik Korea Selatan atas Laos pada laga sebelumnya memaksa Indonesia harus menang dengan skor besar jika ingin bersaing memperebutkan puncak klasemen Grup G.

    Laga baru memasuki menit keempat, Indonesia memiliki peluang lewat aksi Dinan Yahdian Javier yang menggantikan posisi Maldini Pali di sisi kanan penyerangan. Berakselerasi melewati tiga pemain Filipina, tendangan keras Dinan masih melenceng dari sasaran.

    Selanjutnya, pada menit 7’ dan 12’, giliran kapten tim Evan Dimas Darmono dan Zulfiandi yang punya peluang. Sayang, tembakan keras Evan dan Zulfiandi dari luar kotak penalti masih melambung dari bidang sasaran.

    Indonesia yang mengurung penuh pertahanan Filipina mendapat peluang terbaiknya pada menit ke-20. Berawal dari umpan sepak pojok Evan Dimas, Dinan berhasil menanduk bola, namun sayang masih bisa diblok kiper Filipina, Ronilo Vallez Bayan. Bola muntah coba dimaksimalkan Dinan dengan tendangan, namun masih melambung.

    Filipina yang menumpuk pemain di lini pertahanan kembali mendapat teror pada menit ke-26. Evan Dimas melepaskan tendangan bebas melengkung yang sayangnya masih membentur mistar.

    Namun, beberapa saat berselang, Indonesia kembali mendapat hadiah tendangan bebas. Kali ini, Muhammad Hargianto yang mengeksekusi bola. Tak dinyanya, tendangan keras Hargianto sukses menjebol gawang Filipina. Gooll!! Indonesia unggul 1-0.

    Setelah gol tersebut, Indonesia kian bersemangat melancarkan tekanan. Sejumlah peluang didapatkan. Salah satunya dari tendangan keras Ilham Udin Armaiyn dan Dinan Yahdian. Sayang, eksekusi keduanya belum membuahkan hasil.

    Di menit-menit akhir, Zulfiandi punya dua peluang emas untuk menggandakan keunggulan Garuda Jaya. Pertama, tendangan kerasnya dari luar kotak penalti hanya tipis di sisi gawang. Sementara yang kedua, tendangan bebasnya masih bisa diblok Bayan. Skor 1-0 untuk Indonesia bertahan hingga turun minum.

    Babak Kedua:
    Memasuki babak kedua, para pemain Garuda Jaya langsung memasuki daerah pertahanan Filipina. Peluang demi peluang pun tercipta di awal babak kedua ini, akan tetapi belum ada yang bisa dikonversi menjadi satu gol pun.

    Pada menit ke-65 Muchlis Hadi mendapatkan peluang untuk menggandakan kedudukan, sayang sepakannya dari dalam kotak penalti lawan masih menyamping. Yabes pada ke-69 melepaskan umpan dari sisi kiri, akan tetapi bola berhasil dihalau bek Filipina sebelum sampai ke kaki Muchlis Hadi.

    Paulo Sitanggang melakukan umpan tarik mendatar dari sisi kiri pada menit ke-71, bola berhasil didapatkan Evans Dimas. Sial, sepakan sang kapten masih bisa diamankan dengan baik oleh kiper Ronilo Vallez.

    Tim asuhan Indra Sjafri masih terus mengepung dari pertahanan Filipina, serangan demi serangan terus diperagakan Evan Dimas dkk. Namun, barisan belakang Filipina masih tampil disiplin dan sanggup mematahkan usaha-usaha dari Indonesia.

    Yabes terlalu lama mengontrol bola dalam melakukan serangan balik lewat sisi kiri, hasilnya bola harus terbuang percuma karena kontrol bola yang kurang baik pada menit ke-78. Yabes kembali melakukan kesalahan dengan melanggar Crestal, hadiah tendangan bebas pun diberikan kepada Filipina.

    Akan tetapi, Yabes yang masuk pada babak kedua ini berhasil menggandakan kedudukan pada menit ke-85 dan membuat skor menjadi 2-0. Gol berawal dari kerja sama satu dua dengan Sitanggang, kemudian Yabes berhasil menerobos kotak penalti dan melepaskan bola dari sisi kiri hingga tak mampu diamankan kiper Filipina.

    Memasuki menit-menit akhir babak kedua, Muchlis Hadi mendapatkan beberapa peluang namun gagal menjadi gol. Wasit pun akhirnya meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan dan skor tetap 2-0 bagi kemenangan Indonesia.

    Susunan Pemain:
    Indonesia (4-3-3): 1.Ravi Murdianto, 2.Putu Gede, 4. Mahdi Fahri Albaar,5.Muhammad Fatchu Rochman,  6.Evan Dimas (c), 16.Hansamu Yama Pranata, 8.Muhammad Hargianto, 9. Dinan Yahdian Javier, 19. Zulfiandi, 20. Ilham Udin; 10. Muchlis Hadi.

    Filipina (5-3-2): 3. Ronilo Vallez Bayan; 5. Amani Manuel Santos Aguinaldo, 16. Jay-R Jalipa, 21. Julian Mariano Noda Clarino, 24. Keanu Garcia Alvarez, 27. Jimson Elises Crestal; 8. Valentino Barot Calvo, 11. Nikko Ralph De Arce Benedicto, 17. Junell Mark Franxia Bautista; 7. David Angelo Ramos Diamante,  23. Daniel Bernan Reyes Gadia (C).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Timnas U-19 Hajar Timnas U-19 Filipina 2 Gol Tampa Balas Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad
    Scroll to Top