• Latest News

    Powered by Blogger.
    Thursday, May 8, 2014

    Liga Inggris : Hajar Aston Villa, City Hampir Pasti Rengguh Juara Liga Inggris

    City Lumat Villa di Etihad Stadium
    Liga Inggris – Setelah skor kacamata menghiasi partai ini hingga babak pertama usai. Manchester City mengamuk pada babak kedua dengan membrondong gawang tamunya, Aston Villa dengan empat gol tanpa balas.

    Dwi gol Edin Dzeko, sebuah gol dari Stevan Jovetic dan satu gol dari aksi individ nan brilian dari Yaya Toure memporak-porandakan pertahanan yang dijendrali oleh Nathan Baker.

    Jalannya Pertandingan:
    Pertandingan baru berjalan pada menit keempat tuan  rumah sudah mendapatkan sebuah peluang. Berkat kerja sama Edin Dzeko yang memberikan sodoran kepada Kolarov, sayang tendangan bek kiri tersebut masih dapat diamankan Brad Gauzan.

    Peluang kembali didapatkan tuan rumah pada menit 11, saat build up serangan cantik dilakukan para pemain City yang berakhir di kaki Yaya Toure belum dapat merubah kedudukan imbang 0-0. Kembali pada menit 19’ melalui umpan silang yang diberikan oleh Kolarov di bibir gawang Villa, belum dapat dimanfaat dengan maksimal oleh Silva.

    Percobaan selanjutnya dilakukan oleh Samir Nasri dari luar kotak penalti pada menit 22’, sayang tendangannya masih melambung jauh di atas gawang Gauzan. Hingga babak pertama menyisakan 15’ menit belum ada gol yang terjadi. 

    Permainan yang secara umum dikuasai oleh The Citizens dengan umpan dari kaki ke kaki namun belum memperlihatkan kengototan Yaya Toure dkk.. Mereka masih mencari-cari cara untuk membongkar pertahanan Villa yang menggunakan strategi defensive line yang cukup dalam.

    Tim tamu coba mencari kesempatan dengan sebuah skema serangan balik pada menit 33’ melalui kaki Weimann. Berhadapan satu lawan satu dengan Pablo Zabaleta tendangan sang striker dari luar kotak pinalti hanya menghasilan sebuah tendangan penjuru untuk tim yang bermarkas di Villa Park.

    Peluang kembali datang untuk Silva di menit 38’, kali ini berawal dari kaki Toure yang memberikan sodoran kepada Zabaleta yang dilanjutkan kepada Silva di dalam kotak pinalti. Sayang tendangan mantan pemain Valencia itu masih bisa di blok para pemain bertahan Villa.

    Tiga menit tambahan waktu yang diberikan wasit, tidak lama berselang kembali Nasri mendapatkan sebuah peluang, lagi-lagi tendangan mantan pemain Arsenal tersebut belum menemui sasaran yang tepat. Ini adalah peluang terbaik City sepanjang babak pertama.

    Babak kedua dimulai, Manchester Biru menaikkan tempo pertandingan. Beberapa kali kerja sama satu dua para para pemain City di depan pertahanan Villa masih belum mampu memecahkan telur mereka di laga krusial ini.

    Kartu kuning pertama diterima Fabian Delph pada menit 55’, saat dirinya mentekle terlalu keras  Silva. Tendangan bebas di ambil oleh Kolarov, sayang tendangan pemain yang pernah merumput di Lazio itu belum merubah kedudukan, masih kacamata.

    Menit 59’ Stevan Jovetic masuk menggantikan James Milner yang memang tidak memberikan banyak kontribusi dalam match ini. Masuknya pemain yang didatangkan dari Fiorentina pada musim panas lalu ini memberikan variasi serangan yang lebih dibutuhkan City.

    Moment  yang ditunggu-tunggu publik Etihad pun terjadi pada menit 64’, diawali dengan sodoran kepada Zabaleta disisi kiri pertahanan Villa, kemudian diteruskan kepada Dzeko yang berdiri di tiang dekat. Umpan matang bek kanan City tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh mantan striker Wolfburg dengan sebuah sontekan pasti. The Citizens unggul 1-0.

    Menit 72’, jaring gawang Aston Villa kembali bergetar. Lewat skema serangan yang diawali umpan trobosan mendatar Silva kepada Zabaleta yang berlari menyisir sisi kiri pertahanan Villa. Umpan tarik bek kiri tersebut berhasil menemukan Nasri yang berdiri bebas di dalam kotak penalti.

    Tendangan Nasri dapat di patahkan oleh Gauzan, namun Dzeko yang berdiri tidak jauh langsung menceploskan bola kedalam gawang, membawa City unggul dua gol dari tamunya. Pellegrini memasukan Fernandinho pada menit 76’ menggantikan David Silva.

    Tim tamu bukannya tanpa perlawanan, pada menit 82 terjadi sebuah kemelut di depan gawang Joe Hart. Saat sebuah sundulan dari Weimann membentur mistar gawang dan memantul kebawah. Sayang pantulan bola liar tersebut belum melewati garis gawang Hart. Gawang City masih perawan.

    Melihat masih memiliki peluang untuk memperlebar keunggulan, mantan pelatih Real Madrid itu memasukkan Alvaro Nagredo pada menit 85 menggantikan Edin Dzeko. Tidak lama berselang tepatnya pada menit 89’.

    Diawali oleh aksi Toure yang meliuk-liuk di dalam kotak penalti lawan, kemudian melepaskan umpan matang kepada Jovetic yang berdiri bebas. Dengan tenang pemain berusia 24 tahun ini mempertegas keunggulan The Citizens lewat tembakan placingnya ke kiri gawang Gauzan.

    Selebrasi yang berlebihan dengan melepaskan baju membuat pemain asal Serbia Montenegro itu dikenakkan kartu kuning. Disaat pertandingan memasuki extra time, Yaya Toure kembali menambah keunggulan City dengan sebuah aksi Individu yang brilian pada menit 90+3’.

    Toure menggiring bola dari tengah lapangan melewati tiga hingga empat pemain Villa yang coba menghalanginya. Sampai di kotak penalti, adik dari Kolo Toure ini menceploskan bola dengan sempurna, 4-0 Manchester City melumat Aston Villa.

    Susunan Pemain City: Joe Hart, Vincent Kompany, Martin Demichelis, Pablo Zabaleta, Aleksandar Kolarov, Yaya Toure, Javi Garcia, Samir Nasri, David Silva, James Milner, Edin Dzeko.

    Cadangan: Micah Richards, Joleon Lescott, Alvaro Nagredo, Gael Clichy, Fernandinho, Costel Pantilimon, Stevan Jovetic.
    Pelatih: Manuel Pellegrini

    Susuan Pemain Aston Villa : Brad Gauzan, Ron Vlaar, Ryan Bertrand, Matthew Lowton, Ciaran Clark, Nathan Baker, Karim El Ahmadi, Fabian Delph, Ashley Westwood, Andreas Weimann, J. Bowery.

    Cadangan: L. Bacuna, J. Steer, Y. Sylla, A. Tonev, G. Holt, C. Robinson, J. Grealish.
    Pelatih: Paul Lambert 
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Liga Inggris : Hajar Aston Villa, City Hampir Pasti Rengguh Juara Liga Inggris Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top