• Latest News

    Powered by Blogger.
    Thursday, October 10, 2013

    Kualifikasi Piala Dunia Non Unggulan, Simak Disini




    Hingga jeda internasional pada pekan ini, sudah ada sepuluh tim yang memastikan diri lolos dari babak kualifikasi Piala Dunia 2014. Kesepuluh tim itu adalah tuan rumah Brasil, Jepang, Australia, Iran, Korea Selatan, Argentina, Amerika Serikat, Kosta Rika, Italia, dan Belanda. 



    Di zona Eropa, jatah negara-negara Benua Biru kini tinggal 11 tim dari jumlah alokasi awal sebesar 13 negara setelah Belanda dan Italia memastikan kelolosan mereka September lalu. Zona Amerika Selatan masih menyisakan tiga jatah plus satu (lewat play-off melawan wakil zona Asia, yakni Yordania). Di Amerika Utara & Tengah, tersisa satu jatah otomatis plus satu (lewat play-off melawan wakil zona Oseania, yakni Selandia Baru). Tak kalah seru adalah persaingan di zona Afrika sudah memasuki ronde final untuk menentukan lima jatah tersisa.




    Menjelang berakhirnya kualifikasi Piala Dunia tersebut, tentunya telah mengerucutkan negara-negara yang bersifat non-unggulan. Memang, Piala Dunia kerap memunculkan tim-tim kejutan. Ada Kroasia di Piala Dunia 1998 dan Turki pada 2002, lalu ada Ukraina pada 2006, dan di edisi terakhir ada Uruguay. Mereka adalah tim yang tak disangka-sangka dapat tampil memikat di sepanjang turnamen empat tahunan ini. 




    Brasil 2014 juga berpotensi melahirkan tim-tim kejutan lain. Langsung saja, berikut adalah kelima timunderdog versi Goal Indonesia yang berpeluang besar lolos ke Piala Dunia 2014 pekan ini dan tentunya bisa membuat kejutan di Brasil:





          1. BELGIA

    Tak ada yang meragukan kualitas generasi emas Belgia saat ini. Sempat terpuruk dalam beberapa dekade terakhir -- gagal lolos di dua Piala Dunia terakhir dan hanya lolos sekali dari tujuh Piala Eropa terakhir -- tiba-tiba Rode Duivels meledak! Mereka bermaterikan para pemain yang kebanyakan menjadi andalan klubnya di liga-liga top Eropa.


    DATA & FAKTA BELGIA
    JulukanRode Duivels (Setan Merah)
    Pelatih: Marc Wilmots
    Pemain Kunci: Vincent Kompany, Eden Hazard, Marouane Fellaini, Thibaut Courtois
    Ranking FIFA: 6
    Terakhir Kali Tampil di Piala Dunia: 2002
    Syarat Lolos ke Brasil: Butuh satu poin dari Kroasia (11/10) dan Wales (16/10)
    Kemungkinan Lolos: 90%
    Marc Wilmots, sang pelatih tim ini yang juga legenda Belgia, bisa dikatakan beruntung memiliki skuat sekuat ini. Dari kiper hingga penyerangnya, siapa tak kenal Thibaut Courtois, Vincent Kompany, Jan Vertonghen, Marouane Fellaini, Eden Hazard, Axel Witsel hingga Romelu Lukaku? Merekalah yang mewakili golden generation timnas Belgia.

    Di babak kualifikasi zona Eropa, mereka tak terkalahkan dan berhasil memuncaki Grup A, namun secara matematis masih belum lolos. Belgia akan melenggang jika sukses menahan seri peringkat kedua Kroasia, Jumat (11/10) malam WIB, di Zagreb. Jikalau kalah, mereka masih punya peluang empat hari kemudian melawan Wales, yang sudah dipastikan tersingkir.


    Meski syarat yang dibutuhkan minimal, namun Wilmots mewanti-wanti agar pemainnya tak berpuas diri. “Kami belum mencapai sana [PD 2014]. Masih ada banyak hal yang harus kami lakukan. Mari kita tunggu dan lihat hasilnya di Zagreb. Selama kami belum mendapatkan tiket di tangan, kami tidak akan pergi ke Piala Dunia,” tegasnya. Jika benar-benar lolos ke Brasil, tim yang sedang naik daun ini bisa saja melewati prestasi terbaik mereka pada Piala Dunia, yakni duduk di peringkat keempat pada PD 1986 di Meksiko.





