• Latest News

    Powered by Blogger.
    Friday, October 4, 2013

    Diego Costa Belum Bisa Perkuat Timnas Spanyol

    Getty Images/Denis Doyle
    Info Timnas Spanyol - Harapan pelatih Spanyol, Vicente Del Bosque, membawa Diego Costa ke skuatnya di jeda internasional ini belum bisa terwujud. Sebab masih ada beberapa persyaratan yang belum dipenuhi oleh Costa.

    Isu Costa akan dipanggil oleh Del Bosque untuk laga kualifikasi Piala Dunia 2014 kontra Georgia dan Belarusia, sudah bergulir sejak pekan lalu. Meski berstatus warga negara Brasil, tapi Costa kini memiliki paspor Spanyol.

    Costa yang tengah tampil bagus bersama Atletico Madrid dibutuhkan oleh Del Bosque untuk memperkuat lini depan Spanyol yang memang bermasalah dalam setahun terakhir. Del Bosque sempat menyebut Costa akan memberi warna baru untuk permainan La Furia Roja.

    Tapi sayangnya Del Bosque harus menunda keinginannya itu karena untuk saat ini Costa belum dilegalkan untuk berseragam 'Tim Matador', dikarenakan lobi Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) ke FIFA belum berhasil dan ada beberapa dokumen yang harus dsiapakan pemain 25 tahun itu.

    "Pemain Atletico Madrid Diego Costa tidak akan dibawa oleh pelatih Vicente del Bosque ke skuat timnas Spanyol untuk laga kontra Belarus dan Georgia," demikian RFEF memulai pernyataan resminya seperti dikutip Football Espana.

    "FIFA meminta persyaratan tambahan yang harus dipenuhi menurut aturan, di mana si pemain secara verbal sudah menyatakan keinginannya kepada pelatih Spanyol bahwa ia ingin bermain untuk timnas Spanyol."

    "Terkait persoalan keabsahan Diego Costa, FIFA sudah merespon dengan mengatakan bahwa ada peraturan umum, di mana asosiasi sepakbola bersangkutan harus mencoba menghubungi si pemain untuk mengetahui apakah dia bisa bermain atau tidak untuk timnas mereka.

    Costa sebenarnya sudah dua kali membela Brasil tahun ini, tapi bukan pertandingan itu tak berada di bawah kalender resmi FIFA. Maka Costa berkesempatan membela Spanyol, dengan syarat harus ada surat dari Federasi Sepakbola Brasil (CBF) yang berisi pernyataan bahwa Costa belum pernah bermain untuk Selecao di laga resmi dan level umur manapun.

    "Kendati demikian, kami ingin menyatakan bahwa si pemain memenuhi syarat untuk membela timnas Spanyol jika dia punya status kewarganeraan Spanyol yang permanen, jika dia tidak pernah berpartisipasi dalam pertandingan di kompetisi resmi di level umur manapun bersama timnas lain dan jika dia mendapat kewarganegaraan Spanyol selama kariernya di sini, yang mana dalam kasus ini, dia atau salah satu dari orang tua atau kakeknya lahir di Spanyol, atau si pemain sudah tinggal di Spanyol setidaknya lima tahun secara beruntun sejak umur 18 tahun."

    "Terkait syarat itu, si pemain sudah memenuhi seluruh persyaratan untuk menjadi pemain Spanyol karena dia sudah tinggal di sini sejak 31 Agustus 2007, meskipun dia harus mendapat sertifikat dari Asosiasi Sepakbola Brasil yang mengonfirmasi bahwa Diego Costa tidak pernah sekalipun bermain di laga kompetitif bersama Brasil di seluruh level umur, di mana kami sudah memintanya sore ini, sejak si pemain menyatakan keinginannya bermain di timnas Spanyol dan dipanggil oleh Vicente Del Bosque."
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Diego Costa Belum Bisa Perkuat Timnas Spanyol Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad
    Scroll to Top