• Latest News

    Powered by Blogger.
    Tuesday, September 10, 2013

    Qatar Tuan Rumah Piala Dunia 2022, Sebuah Kesalahan?



    PIALA DUNIA- Presiden FIFA Sepp Blatter akhirnya mengakui bahwa menggelar Piala Dunia 2022 di Qatar mungkin merupakan sebuah kesalahan. Ia pun telah berencana mengajukan pengubahan jadwal.

    Gelaran Piala Dunia selalu digelar di musim panas, yakni pada bulan Juni-Juli. Pada periode itu, cuaca di Qatar diyakini mencapai suhu lebih dari 40 derajat Celcius, terlalu panas untuk para pemain dan penonton.

    Wacana yang berkembang kemudian adalah menggelar Piala Dunia di musim dingin. Namun, beberapa negara Eropa kurang setuju dengan hal ini karena itu berarti harus mengubah jadwal kompetisi domestik mereka, sementara kompetisi regional juga pasti akan turut berubah.

    "Sangat mungkin bahwa kami membuat kesalahan saat itu. Namun di sisi lain Anda juga harus mempertimbangkan kenyataan politik dan geopolitik," kata Blatter kepada insideworldfootball.com dan dikutip Sky Sports.

    "Piala Dunia adalah ajang global terbesar milik FIFA. Maka siapa kita, orang-orang Eropa, sampai menuntut bahwa acara ini harus memenuhi kebutuhan 800 juta masyarakat Eropa di atas kepentingan semua orang?" lanjutnya.

    Blatter pun berencana mengajukan proposal perubahan jadwal tersebut ke pertemuan komite eksekutif FIFA yang digelar bulan depan.

    "Setelah melalui banyak diskusi, pertimbangan, dan tinjauan kritis dari keseluruhan masalah, saya menyimpulkan bahwa memainkan Piala Dunia di bawah panasnya musim panas Qatar bukanlah hal yang bertanggung jawab," ungkap orang Swiss ini.

    "Pertama, kami harus melihat apakah pemilik Piala Dunia, FIFA, setuju dengan rekomendasi saya, yang akan saya sampaikan pada pertemuan Exco di tanggal 3 dan 4 Oktober, dan apakah saran saya untuk mengubah jadwal dari musim panas ke musim dingin diterima," tambahnya.

    "Jika Komite Eksekutif FIFA setuju, kami bisa melangkah ke tahap berikutnya. Itu termasuk pengamatan seksama pada kalender internasional dan menetapkan konsekuensi apa yang diterima dari perubahan tersebut. Dan kami tentu akan berbicara dan berkonsultasi pada semua pihak dan pemangku kepentingan," kata Blatter.

    Qatar terpilih sebagai tuan tumah Piala Dunia 2022 pada Desember 2010. Negara Timur Tengah itu menyisihkan Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Australia.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Qatar Tuan Rumah Piala Dunia 2022, Sebuah Kesalahan? Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top