• Latest News

    Powered by Blogger.
    Tuesday, July 16, 2013

    Wawancara Ekslusive dengan Sagna Arsenal


    (detikSport/Mohammad Resha Pratama)

    Jakarta - Detiksport mendapat kesempatan wawancara dengan bek Arsenal, Bacary Sagna, dalam acara Coaching Clinic yang diadakan Emirates di Lapangan Hoki Senayan. Bek berpaspor Prancis itu pun bertutur soal ibadah puasa ramadan dan alat musik gamelan yang sempat dimainkannya.

    Berikut petikan wawancara lengkap Sagna yang dilangsungkan di bawah langit mendung Jakarta, Sabtu (13/7/2013) sore WIB itu.

    Dalam 1,5 tahun terakhir, kamu lebih banyak absen karena cedera patah kaki dua kali (di akhir tahun 2011 dan Mei 2012 yang membuatnya absen juga dari Piala Eropa 2012). Bagaimana kamu menatap musim baru bersama Arsenal?

    Saya sangat tidak sabar untuk bisa segera bermain lagi bersama rekan-rekan saya di musim yang baru. Tentu sangat mengesalkan menderita dua kali patah kaki di tempat yang sama. Secara fisik tentu ini menyulitkan saya karena saya harus bekerja keras lagi untuk kembali ke kondisi terbaik saya. Tapi saya sudah siap untuk itu.

    Kamu belakangan diisukan akan kembali ke Paris seiring kontrakmu yang akan habis tahun depan dan belum ada pembicaraan soal kontrak baru. Bagaimana kamu itu menyikapi masa depanmu itu?

    Saya cuma ingin fokus pada sepakbola saja dan baru itu memikirkan soal masa depan saya. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini kami (Sagna dan Arsenal) bisa mulai membicarakan soal kontrak baru.

    Fans Arsenal sempat menyambangi lapangan hoki Senayan untuk sekadar melihat Sagna dari dekat dan menyanyikan chant 'Bacary… Sagna.. Bacary… Sagna'. Pendapat kamu?

    Sambutan yang hangat dan saya sangat terkesan. Seperti yang saya bilang bahwa kami tidak mengira bakal seperti ini. Kehormatan untuk kami bisa mendapat sambutan seperti ini.

    Sebagai pemeluk Islam, kamu berkewajiban menjalankan ibadah puasa Ramadan selama sebulan penuh. Bagaimana dengan tahun ini, apakah kamu menjalankannya atau justru "terganggu" karena aktivitas tur pra musim?

    Saya berpuasa tapi untuk saat ini saya tidak bisa menjalankannya karena kondisi fisik yang begitu berat. Mudah-mudahan saya bisa menggantinya di lain hari.

    Apakah Arsene Wenger pernah melarang kamu untuk berpuasa?

    Tidak, tidak.. Dia adalah manajer yang hebat dan memberi kebebasan bagi para pemainnya untuk beribadah karena pemain-pemain di sini punya keyakinan yang berbeda.

    Arsenal bisa bersaing lagi memperebutkan trofi musim depan. Seberapa besar keyakinan kamu?

    Tentu saja bisa. Kami musim lalu bisa mengalahkan tim-tim besar dan penampilan kami di paruh kedua musim menunjukkan bahwa kami bisa cukup baik untuk bisa bersaing memperebutkan gelar juara.

    Menurut kamu apa yang kurang dari Arsenal musim lalu?

    Kami sedang berusaha mencari solusinya dan kami di beberapa laga bisa tampil bagus, lalu kami tampil kurang baik. Kami harus bisa tampil lebih baik lagi musim depan dan menjaga konsisten.

    Tiga tim teratas musim lalu melakukan pergantian manajer (Manchester United, Manchester City dan Chelsea), Menurut pendapat Anda terkait peluang Arsenal musim depan?

    Ya tentunya bakal ada suasana yang berbeda di tiga tim itu. Tapi saya enggan memikiran terlalu jauh soal itu dan hanya fokus pada tim sendiri serta berusaha keras meraih trofi musim depan.

    Kamu jadi salah satu pemain Arsenal yang mencoba bermain Gamelan dalam video promosi Tur Pra Musim The Gunners ke Indonesia beberapa waktu lalu. Bagaimana rasanya memainkan alat tradisional Indonesia itu?

    (Sempat berpikir lama dan mengingat-ingatnya, Sagna kemudian tertawa sambil memukul dahinya) Ah saya lupa, ya sekarang ingat, Gamelan ya (sambil menirukan gaya memainkan gamelan). Benar-benar menarik memainkan instrumental musik. Apalagi saya sangat menyukai musik dan senang berdansa. Sesuatu yang berbeda dan saya sangat tertarik untuk mencobanya.

    Peluang Prancis di Piala Dunia 2014?

    Pertama-tama kami harus lolos dulu (saat ini Les Bleus ada di posisi kedua Grup I Kualifikasi Zona Eropa dengan 10 poin). Kami tertinggal satu poin dari Spanyol dan mereka adalah tim terbaik dunia saat ini. Kami hanya perlu meraih poin sebanyak mungkin dan tetap fokus hingga akhir kualifikasi. Jika kami bisa langsung lolos sebagai juara grup itu bagus, namun jika tidak maka kami pun siap melalui playoff.

    Bagaimana komentar kamu mengenai timnas Prancis U-20 di Piala Dunia U-20? Soal Yaya Sanogo yang akan jadi rekan setim musim depan di Arsenal?

    Mereka tampil sangat baik dan mudah-mudahan mereka bisa tampil sebagai juara dunia. Saya tak sabar untuk segera bisa bermain bareng mereka. (saat wawancara ini dilakukan, Prancis belum memastikan diri sebagai juara Piala Dunia U-20)

    Setelah Robin van Persie pergi, siapa menurut kamu yang bisa menjadi pemain kunci Arsenal di masa mendatang? Apakah Jack Wilshere?

    Saya pikir beda pemain, beda juga kemampuannya. Contoh saja Santi Cazorla yang jadi pemain terbaik klub musim lalu. Kami juga punya banyak pemain muda yang bagus-bagus dan lebih mengutamakan kerjasama tim.

    Jack Wilshere? Dia punya potensi dan jadi salah satu pemain muda berbakat di Inggris. Mudah-mudahan ia terbebas dari cedera dan bisa jadi pemain kunci kami untuk musim-musim ke depan.

    Pertanyaan terakhir untukmu Sagna. Yakin Arsenal bisa raih trofi musim depan?

    Kami akan mencoba tampil semaksimal mungkin. Kami tidak ingin dulu berpikir terlalu jauh dan melihat dari satu laga ke laga lainnya. Kami tentunya ingin sukses dan kami harus bekerja keras di atas lapangan untuk bisa melakukannya.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Wawancara Ekslusive dengan Sagna Arsenal Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top