         2. BOSNIA-HERZEGOVINA

    Bosnia-Herzegovina tak kalah meledaknya dengan Belgia. Negara pecahan Yugoslavia ini di ambang pencapaian bersejarah dengan lolos ke Piala Dunia untuk pertama kali. Zmajevi, julukan Bosnia, saat ini memuncaki Grup G, namun berpoin sama dengan Yunani yang kalah selisih gol.


    DATA & FAKTA BOSNIA
    JulukanZmajevi (Naga)
    Pelatih: Safet Susic
    Pemain Kunci: Edin Dzeko, Vedad Ibisevic, Miralem Pjanic, Asmir Begovic
    Ranking FIFA: 18
    Terakhir Kali Tampil di Piala Dunia: -
    Syarat Lolos ke Brasil: Mengalahkan Liechtenstein (12/10) dan Lithuania (16/10)
    Kemungkinan Lolos: 80%
    Satu lagi yang menjadi pembeda Bosnia dengan Yunani adalah gelontoran gol-gol dari duet penyerang subur mereka, Edin Dzeko dan Vedad Ibisevic. Lewat penyerang Manchester City dan Stuttgart itu, Bosnia menjadi salah satu tim terproduktif di zona Eropa (25 gol), hanya kalah dari Jerman (28).

    Mereka bakal lolos ke Brasil jika menang di laga sisa menjamu Liechtenstein pada Sabtu (12/10) dini hari WIB dan juga saat bertandang ke Lithuania empat hari setelahnya. Di putaran pertama, pasukan Safet Susic sukses membabat calon lawannya itu, yakni 8-1 vs Liechtenstein dan 3-0 vs Lithuania. Namun mereka tetap harus waspada meski menghadapi tim terlemah di grup ini.


    Bosnia tak ingin tragedi di kualifikasi terakhir Piala Dunia dan Euro terulang kembali. Saat tampil dikualifikasi Euro 2004, Piala Dunia 2010, Euro 2012, Tim Naga sebenarnya tinggal sedikit lagi lolos ke turnamen utama tersebut. Sayang, mereka gagal dalam tiga kesempatan itu.



         3. KOLOMBIA

    Dari Eropa, kita beralih ke Amerika Selatan. Ada satu negara yang sempat kehilangan generasi terbaiknya selama lebih dari satu dasawarsa terakhir, namun kini kembali menemukan tim terbaiknya. Siapa lagi kalau bukan Kolombia. Generasi emas Kolombia ini diwakili oleh Radamel Falcao yang sempat membawa negaranya itu nangkring di posisi tiga besar rangking FIFA pada periode Juli-Agustus lalu.


    DATA & FAKTA KOLOMBIA
    JulukanLos Cafeteros
    Pelatih: Jose Pekerman
    Pemain Kunci: Radamel Falcao, Fredy Guarin, James Rodriguez, Christian Zapata
    Ranking FIFA: 5
    Terakhir Kali Tampil di Piala Dunia: 1998
    Syarat Lolos ke Brasil: Seri atas Chili (12/10)
    Kemungkinan Lolos: 90%
    Nama-nama beken terdahulu seperti Rene Higuita, Oscar Cordoba, Carlos Valderrama, dan Faustino Asprilla kini berganti wajah dengan hadirnya Falcao, David Ospina (Nice), Mario Yepes (Atalanta), Christian Zapata (AC Milan), Fredy Guarin (Internazionale), hingga rekan setim Falcao di AS Monaco, James Rodriguez.

    Saat ini, mereka duduk di peringkat dua zona Conmebol, tertinggal tiga poin dari Argentina yang sudah memastikan diri lolos, dan juga memiliki catatan sebagai tim paling sedikit kebobolan dengan sembilan gol.


    Syarat agar bisa melenggang ke Brasil sebenarnya cukup mudah. Pada Sabtu (12/10) pagi WIB, pasukan Jose Pekerman tinggal butuh hasil imbang melawan Cili agar lolos atau bahkan bermain kalah saja sudah lolos, asalkan laga Uruguay vs Ekuador tak berakhir dengan hasil seri.

