• Latest News

    Powered by Blogger.
    Friday, November 29, 2013

    Inilah Peringkat Indonesia Dimanata FIFA Sampai Tanggal 29 November 2013


    Punggawa Timnas Senior merayakan kemenangan atas Kyrgyztan (Foto: Arief/Okezone)


    FIFA – Sepanjang bulan November ini, FIFA menggelar sebanyak 820 pertandingan resmi baik di babak kualifikasi Piala Dunia maupun uji coba yang dilakukan sejumlah Negara dari seluruh penjuru dunia. Imbasnya, terjadi perubahan dalam ranking terbaru yang diumumkan FIFA.
    Sebagaimana dikutip situs resminya, FIFA telah memberikan update seputar ranking tim-tim di dunia untuk bulan November ini. Spanyol, yang sempat kalah dari Afrika Selatan di laga uji coba, beberapa waktu lalu, masih belum tergoyahkan di peringkat pertama.

    Begitu juga dengan posisi Jerman, Argentina, dan Kolombia yang berturut-turut menduduki peringkat dua, tiga dan empat. Kejutan besar dibuat Timnas Portugal yang bulan lalu menempati peringkat 14.

    Kesuksesan Cristiano Ronaldo dkk. mengalahkan Swedia di babak play off Piala Dunia, beberapa waktu, membuat Selecao das Quinas meroket sembilan tingkat dan kini menembus posisi lima.

    Portugal menggusur posisi Belgia yang bulan ini harus terlempar dari sepuluh besar dan menempati peringkat 11, menyusul dua kekalahan dari Kolombia dan Jepang di laga uji coba. Meski tampil buruk di laga uji coba, namun Belgia tetap bisa tersenyum lantaran dipastikan tampil di Piala Dunia 2014, Brasil.

    Selain Portugal, Brasil yang beberapa bulan lagi akan menggelar Piala Dunia 2014 juga mengalami peningkatan. Skuad Samba yang bulan lalu menempati posisi sebelas, kini kembali masuk jajaran 10 besar dengan menempati peringkat 10.

    Timnas Inggris yang sebelumnya menempati posisi 10, harus turun tiga peringkat ke urutan 13 menyusul kekalahan dari Cile dan Jerman di laga uji coba.

    Sementara itu, bagaimana dengan peringkat Indonesia untuk bulan ini? Jawabannya stagnan. Timnas senior bulan ini melakoni tiga laga. Dua di ajang Pra Piala Asia, sementara satu laga lainnya kontra Kyrgiztan pada laga uji coba.

    Dari tiga laga itu, Indonesia hanya menang dari Kyrgiztan. Sementara dua laga pra piala Asia kontra China dan Irak, Boaz Solossa dkk. harus menerima kekalahan. Imbas dari hasil ini, Indonesia tidak beranjak dari posisi 162.

    Filipina masih jadi yang terbaik di kawasan Asia Tenggara dengan menempati peringkat 133 (naik 4 posisi). Sementara Myanmar yang akan jadi tuan rumah SEA Games pada Desember mendatang, juga menunjukkan peningkatan signifikan.

    Myanmar naik sembilan peringkat dan menembus posisi 140, mengungguli tim kuat macam Thailand yang berada di posisi 142. Sementara itu, Negara tetangga, Malaysia juga masih lebih baik dari Indonesia, di mana skuad Harimau Malaya menempati peringkat 158, sama dengan Vietnam.

    Ranking FIFA per November 2013:
      1. Spanyol (1507)
      2. Jerman (1318)
      3. Argentina (1251)
      4. Kolombia (1200)
      5. Portugal (1172)
      6. Uruguay (1132)
      7. Italia (1120)
      8. Swiss (1113)
      9. Belanda (1106)
    10. Brasil (1102)
    -
    -
    162. Indonesia (122)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Inilah Peringkat Indonesia Dimanata FIFA Sampai Tanggal 29 November 2013 Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad
    Scroll to Top