• Latest News

    Powered by Blogger.
    Thursday, October 24, 2013

    Sekarang Madrid Menemukan Formasi yang Nyaman


    Denis Doyle/Getty Images

    Info Liga Spanyol - Datangnya pelatih dan sejumlah pemain baru di musim ini membuat Real Madrid sempat meraba-raba formasi terbaik. Namun kini 'Los Blancos'sudah menemukan sistem yang nyaman dan terbukti ampuh.

    Madrid mengawali musim ini dengan sejumlah perombakan. Selain pelatih Carlo Ancelotti, sejumlah pemain bergabung ke Santiago Bernabeu menggantikan mereka yang pergi. Gareth Bale, Isco Alarcon, Asier Illaramendi, Daniel Carvajal, dan Casemiro mengisi tempat yang ditinggalkan Mesut Oezil, Ricardo Kaka, Gonzalo Higuain, Michael Essien, dan Jose Callejon.

    Perombakan ini pun membuat tim ibukota Spanyol ini harus memulai musim dengan mencari-cari komposisi terbaik lagi. Jika pada masa Jose Mourinho Madrid menggunakan pakem 4-2-3-1 yang terkadang berubah ke 4-3-3, Ancelotti tak lantas meneruskannya begitu saja.

    Ancelotti tercatat beberapa kali mencoba formasi mulai dari 4-4-2, 4-2-3-1, dan 4-3-3. Perubahan-perubahan ini bahkan dilakukan di enam pertandingan terakhir. Hasilnya pun cukup bervariasi.

    Pada laga melawan Juventus malam tadi, Ancelotti mengaku menurunkan formasi 4-3-3, meneruskan tren dari laga melawan Malaga dan Copenhagen. Hasilnya terbukti apik, ketiga laga tersebut berakhir dengan kemenangan dengan catatan delapan gol dicetak dan hanya kebobolan satu.

    Formasi 4-2-3-1 dipakai saat melawan Elche dan yang terakhir Levante, yang berakhir dengan kemenangan Madrid masing-masing 2-1 dan 3-2 (mencetak lima gol, kebobolan tiga). Namun pada dua laga ini, Madrid nyaris tak meraih angka penuh dan beruntung diselamatkan Cristiano Ronaldo di menit-menit akhir.

    Sementara formasi 4-4-2 digunakan Ancelotti terakhir kali kala menjamu Atletico Madrid, di mana harus takluk 0-1 dari rival sekotanya itu. Ini jadi kekalahan pertama Madrid musim ini di berbagai kompetisi

    Sempat mencoba-coba berbagai formasi, Ancelotti kini menyatakan sudah menemukan formasi yang paling cocok untuk timnya setelah sukses menaklukkan Juventus dinihari tadi. Ia mengaku akan memakai sistem ini untuk laga-laga selanjutnya sementara para pemain pun diakuinya sudah makin nyaman.

    "Kami memenangi sebuah laga yang sulit. Kami seharusnya bisa bermain lebih baik, tapi hasil jauh lebih penting bagi kami. Kami hanya punya masalah di sisi kanan, di mana kami cukup longgar. Di luar itu, tim ini punya keseimbangan yang bagus," ujar Ancelotti di situs resmi UEFA.

    "Kami sekarang telah menjalani tiga pertandingan dengan sistem ini (4-3-3). Tim sudah nyaman dengan sistem ini dan kami tidak akan mengubahnya. Gareth Bale suka bermain di sisi kanan dan dia akan selalu bermain di sana," lanjut pelatih asal Italia ini.

    Setelah mulai menemukan formasi ideal dan mengemas hasil bagus atas salah satu tim top Eropa, kini Madrid menatap laga panas El Clasico melawan Barcelona. Sudah makin pede dengan performa timnya, Ancelotti mengincar angka penuh di laga ini.

    "Tim ini dalam kondisi percaya diri. Sekarang kami harus menuju ke Camp Nou untuk menang, dan kami perlu berada di kondisi terbaik, menunjukkan kualitas terbaik kami," tutur mantan pelatih Paris Saint-Germain ini.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Sekarang Madrid Menemukan Formasi yang Nyaman Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad
    Scroll to Top