• Latest News

    Powered by Blogger.
    Monday, July 1, 2013

    Brasil Juara Piala Konfederasi 2013

    Para pemain Brasil merayakan keberhasilan menjuarai Piala Konfederasi 2013/Reuters
    Para pemain Brasil merayakan keberhasilan menjuarai Piala Konfederasi 2013/Reuters

    PIALA KONFEDERASI – Luar biasa Brasil. Tim Samba berhasil menjuarai Piala Konfederasi 2013 setelah tanpa ampun menghajar 10 pemain tim nasional Spanyol 3-0.

    Fred menjadi pahlawan Selecao berkat dua golnya di menit kedua dan ke-47. Neymar menyumbang satu gol pada menit ke-44.

    Sudah jatuh tertimpa tangga, juara dunia dan Eropa Spanyol gagal memaksimalkan penalti di pertengahan babak kedua dan terpaksa mengakhiri pertandingan dengan 10 orang setelah Gerard Pique diusir wasit pada menit ke-68.

    Pelatih Luiz Felipe Scolari menurunkan the winning team yang menjuarai Grup A dan mengalahkan Uruguay di semifinal, sementara itu Vicente del Bosque memainkan Juan Mata dan Fernando Torres sejak awal.

    Jalannya Pertandingan
    Babak Pertama
    Bertanding di Stadion Maracana, Rio De Janeiro, 80 ribu fans Brasil langsung bersorak ketika tuan rumah unggul cepat di menit kedua tepatnya pada detik ke-96 melalui tendangan Fred. Berawal dari umpan silang Hulk di sisi kiri pertahanan Spanyol, bola sempat menyentuh tangan Alvaro Arbeloa sebelum bola liar berhasil ditendang Fred sambil menjatuhkan diri.

    Oscar! Menit kedelapan, Selecao nyaris menggandakan keunggulannya ketika tendangan mendatar Oscar di tepi kotak penalti hanya tipis menyamping gawang Iker Casillas. Selecao lagi-lagi mendapat peluang kali ini melalui Paulinho pada menit ke-12. Namun, tendangan chip Paulinho masih bisa ditepis Casillas.

    Keributan sempat pecah di menit ke-14 kala Neymar yang berhasil melepaskan diri dari penjagaan Arbeloa dijatuhkan oleh bek Real Madrid tersebut. Para pemain Brasil meminta Arbeloa dikeluarkan tapi wasit Bjorn Kuipers asal Belanda hanya memberinya kartu kuning.

    Spanyol baru mendapat peluang pertama pada menit ke-19 melalui tendangan jarak jauh Andres Iniesta dari jarak 30 meter tapi masih bisa dihalau Julio Cesar dan hanya menghasilkan sepak pojok. La Furia Roja mulai bisa mendominasi penguasaan bola.

    Brasil pun dipaksa cuma mengandalkan serangan balik. Namun, counter attack Tim Samba tetap berbahaya. Pada menit ke-29 umpan terobosan Hulk kepada Oscar memaksa Sergio Ramos menjatuhkan gelandang Chelsea tersebut hanya sedikit di luar kotak penalti. Beruntung, Ramos cuma diberi kartu kuning. Tendangan bebas yang dieksekusi Hulk masih melambung.

    Casillas! Lagi-lagi melalui skema serangan balik, Neymar memberi umpan silang mendatar kepada Fred yang lantas menendang bola tapi Casillas membuat penyelamatan gemilang melalui kakinya pada menit ke-32. Tim Samba benar-benar merepotkan Tim Matador.

    Luar biasa David Luiz! Bek Chelsea itu melakukan halauan spektakuler di garis gawang pada menit ke-39. Berawal dari umpan terobosan Juan Mata kepada Pedro, penyerang sayap Barca ini tinggal berhadapan dengan Julio Cesar dan di saat bola akan masuk, David Luiz melakukan penyelamatan.

    Gol! Neymar! Pada menit ke-43, Maracana kembali bergemuruh ketika Neymar mencetak gol. Penyerang Barca ini dengan cerdik lolos dari perangkap offside dan tendangan kaki kirinya menghujam dengan telak ke jala Casillas.

    Babak Kedua
    Gol! Serangan pertama Brasil kembali membuahkan gol. Dari sisi kanan pertahanan Spanyol, tendangan mendatar Fred sukses mengoyak jala Spanyol pada menit ke-46. Brasil secara luar biasa kini unggul 3-0.

    Penalti! Jesus Navas yang baru masuk dijatuhkan Marcelo di kotak terlarang pada menit ke-54. Spanyol berpeluang kembali ke pertandingan.

    Tidak masuk! Sayang sekali, Sergio Ramos yang menjadi eksekutor justru gagal menjalankan tugasnya setelah sepakan dia ke sisi kanan Julio Cesar malah melebar.

    From bad to worse. Spanyol harus bermain dengan 10 orang setelah Gerard Pique dikartu merah langsung karena menjatuhkan Neymar pada menit ke-68. Spanyol tak bisa mengganti pemain lagi mengingat Vicente del Bosque sudah menggunakan tiga pergantian.

    Kehilangan satu pemain membuat La Furia Roja kian limbung. Beruntung, di sisa 22 menit laga, gawang mereka tak lagi kebobolan. Justru Spanyol yang hampir mencetak gol melalui Pedro dan penyerang pengganti David Villa tapi keduanya masih bisa dimentahkan Julio Cesar.

    Dengan kemenangan ini, Brasil mempertegas dominasi mereka di Piala Konfederasi dengan menyabetquatrick juara, setelah sebelumnya memenanginya pada 1997, 2005, dan 2009.

    Susunan pemain
    Brasil (4-2-3-1): 12-Julio Cesar; 2-Dani Alves, 4-David Luiz, 3-Thiago Silva, 6-Marcelo; 17-Luiz Gustavo, 18-Paulinho (8-Hernanes 88’); 19-Hulk (23-Jadson 73’), 11-Oscar, 10-Neymar; 9-Fred (21-Jo 80’).

    Spanyol (4-3-3): 1-Casillas; 17-Arbeloa (5-Azpilicueta 46’), 3-Pique, 15-Ramos, 18-Alba; 8-Xavi, 16-Busquets, 6-Iniesta; 11-Pedro, 9-Torres (7-Villa 59’), 13-Mata (22-Navas 52’).
    (auz)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Brasil Juara Piala Konfederasi 2013 Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top