         4. HONDURAS

    Di zona Amerika Utara & Tengah, ada Honduras yang berada di barisan terdepan untuk menyusul Amerika Serikat dan Kosta Rika. Honduras secara mengejutkan, sanggup memanfaatkan hasil buruk yang diderita tim favorit di zona Concacaf, Meksiko.


    DATA & FAKTA HONDURAS
    JulukanLos Catrachos atau La H
    Pelatih: Luis Fernando Suarez
    Pemain Kunci: Noel Valladares, Wilson Palacios, Maynor Figueroa, Jerry Bengston
    Ranking FIFA: 40
    Terakhir Kali Tampil di Piala Dunia: 2010
    Syarat Lolos ke Brasil: Menang atas Kosta Rika (12/10)
    Kemungkinan Lolos: 80%
    Dalam kualifikasi ronde terakhir, mereka kini duduk di peringkat tiga dengan 11 poin, diikuti Panama (8 poin), Meksiko (8 poin), dan Jamaika (4 poin). Uniknya, secara matematis, keempat tim ini masih berpeluang lolos semua. Perlu diketahui, zona Concacaf kini tinggal menyisakan satu tiket otomatis ditambah dengan satu tiket play-off di kualifikasi antarkonfederasi melawan wakil Oseania Selandia Baru.

    Honduras adalah tim yang sedang naik daun dalam satu dekade terakhir. Pada 2001, mereka duduk di peringkat ketiga Copa America. Lalu puncaknya pada sembilan tahun kemudian ketika lolos ke Piala Dunia 2010, pertama kali sejak 1982.


    Mereka berpeluang tampil untuk kali ketiga di Piala Dunia jika sanggup mengatasi Kosta Rika, yang sudah pasti lolos, pada Sabtu (12/10) pagi WIB dalam laga bertajuk derby Amerika Tengah. Itupun terjadi seandainya Panama gagal mengalahkan Meksiko.

         5. ETHIOPIA

    Terakhir, jangan kaget jika ada nama Ethiopia. Mungkin bagi kebanyakan orang, negara ini identik dengan kemiskinan dan sama sekali tak berpikir tentang kekuatan timnas sepakbolanya. Namun, inilah faktanya: sepakbola Ethiopia sedang mengalami kebangkitan sejak prestasi terbaik mereka sebagai juara Piala Afrika pada 1962 silam.


    DATA & FAKTA ETHIOPIA
    JulukanWalia Antelopes atau Black Lions
    Pelatih: Sewnet Bishaw
    Pemain Kunci: Degu Debebe, Getaneh Kebede, Saladin Said
    Ranking FIFA: 93
    Terakhir Kali Tampil di Piala Dunia: -
    Syarat Lolos ke Brasil: Unggul di dua leg atas Nigeria (13/10 & 14/11).
    Kemungkinan Lolos: 50%
    Pada ronde pertama, mereka sukses menyisihkan Somalia dan melenggang ke fase grup. Di ronde kedua ini, Ethiopia sempat menderita pengurangan poin akibat memainkan pemain tidak sah pada pertandingan melawan Botswana. Namun setelah itu, langkah Ethiopia untuk lolos ke putaran berikutnya tak tertahan. Mereka sanggup menyingkirkan Republik Afrika Tengah, Botswana, dan tuan rumah Piala Dunia edisi sebelumnya, Afrika Selatan. Ethiopia memuncaki grup dengan keunggulan dua poin dari Afsel.

    Namun, tugas mereka untuk lolos ke Brasil tidaklah mudah. Di ronde ketiga atau di babak play-off terakhir, pasukan Sewnet Bishaw akan berhadapan dengan juara Piala Afrika 2013 Nigeria dalam dua leg. Meski demikian, tak menutup kemungkinan bagi negara yang beribu kota di Addis Ababa ini untuk sekali lagi memberikan kejutan dengan lolos ke Piala Dunia untuk pertama kali.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Kualifikasi Piala Dunia Non Unggulan, Simak Disini Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad
    Scroll to Top