• Latest News

    Powered by Blogger.
    Thursday, January 16, 2014

    Menanti Aksi Transfer MU 2014

    Butuh sokongan.(foto:Reuters)
    Butuh sokongan.(foto:Reuters)
    Liga Inggris, Manchster United paling sering disebut sedang butuh pemain bintang untuk melengkapi skuad, mengarungi sisa musim 2013-2014. United diperkirakan akan serius belanja di musim dingin ini. Tapi publik Manchester merah harus bersabar.  
    Kedatangan pemain bagus, bisa kembali memunculkan harapan baru bagi fans yang mulai frustrasi melihat The Red Devils, sebutan Manchester United,  terseok-seok di Primer League. Sebagai juara bertahan musim lalu, kekalahan enam kali dalam 21 pertandingan menunjukkan United tengah bermasalah musim ini.
     
    Faktornya bisa bermacam-macam; pelatih baru, cedera pemain, dan lini tengah yang kurang dalam alias kekurangan stok.  Salah satu solusinya tentu menambah amunisi berkualitas, dan bursa transfer Januari ini adalah saat yang tepat untuk menambal celah tersebut.
     
    Apa lacur, stok pemain bagus yang tersedia di pasar tidak banyak, untuk tidak mengatakan tidak ada. United sampai mencoba membawa kembali Paul Pogba, pemain yang pernah dibuangnya pad 2012. Moyes kabarnya sampai terbang ke Italia untuk memantau mantan gelandang yang dilepas cuma-cuma ke Juventus itu.
     
    Namun, langkah tersebut kemungkinan besar akan berujung sia-sia karena Juve saat ini begitu menikmati servis pemain yang sudah menorehkan enam gol dan sembilan assist untuk Juve di semua ajang. Nampaknya itu juga berlaku buat Claudio Marchisio. Setidaknya Juve telah menyatakan tidak tertarik bernegosiasi dengan klub manapun termasuk United.
     
    Ilkay Gudogan, nama lain yang sedang dilirik United, nampaknya juga sulit diboyong ke Old Trafford. Klub pemiliknya, Borussia Dortmund sejauh ini menunjukkan sinyal ingin mempertahankannya. Apalagi,Die Borussen, julukan Dortmund, sudah kehilangan pilar-pilar pentingnya belakangan ini.
     
    Lini tengah menjadi pekerjaan rumah United setelah ditinggal Paul Scholes dan Ryan Giggs mulai menua. Ini berbeda dengan Arsenal yang menginginkan pemain baru di posisi striker, bila mereka memang harus aktif di bursa transfer kali ini.
     
    Pelatih Arsene Wenger nampaknya sudah puas dengan kehadiran Mesut Ozil, Tomas Rosicky, Jack Wilshere, Mikel Arteta, Mathieu Flamini, Santi Cazorla, dan Aaron Ramsey. Wenger lebih risau ditinggal Theo Walcott yang cedera panjang, ditambah Oliver Giroud, Lukas Podolski juga sempat bermasalah dengan cedera. Begitu pun Nicklas Bendtner.
     
    Siapa yang bisa merapat ke Emirates Stadium? Wenger ingin pemain top, dan empat pemain ini yang dikait-kaitkan:  Striker Atletico Madrid, Diego Costa, Mario Mandzukic (Bayern Munich),  Karim Benzema dan Alvaro Morata (Real Madrid). Peluangnya? rata-rata 60:40 karena klub asal masih menginginkan mereka.
     
    Nama terakhir mungkin bisa diboyong dengan pinjaman. Tapi masalahnya, mood Carlo Ancelotti sedang tidak bagus untuk melepas pemainnya ke Arsenal. Dia sedang menyesali putusannya melepas Mesut Ozil ke kubu The Gunners. Penyesalan itu mungkin tidak mau ia alami kedua kali.
     
    Tinggal, arsenal boleh berharap Atletico melepas Costa. Klub yang sedang bertengger di posisi dua klasemen La Liga itu mungkin mau menjualnya dengan harga mahal seperti yang mereka lakukan terhadap striker-striker bintang seperti Fernando Torres, Diego Forlan, dan Radamel Falcao. Tapi itu tergantung dengan target Atletico musim ini. Bila ingin menggusur dominasi Barca, mungkin bursa transfer Januari ini bukan saat yang tepat bagi klub lain bernegosiasi tentang Costa.
     
    Atmosfer transfer kali ini memang agak lebih datar dibanding periode sebelumnya. Tak terdengar ada pemain bintang yang risau ingin berganti kostum dan klub yang sudah kirim sinyal mau “jualan”. Luis Suarez sudah tenang di Anfield, begitu juga  Gonzalo Higuain, Falcao, Samuel Eto’o, Zlatan Ibrahimovic, dan Edinson Cavani nyaman di klub masing-masing.
     
    Mungkin nada gundah Ezequiel Lavezzi yang lumayan nyaring setelah ia kalah bersaing dengan Cavani dan  Ibrahimovic di Paris Saint Germain. Bila Wenger menginginkan striker, striker Argentina itu nampaknya yang paling mungkin direkrut. Lavezzi memang pernah bilang lebih tertarik kepada klub Italia, ketimbang Inggris. Tapi siapa tahu?
     
    Nama lain lagi, Angel di Maria. Winger Real Madrid yang merasa terusik karena kehadiran Gareth Bale, bisa jadi opsi menarik bagi United atau Arsenal. Kemampuan penetrasinya akan sangat berguna untuk menambah daya gedor lini depan.
     
    Kesimpulannya, peluang transfer yang melibatkan pemain top bagi United dan Arsenal tentu masih terbuka. Masih ada 16 hari lagi. Tapi memang, pasar di musim dingin ini kurang bergeliat. Kurang menguntungkan bagi United dan Arsenal.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Menanti Aksi Transfer MU 2014 Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top