• Latest News

    Powered by Blogger.
    Friday, December 6, 2013

    Sistem FIFA Mengacaukan Undian Piala Dunia


    Negara-negara top bisa saling berhadapan di fase grup Piala Dunia 2014 akibat sistem yang diterapkan FIFA

    Info FIFA -- Berdasarkan peringkat FIFA, terdapat delapan negara yang menempati peringkat teratas dalam undian Piala Dunia 2014. Mereka adalah tuan rumah Brasil, Spanyol, Jerman, Swiss, Belgia, Argentina, Kolombia, dan Uruguay. Tidak ada yang akan mempertanyakan posisi Spanyol, Jerman, atau Argentina, tapi kebanyakan fans beranggapan tidak semua negara kuat ditempatkan di posisi unggulan.

    Di samping pertanyaan tentang sistem pemeringkatan serta kritik dari banyak pengamat, undian akan berjalan dengan sistem yang sudah ditetapkan. Hal ini berkaitan langsung dengan integritas turnamen serta membiarkan tim-tim terkuat saling berhadapan di fase awal. Sistem peringkat FIFA telah memperdaya kita semua.

    Sistem yang dijalankan FIFA telah membawa kita ke titik ini. Sebagai akibatnya, undian Piala Dunia menjadi korban dan konsekuensinya, gengsi turnamen sendiri berkurang.

    Penggunaan peringkat FIFA bulan Oktober untuk menentukan posisi unggulan undian Piala Dunia melawan akal sehat. Kita tahu mana saja tim terbaik dunia dan, terang-terangan saja, Swiss bukan salah satunya. "Secara umum, saya rasa peringkat FIFA sulit dipahami. Misalnya, Swiss berada di peringkat ketujuh dan mengungguli Italia," ujar pelatih Jerman Joachim Low kepada Sportal, Oktober lalu.

    Rekor Swiss 14 pertandingan tak terkalahkan memang harus diacungi jempol dan peringkat mereka terdongkrak dalam daftar FIFA. Namun, Swiss hanya bertanding delapan kali sepanjang 2013, termasuk dua laga uji coba dan tingginya peringkat mereka menjadi lebih jelas. Mereka memperoleh rataan "perolehan poin per tahun" yang turut menentukan peringkat FIFA.


    SISTEM ALTERNATIF: ELO RATING
    Elo Rating adalah sistem peringkat yang diadaptasi dari catur. Faktor yang diperhitungkan adalah apakah tim bermain kandang atau tandang, perbedaan gol, dan juga prediksi hasil berdasarkan peringkat kedua tim.

    Sistem ini memberikan tim sistem pertukaran poin. Jika sebuah tim tampil lebih baik dari yang diharapkan, mereka meraih poin dari lawan mereka dalam pertandingan.

    Elo Rating juga dapat bertindak sebagai model pemberi prediksi pertandingan akan datang, sebagaimana halnya sistem rating yang sedang berlaku.

    Jika dibandingkan dengan sistem peringkat FIFA, keakuratan Elo Rating membuatnya menjadi alternatif yang lebih dapat dipercaya.

    FIFA telah menerapkan metode ini untuk menentukan Peringkat Dunia Sepakbola Wanita.

    Secara signifikan, Italia dan Belanda akan menjadi unggulan pertama pada undian Piala Dunia jika sistem Elo Rating diterapkan pada Oktober.

    "Elo Rating alternatif yang lebih baik," ujar Roberto Cassini, penulis blog olahraga Green All Over.

    "Dengan telah digunakan di sepakbola wanita, tidak ada alasan kenapa sistem itu tidak diterapkan di cabang putra."

    "Rating bisa diperbaharui setiap kali habis bertanding, formulanya didapat dari keuntungan bermain kandang dan selisih kemenangan, dan mereka dapat dengan cepat terpengaruh dari grafik performa yang bagus maupun buruk."

    Di sisi lain, Italia memainkan 15 pertandingan sepanjang 2013 yang ikut diperhitungkan dalam undian Piala Dunia. Mereka justru memperoleh rata-rata poin di bawah Swiss.

    Menempatkan Swiss di posisi teratas seperti memberikan tiket Liga CHampions kepada Southampton berdasarkan penampilan gemilang mereka di awal Liga Primer Inggris. Saat memasuki akhir musim, tim-tim besar kembali menguasai papan atas.

    Hal terakhir yang bisa diharapkan dari undian Piala Dunia adalah negara-negara top mampu meraih kesempatan melaju ke babak berikutnya demi menyelamatkan gengsi turnamen sepakbola terbesar dunia ini.

    Swiss sudah keluar dari posisi delapan besar peringkat FIFA setelah sebulan menghuni jajaran elit, tapi tidak berarti mereka kehilangan posisi unggulan. Memang adil jika FIFA menggunakan peringkat Oktober supaya tim yang bertanding di babak play-off pada November tidak memperoleh keuntungan tambahan poin. Tapi proses ini tetap menyisakan pertanyaan besar.

    Tidak ada tim Eropa lain yang lolos ke Piala Dunia lebih cepat dari Belanda dan Italia. Belanda merupakan finalis Afrika Selatan 2010 dan Italia menjadi runner-up Euro 2012.

    Belanda kehilangan dua poin di fase kualifikasi meski mampu memenangi 26 dari 28 laga kualifikasi yang mereka ikuti dalam dua turnamen besar terakhir. Mereka hanya memainkan enam laga kualifikasi sepanjang 2013. Rata-rata perolehan poin mereka adalah 527,71. Louis van Gaal tampak bingung ketika sistem undian Piala Dunia diumumkan.

    "Oranje berada di peringkat keenam saat saya menjadi pelatih, sekarang kami di peringkat kedelapan. Padahal kami tidak pernah kalah di ajang resmi," ujarnya kepada AD. "Saya heran, apa yang sesungguhnya ditunjukkan [sistem peringkat ini]?"

    Italia tak terkalahkan dalam babak kualifikasi selama hampir tujuh tahun. Mereka inilah tim elit yang sesungguhnya. Pada saatnya nanti, Italia dan Belanda lah yang dijagokan melangkah ke semi-final dan bukan Swiss. Apakah ada orang yang benar-benar menjagokan Swiss, meski mereka tampil bagus di bawah Ottmar Hitzfeld serta para pemain mudanya, ketika berhadapan dengan Belanda atau Italia di babak gugur?

    Ya, Italia dan Belanda harusnya tahu kalau keduanya dirugikan dengan pertandingan menghadapi tim-tim papan bawah di daftar peringkat FIFA, seperti San Marino dan Indonesia. Belanda hanya menang tiga kali dalam sembilan laga uji coba mereka sehingga berdampak pada peringkat FIFA mereka. Kemenangan itu diraih atas Irlandia Utara, Indonesia, dan Cina, yang tak banyak berarti bagi peningkatan peringkat.

    Sistem yang ada sekarang "mengancam" undian grup Piala Dunia. Ada kemungkinan Italia, Belanda, Portugal, Inggris, dan Prancis berhadapan dengan negara kuat seperti Spanyol, Jerman, Argentina, dan Brasil. Seharusnya tidak demikian.

    Tim-tim kuat seharusnya tidak gugur terlalu cepat di fase grup, terlepas dari jika mereka menunjukkan grafik penampilan yang menurun. Supaya memaksimalkan potensi persaingan turnamen, FIFA kini harus menjamin hal seperti itu tidak terjadi. Dan, tidak perlu repot mengakali sistem undian tersebut maupun FIFA sendiri.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Sistem FIFA Mengacaukan Undian Piala Dunia Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad
    Scroll to Top