• Latest News

    Powered by Blogger.
    Friday, June 21, 2013

    Uruguay Pelihara Peluang ke Semifinal 2-1 Lawan Nigeria

    Diego Forlan (putih) usai mencetak gol ke gawang Nigeria (Foto: Reuters)
    Diego Forlan (putih) usai mencetak gol ke gawang Nigeria (Foto: Reuters)



    PIALA KONFEDERASI
     – Timnas Uruguay memetik tiga poin hasil dari kemenangan 2-1 atas Timnas Nigeria dalam pertandingan penyisihan Grup B Piala Konfederasi 2013, Jumat (21/6/2013) pagi WIB.
     
    Uruguay membuka keunggulan melalui Diego Lugano pada menit ke-19 usai mengonversi umpan Diego Forlan, sebelum dibalas John Obi Mikel pada menit ke-37. Gol kemenangan Uruguay dicetak Forlan pada menit ke-51.
     
    Jalannya pertandingan
     
    Uruguay tampil menekan sejak peluit kick off dibunyikan. Hal itu terbukti dengan peluang yang mereka dapatkan pada menit ketiga saat tendangan Cristian Rodriguez masih bisa ditepis kiper Nigeria, Vincent Enyeama.
     
    Pada sepuluh menit pertama, Uruguay sudah mendapatkan empat kali sepak pojok, dan di menit kesebelas, sundulan Edinson Cavani masih melambung di atas mistar gawang Super Eagles. Terus ditekan, Nigeria mencoba mulai keluar menyerang.
     
    Sebuah peluang didapat Ahmed Musabab pada menit ke-12, tapi tembakannya masih melenceng di samping tiang gawang Uruguay. Semenit kemudian, giliran tendangan bebas Ideye Brown yang bisa diselamatkan kiper La Celeste, Fernando Muslera.
     
    Namun, Uruguay kemudian malah unggul 1-0 lebih dulu melalui sontekan Diego Lugano pada menit ke-19, memanfaatkan crossing mendatar Diego Forlan. Bola meluncur ke dalam gawang Nigeria tanpa bisa dihalau Enyeama.
     
    Gol tersebut malah membuat Nigeria meningkatkan intensitas serangan mereka untuk membalasnya. Tim perwakilan dari benua Afrika ini akhirnya berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-37 yang dicetak John Obi Mikel.
     
    Proses gol Obi Mikel bermula dari umpan Brown Ideye kepada pemain Chelsea itu, yang sudha menunggu di kotak penalti lawan. Obi Mikel langsung menguasai bola dan mengecoh bek Uruguay untuk kemudian mengirim bola ke sudut kanan gawang Muslera dengan sepakan kaki kirinya.
     
    Gol itu membuat kepercayaan diri Nigeria meningkat dengan melancarkan lebih banyak serangan ke pertahanan Uruguay. Namun, hingga babak pertama berakhir, skor 1-1 masih tetap bertahan.
     
    Babak kedua
     
    Memulai 45 menit kedua, Uruguay yang harus menang demi memelihara peluang mereka lolos ke semifinal mencoba tampil agresif. Enam menit setelah peluit babak kedua dimulai, gawang Nigeria dibobol oleh Forlan.
     
    Gol berawal dari kerja sama Luis Suarez, Edinson Cavani, yang kemudian mengirim umpan kepada Forlan. Tembakan striker berusia 34 tahun itu tak bisa dibendung Enyeama, sekaligus membuat Uruguay kembali memimpin 2-1.
     
    La Celeste tampak mampu menguasai keadaan setelah kembali unggul, sedangkan Nigeria meski berusaha menyerang, mereka kurang tenang saat berada di kotak penalti lawan. Pada menit ke-68, malah Uruguay mendapat peluang melalui sepakan Cavani yang masih melambung di atas mistar.
     
    Dua menit berselang, giliran Uruguay yang diserang oleh Nigeria. Sebuah crossing dari Efe Ambrose gagal dimanfaatkan menjadi gol oleh Ideye. Pada menit ke-75, Uruguay balas menekan, tandukkan Cavani memanfaatkan umpan dari tendangan bebas Forlan masih belum menemui target.
     
    Kedua tim terlihat berusaha saling menekan, namun perlahan Uruguay mencoba menurunkan tempo permainan mereka saat laga menyisakan sekitar lima menit lagi. Sayangnya, Nigeria kesulitan menembus tembok pertahanan Uruguay yang digalang Diego Lugano dan Martin Caceres.
     
    Alhasil, hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir, skor 2-1 untuk keunggulan Uruguay tetap bertahan. Hasil ini juga membuka peluang mereka lolos ke semifinal, karena di laga Grup B selanjutnya bakal menghadapi Tahiti.
     
    Susunan pemain kedua tim:
     
    Nigeria: Enyeama, Ambrose, Omeruo, Oboabona, Echiejile, Ogude, Mikel, Musa, Ogu, Oduamadi, Ideye
     
    Uruguay: Muslera, Maxi Pereira, Lugano, Godin, Caceres, Arevalo Rios, Gonzalez, Rodriguez, Forlan, Suarez, Cavan
    i
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Uruguay Pelihara Peluang ke Semifinal 2-1 Lawan Nigeria Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top