• Latest News

    Powered by Blogger.
    Monday, December 2, 2013

    Chelsea Tampil Perkasa, Hajar Southampton 3-1

    Selebrasi John Terry usai membawa Chelsea unggul 2-1 atas Southampton (Foto: Reuters)
    Selebrasi John Terry usai membawa Chelsea unggul 2-1 atas Southampton (Foto: Reuters)
    Liga Inggris - Publik Stamford Bridge akhirnya bersorak setelah tersengat gol kilat Jay Rodriguez. Gol-gol balasan dari Gary Cahill, John Terry dan Demba Ba mengantar Chelsea menyengat balik Southampton dan membungkus kemenangan 3-1.

    Melakoni laga kandang di game week ke-13 Premier League, Minggu (1/12/2013), Chelsea langsung dibuat bungkam oleh Southampton begitu peluit kick-off dibunyikan wasit Michael Oliver. Dalam tempo kurang dari semenit, atau tepatnya pada detik ke-14, Jay Rodriguez sukses membobol gawang Petr Cech.

    Gol ini berawal dari kesalahan Michael Essien yang coba melakukan back pass dengan umpan lambungnya. Sialnya, Gary Cahill tidak siap menerima bola sehingga bola yang diserobot Rodriguez dan melepaskan tembakan jarak dekat yang tak kuasa dibendung Cech.

    Gol Rodriguez ini tercatat sebagai salah satu gol tercepat Premier League musim ini, namun belum mengalahkan rekor gol milik bek Tottenham Hotspur, Ledley King yang mencetak gol ke gawang Bradford City pada 2000. Gol King yang tercipta pada detik 9,9 detik dinobatkan sebagai gol tercepat pada era Premier League.

    Tersengat gol cepat Soton, Chelsea langsung merespon dengan mengambil alih kendali permainan. Menit kedelapan, Fernando Torres yang diplot sebagai striker tunggal, coba beraksi menerobos jantung pertahanan Soton. Namun, aksi striker internasional Spanyol itu masih bisa dihentikan barisan belakang Soton.

    Chelsea kemudian mendapat beberapa peluang, seperti tendangan Juan Mata yang masih diblok Arthur Boruc, serta tendangan akrobatik Branislav Ivanovic dan tandukan Essien. Sayang, ketiga peluang tersebut sia-sia lantaran mereka terjebak offside.

    Di tengah dominasi Chelsea, Soton tetap mampu merepotkan barisan belakang Chelsea, dengan permainan kolektif yang diperagakan Pablo Osvaldo, Jay Rodriguez, dan Adam Lallana.

    Setelah beberapa kali mencoba, Chelsea baru mendapatkan peluang emas pertamanya pada menit ke-44. Mata mengirimkan umpan manis ke muka gawang, dan disambut tandukan Torres. Sial, Boruc melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis bola yang mengarah ke pojok gawangnya. Skor 1-0 untuk Southampton bertahan hingga turun minum.

    Masuk interval kedua, Chelsea langsung menggeber serangan. Essien yang melakukan blunder fatal di awal laga, digantikan Demba Ba untuk membantu Torres di lini depan.

    Masuknya Ba terbukti mampu membuat daya gedor The Blues kian deras. Pada menit ke-54, upaya punggawa Chelsea akhirnya membuahkan hasil. Umpan sepak pojok Mata disambut tandukan Ivanovic lalu diteruskan sentuhan Ba yang masih membentur tiang. Bola muntah kemudian disambut tandukan Cahill yang membobol gawan Boruc.

    Boruc sendiri haru ditarik keluar usai gol tersebut, lantaran mengalami cedera pada tangan kirinya ketika coba menjangkau bola yang menghajar tiang gawang. Posisi Boruc digantikan Paulo Gazzaniga.

    Sukses menyamakan kedudukan, Chelsea kian dominan dalam serangan. Enam menit berselang, Stamford Bridge kembali bergemuruh menyambut gol John Terry yang menanduk umpan Juan Mata di sisi kanan pertahanan Soton.

    Gol ini terasa spesial bagi Terry. Pasalnya, gol ini menandai laga ke-400 yang dimainkannya. Secara total, dalam 10 tahun kariernya di Chelsea, ini merupakan gol ke-34 sang kapten.

    Berbalik unggul 2-1, Chelsea belum juga mengendurkan serangan. Sementara Soton masih menerapkan taktik yang sama, yakni melakukan serangan balik cepat. Menit ke-70, Ba nyaris memperbesar keunggulan Chelsea andai eksekusi yang dilepaskannya tidak menyamping tipis.

    Masuk lima menit terakhir, Chelsea masih dominan. Sementara Soton mulai berani bermain menyerang. Peluang bagus dimiliki skuad besuta Manuel Pocchetino pada menit ke-87 lewat aksi Pablo Osvaldo. Sayang, tendangan mantan bomber AS Roma itu masih melambung.

    Di tengah upaya menyelamatkan poin, Soton harus kembali kebobolan untuk kali ketiga. Ramires mengirim umpan manis ke kotak penalti, yang diselesaikan dengan jitu oleh Ba untuk membungkus kemenangan 3-1 The Pensioners –julukan lain Chelsea.

    Dengan hasil ini, Chelsea mengamankan posisinya di peringkat dua klasemen sementara Premier League. Dengan koleksi 27 poin, The Blues menguntit Arsenal di puncak klasemen dengan hanya selisih empat poin.

    Sementara bagi Soton, kekalahan ini membuat mereka tak beranjak dari posisi tujuh klasemen sementara dengan 22 poin.

    Susunan Pemain

    Chelsea: Cech; Ivanovic, Cahill, Terry (c), Azpilicueta; Essien/Ba (46’), Ramires; Mata, Oscar/Lampard (40’), Hazard; Torres/Obi Mikel (84’)

    Southampton: Boruc/Gazzaniga (58’), Clyne, Fonte, Lovren, Shaw, Wanyama, Schneiderlin/R.Lambert (67’), Ward-Prowse/S.Davies (63’), Lallana (c), Rodriguez, Osvaldo  
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Chelsea Tampil Perkasa, Hajar Southampton 3-1 Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad
    Scroll to Top