• Latest News

    Powered by Blogger.
    Saturday, September 21, 2013

    Menanti Duel Panas PSG vs Monaco



    LIGA PERANCIS - Akhir pekan ini Liga Prancis akan mentengahkan duel panas dan juga bernilai tinggi di Parc De Princes, saat dua klub kaya Paris St Germain dan AS Monaco, untuk pertama kalinya bertemu musim ini.

    Tentu para penggemar sepakbola sudah tahu bagaimana sepak terjang kedua klub kaya baru ini di musim panas, terutama PSG yang sudah membuka mata dunia bahwa bukan hanya Spanyol dan Inggris yang bisa menarik minat banyak pemain untuk merumput di sana.

    Sejak diambil oleh Qatar Investement Authority (QIA) pada tahun 2011 di mana mereka mulai merajalela di bursa transfer dengan mendatangkan pemain-pemain dengan mudahnya. Apalagi kalau bukan karena kekuatan finansial mereka.

    Mulai dari Zlatan Ibrahimovic, Thiago Silva, Lucas Moura, Marco Verratti, Thiago Motta, Jeremy Menez, dan lainnya didatangkan dengan harga mahal. Musim ini ditambah Edinson Cavani dan Marquinhos, PSG sudah membuat tim yang memiliki nilai jual menurut Transfermarkt sebesar 360 juta euro (Rp 5,4 T).

    Pembelian besar-besaran itu memang baru berujung satu titel Liga Prancis, tapi seperti yang kerap diutarakan para petinggi klub itu bahwa dalam dua tahun ini hanyalah permulaan dari misi Les Parisien menancapkan kukunya di percaturan sepakbola Eropa.

    PSG ternyata tak sendiri karena kegilaan miliuner Rusia bernama Dmitry Rybolovlev sudah menyulap Monaco, yang sebelum musim ini berkutat di Ligue 2 selama dua tahun, menjadi tim dengan sumber dana tak terbatas pula.

    Tak sulit dengan godaan gaji selangit dan nilai transfer besar, Monaco memboyong James Rodriguez, Joao Moutinho, dan tentunya Radamel Falcao untuk gabung ke Stade De Louis II musim ini

    Total skuat yang baru promosi ini adalah senilai 209 juta euro (Rp 3,1 T) dan ini pula yang bikin pelatih Claudio Ranieri dengan mudah meracik strategi. Buktinya saat ini klub berjuluk Les Rouge et Blanc itu berada di puncak klasemen dengan catatan belum terkalahkan dari empat laganya.

    Mereka mengangakangi PSG yang di bawah asuhan pelatih baru Laurent Blanc belum menemukan performa terbaiknya dan harus puas ada di posisi keempat klasemen, berselisih dua angka dari Monaco (10 poin).

    Maka wajar pertemuan kedua tim di Paris, Minggu (22/9) malam WIB, akan jadi ajang pembuktian siapa yang terbaik di antara keduanya. Laga boleh jadi akan berjalan dengan sengit sebab PSG tak ingin catatan buruknya saat bertemu Monaco berlanjut.

    Dari total 24 kali pertemuan di liga, Monaco unggul jauh dengan 11 berbanding empat kemenangan milik PSG. Sembilan laga lainnya berakhir imbang. Kemenangan terakhir PSG atas Monaco di liga terjadi September 2007 dengan skor 2-1.

    "Aku tidak pernah panik melihat pembelian Monaco di musim panas ini. Aku punya keyakinan besar pada timku, baik pemain maupun pelatih. Aku menghormati seluruh tim tapi tidak satupun yang bikin aku khawatir," ujar presiden PSG, Nasser Al Khelaifi, kepada L'Equipe seperti dikutip Soccernet.

    "Kehadiran Monaco membuat Ligue 1 akan lebih aktraktif. Tanpa dibumbui persaingan, para pemain pemain akan bosan dan beberapa dari mereka bahkan tak akan mau bermain di Prancis," sambungnya.

    "Aku tidak akan suka jika kami bisa berjaya di Prancis tanpa dilalui kerja keras. Ada sebuah perasaan senang dan emosi, Anda harus membuat kompetisi ini lebih panas. Itulah yang sudah kami lihat sejak awal musim ini dan akan semakin lebih baik lagi," demikian dia.

    Jadi persiapkan saja mata anda menyaksikan duel mahal bernilai total Rp 8,5 triliun, yang bisa dialokasikan untuk membangun empat jembatan tol Bali yang baru diresmikan awal pekan besok.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Menanti Duel Panas PSG vs Monaco Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad
    Scroll to Top