• Latest News

    Powered by Blogger.
    Friday, December 6, 2013

    Ujian Mental Juara Vitesse Arnhem Di Pekan 16 Liga Belanda

    Ritzmaier Kashia Vitesse Cambuur Eredivisie 12012013


    Vitesse Arnhem siap merebut kemenangan kelima beruntun di Eredivisie Belanda saat bertandang ke markas PSV Eindhoven pada Speelronde 16 akhir pekan ini.

    Eredivisie tinggal menyisakan tiga laga sepanjang Desember sebelum memasuki libur musim dingin. Kemenangan di sisa laga diincar Vitesse untuk mengukuhkan posisi sebagai pemuncak klasemen. Saat ini mereka memimpin dua poin di depan juara bertahan Ajax Amsterdam. Muncul ambisi menjadi juara paruh musim tak terkecuali saat Vitesse harus meladeni tuan rumah PSV, Sabtu (7/12) malam esok.

    PSV dalam kondisi oleng. Sempat tampil prima di tujuh pertandingan awal, kini pasukan Philip Cocu itu terpuruk ke posisi kesepuluh dengan rekor tak pernah menang di liga sejak Speelronde 10, 20 Oktober lalu. Performa PSV belum pulih setelah pekan lalu kembali dipaksa menyerah oleh tuan rumah Feyenoord Rotterdam, 3-1. Davy Propper, gelandang andalan Vitesse, sadar PSV tak mau dipermalukan lagi.

    "PSV tidak mampu menang belakangan ini. Mereka tim yang tangguh dan saya takkan bilang ini pertandingan yang mudah," ujar pemain 22 tahun yang bulan lalu dipanggil ke timnas senior Belanda itu kepada Gelderlander.

    "Saya rasa kami bisa menang di mana pun kami bermain, termasuk di Eindhoven. Sejauh kami tetap bermain dengan gaya sendiri. Saya rasa kami tidak boleh mengulangi penampilan di awal laga melawan Cambuur Leeuwarden karena itu akan mempersulit diri sendiri."

    Kekuatan Vitesse tak melulu bersandar pada para pemain pinjaman asal Chelsea, seperti Patrick van Aanholt, Gael Kakuta, dan Lucas Piazon. Propper bertindak sebagai dinamo lini tengah sehingga kreativitas Piazon lebih terfokus di lini serang tim; sedangkan di lini belakang terdapat nama Jan-Arie van der Heijden, eks pemain Ajax yang penampilannya musim ini dipuji banyak pengamat. 

    Satu nama lagi adalah Guram Kashia. Sejauh ini kapten tim asal Georgia memegang rekor sebagai pemain Eredivisie yang paling banyak melakukan kontak dengan bola, yaitu sebanyak 1402 kali. Mungkin sudah saatnya publik mulai mengamati secara serius penampilan Vitesse sebagai kandidat juara Eredivisie musim ini. Komentar Kashia berikut membeberkan alasannya.

    "Kami berkembang pesat. Perbedaan besar dengan musim-musim sebelumnya adalah keinginan untuk berinvestasi secara internal. Musim ini saya lihat hampir semua pemain menghabiskan waktu secara sukarela di gym. Pemandangan ini tidak terjadi musim lalu," ujar bek 26 tahun itu kepadaAlgemeen Dagblad beberapa waktu lalu.

    "Persaingan Eredivisie berbeda seperti di Spanyol, misalnya, ketika Barcelona dan Real Madrid terlalu jauh di atas tim-tim lain. Perbedaan di sini lebih tipis. Saya mengantisipasi penampilan bagus Ajax di paruh kedua musim nanti. Tapi, tentu saja saya yakin Vitesse mampu juara. Ini alasan saya datang dan bertahan di Arnhem. Saya ingin memenangi gelar di sini."

    Pada pertandingan lain yang tak kalah seru, Feyenoord bakal menghadapi SC Heerenveen. Kedua tim boleh dibilang contoh tim Eredivisie yang tampil "mengejutkan" musim ini. Mengejutkan di sisi lain. Terkadang performa mereka begitu bagus dan memesona, tetapi pada pertandingan berikutnya malah terjungkal.

    Heerenveen masih berjuang mengembalikan stabilitas performa. Pekan lalu mereka susah payah mencuri poin di markas ADO Den Haag. Gol bek Kenny Ogtiba di pengujung pertandingan tak mampu menutupi kekecewaan pelatih Marco van Basten atas penampilan tim. Striker Alfred Finnbogason tidak tampil prima karena baru pulih dari cedera. Menghadapi Feyenoord, kesalahan yang sama tidak boleh terulang.

    Feyenoord sendiri menghadapi laga penting ini dengan modal kabar positif. Jordy Clasie dapat tampil meski sempat mengalami cedera rusuk ketika mengalahkan PSV pekan lalu. Begitu pula dengan Daryl Janmaat yang mendekati tingkat kebugaran guna menghadapi bekas klubnya. Pertandingan ini bakal dipimpin wasit top Belanda, Bjorn Kuipers.

    Di pertandingan lain Ajax dan FC Twente mengintip kesempatan mengudeta posisi Vitesse. Ajax menjamu NAC Breda, sedangkan Twente melawat ke markas AZ Alkmaar, yang gagal meraih kemenangan dalam tiga laga terakhir. Sementara itu, Speelronde 16 bakal dibuka dengan pertandingan antara FC Utrecht dan NEC Nijmegen, Jumat malam ini. Tuan rumah Utrecht mengincar kemenangan ketiga beruntun sekaligus berupaya menembus lagi zona Eropa di klasemen.

    Setelah membekuk PSV, Feyenoord kini ditantang Heerenveen.

    SPEELRONDE 16
    Sabtu07/1202:00FC Utrecht vs NEC Nijmegen 
    Minggu08/1200:45Ajax Amsterdam vs NAC BredaFox Sports
    Minggu08/1201:45RKC Waalwijk vs Cambuur Leeuwarden 
    Minggu08/1201:45AZ Alkmaar vs FC Twente 
    Minggu08/1202:45PSV Eindhoven vs Vitesse ArnhemFox Sports
    Minggu08/1218:30SC Heerenveen vs Feyenoord RotterdamFox Sports
    Minggu08/1220:30Go Ahead Eagles vs PEC Zwolle 
    Minggu08/1220:30FC Groningen vs ADO Den Haag 
    Minggu08/1222:30Roda JC Kerkrade vs Heracles Almelo 
    *Waktu kick-off berdasarkan WIB
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Ujian Mental Juara Vitesse Arnhem Di Pekan 16 Liga Belanda Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top