• Latest News

    Powered by Blogger.
    Thursday, January 30, 2014

    Liga Jerman : VfB Stuttgart vs Bayern Munich 1-2

    Sempat tertinggal, Bayern tetap pulang dari kandang Stuttgart dengan poin sempurna (Foto: Michaela Rehle/REUTERS)

    Liga Jerman – Bayern Munich lagi-lagi memberi bukti. Bukti bahwa mereka superior di antara kontestan Bundesliga lainnya. Bertandang ke markas VfB Stuttgart, Bayern yang sempat tertinggal, bangkit untuk kemudian menambah rekor 43 laga tanpa kekalahan.
     
    Melakoni laga tunda spieltag ke-18, FC Hollywood coba memainkan false nine dengan mendorong Mario Götze sebagai ujung tombak, seperti yang pernah diterapkan Josep Guardiola di Barcelona.
     
    Sementara arsitek Thomas Schneider di kubu tuan rumah, tetap konstan dengan formula 4-4-2, dengan sedikit perubahan dengan memainkan dua pemain belia, Timo Werner dan Rani Khedira yang merupakan adik kandung gelandang Real Madrid, Sami Khedira. Stuttgat juga berharap bisa membuat perhitungan atas kekalahan 2-3 di final DFB-Pokal musim lalu.
     
    Jalannya Pertandingan
    Babak Pertama
    Nama besar Bayern tak bikin gentar Stuttgart. Terbukti, tuan rumah-lah yang menggeber agresivitas lebih dulu dan bahkan menciptakan peluang pertama di menit kedelapan, dari tembakan Timo Werner yang memanfaatkan kemelut di kotak penalti Bayern. Sayangnya arah bola masih melambung ke atas mistar.
     
    Die Rote Teufel membalas ancaman di menit ke-11 dari umpan Toni Kroos yang diterima Xherdan Shaqiri. Tapi upayanya juga kandas ketika sontekannya malah bersarah di jaring atas gawang Stuttgart yang dikawal Sven Ulreich.
     
    Bayern tersentak di menit ke-29, berbarengan dengan gemuruh publik Mercedes-Benz Arena yang menyambut gol pembuka Vedad Ibiševic. Diawali assist Abdellaoue, Ibiševic melepas tembakan mendatar guna menaklukkan Manuel Neuer. Stuttgart memimpin 1-0. Gol ini juga jadi rekor tersendiri di mana Ibiševic merangkum catatan gol untuk setiap kontestan Bundesliga musim ini.
     
    Bayern berupaya comeback menyamakan skor. Memasuki menit ke-41, Thiago Alcântara menyambarcrossing David Alaba di sudut sempit sisi kanan gawang Stuttgart. Tapi kemudian tembakan volinya masih bisa dimentahkan Ulreich.
     
    Sebelum turun minum, tuan rumah sempat memberi teror lain yang diklaim Abdellaoue, dari umpan Martin Harnik. Tapi lagi-lagi sontekannya hanya melintas mistar gawang Bayern. Stuttgart tetap memimpin 1-0 atas Bayern di babak pertama.
     
    Babak Kedua
    Stuttgart tak menurunkan tekanan di babak kedua dan malah, nyaris memperlebar kedudukan ketika Rafinha Borges melakukan blunder di kotak 16. Bola lambung yang gagal diatasi Rafinha, direbut Ibiševic. Nahas, finishing-nya di menit ke-47 melenceng lantaran diganggu Dante Bonfim.
     
    Die Schwaben – julukan Stuttgart mengancam lagi lewat serangan balik yang diantarkan passing Martin Harnik pada menit ke-55. Bola lambung yang sempat lebih dulu diteruskan Werner, hampir dikonversi Harnik lagi sebelum akhirnya dinetralkan clearance Jérôme Boateng.
     
    Merasa taktik false nine-nya gagal, Guardiola pun mulai menurunkan dua bombernya, Mario Mandzukic yang menggantikan Mario Götze yang sempat dipasang sebagai ujung tombak dan Claudio Pizarro yang ditukar dengan Shaqiri.
     
    Keputusan Guardiola itu pun berbuah manis. Pizarro akhirnya menyamakan skor untuk setidaknya membuat aman situasi Bayern yang masih mempertahankan 42 laga tanpa kalah. Menit ke-76, Pizarro merangsek ke jantung pertahanan untuk menyambut umpan tendangan bebas Alcântara dengan tandukannya. Ulreich gagal menyelamatkan dan skor imbang, 1-1 tercipta.
     
    Delapan menit sebelum waktu normal bubar, Stuttgart mengancam lagi. Melalui umpan silang Harnik ke tiang jauh, Werner coba mengupayakan penyelesaian dari jarak dekat. Sial, tembakan mendatarnya masih takluk di tangan Neuer.
     
    Apes benar nasib Stuttgart. Unggul lebih dulu dengan harapan jadi tim pertama yang menaklukkan Bayern musim ini, bak sia-sia. Alcântara mencetak gol susulan di menit ke-90+3, usai menyelesaikan umpan Rafinha dengan tendangan guntingnya.
     
    Skor 2-1 untuk Bayern pun terjaga hingga laga rampung dan dengan begitu, Bayern tak hanya kian nyaman menduduki puncak klasemen Bundesliga, tapi juga mempertahankan rekor 43 laga tanpa kekalahan.
     
    Susunan Pemain
    VfB Stuttgart: Sven Ulreich, Daniel Schwaab, Konstantin Rausch, Gotoku Sakai/Arthur Boka (65’), Antonio Rüdiger, Moritz Leitner, Rani Khedira, Vedad Ibiševic, Martin Harnik, Mohammed Abdellaoue/Sercan Sararer-Osuna (90+2’), Timo Werner/Ibrahima Traoré (86’).
     
    Bayern Munich: Manuel Neuer, Philipp Lahm, Rafinha de Souza, Jérôme Boateng, David Alaba, Dante Bonfim, Toni Kroos/Mario Mandzukic (59’), Thiago Alcântara, Xherdan Shaqiri/Claudio Pizarro (60’), Mario Götze/Diego Contento (88’), Thomas Müller.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Liga Jerman : VfB Stuttgart vs Bayern Munich 1-2 Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top