• Latest News

    Powered by Blogger.
    Thursday, June 19, 2014

    PIALA DUNIA : Chile vs Spanyol 2-0

    Timnas Spanyol akhirnya kandas usia dibekuk Chile 2 gol tanpa balas
    PIALA DUNIA – Spanyol mengikuti jejak Italia di tahun 2010, saat tak mampu melaju jauh dan kandas di penyisihan grup. Ya, La Furia Roja harus tersingkir lebih awal setelah kalah 2-0 oleh Cile melalui gol Eduardo Vargas dan Charles Aranguiz.

    Dengan hasil ini, Cile memastikan tempat di 16 besar Piala Dunia Brasil, mengikuti langkah Belanda yang terlebih dahulu menang 3-2 atas Australia. Di pertandingan terakhir, Cile tinggal bermain melawan Belanda untuk menentukan juara grup.

    Jalannya Pertandingan

    Entrenador Spanyol, Vicente Del Bosque pada pertandingan yang sangat menentukan ini, menggantikan dua pemainnya yang bermain melawan Belanda. Dua pemain tersebut yakni Xavi Hernandez dan Gerard Pique, digantikan oleh Pedro Rodriguez dan Javi Martinez.

    Sementara Cile yang bermain dengan jersey putih, bermain dengan jenderal lapangan tengah mereka, Arturo Vidal. Pelatih tim, Jorge Sampaoli coba memberikan keseimbangan di tim dengan menurunkan Francisco Silva yang notabene gelandang bertahan, menggantikan Jorge Valdivia yang merupakan gelandang serang.

    La Roja, julukan Cile, menekan sedari awal pertandingan dimulai. Jordi Alba hampir saja membuat gol bunuh diri, ketika bola datang terdefleksi kepadanya dari Xabi Alonso yang coba memblok bola.

    Alonso hampir saja mencetak gol di menit 14, saat Diego Costa berhasil menahan bola dan memberikannya kepada Alonso. Beruntung, Claudio Bravo masih sigap mengamankan gawang dan membuat skor masih sama kuat 0-0.

    Eduardo Vargas! Ya, pemain yang bermain di Valencia musim lalu itu, berhasil membuat Cile unggul atas Spanyol di menit 19. Berawal dari serangan balik cepat yang dibangun Cile, bola diberikan kepada Charles Aranguiz yang langsung memberikannya kepada Vargas dan dengan tenang ia mencetak gol, mengecoh Iker Casillas. 1-0 Cile unggul.

    Cile benar-benar menekan permainan tiki-taka yang coba diperagakan Spanyol dan menerapkan pressing tinggi dari lini tengah saat para pemain Spanyol mengontrol bola. Alhasil, La Furia Roja terlihat sedikit frustasi dan bermain keras saat kehilangan bola, terlihat saat Alonso mendapatkan kartu kuning di menit 40.

    Aranguiz! Setelah memberi assist, ia mencetak gol yang menambah penderitaan Spanyol di menit 43. Ya, Cile kini menutup skor di babak pertama ini dengan angka 2-0. Ia memanfaatkan rebound bola sepakan Alexis Sanchez dari tendangan bebas, dan dengan keras mencetak gol.

    Del Bosque coba membuat Spanyol lebih menyerang di babak kedua ini dan menggantikan Xabi Alonso oleh Koke Resurreccion. Permainan La Furia Roja pun menjadi lebih baik dan menyerang. Peluang pun dihasilkan oleh Sergio Busquets, sayang ia tak mampu mencetak gol setelah menyepak bola melebar di menit 52.

    Pertahanan Spanyol benar-benar terbuka. Kembali para pemain Cile memanfaatkan serangan balik, Mauricio Isla hampir saja mencetak gol di menit 67 andai bola sepakannya tak melebar. Skor pun masih belum berubah, 2-0.

    Masuknya Santi Cazorla di menit 76, memberikan dimensi baru kepada permainan Spanyol. Ya, Cazorla menghadirkan serangan yang jarang terlihat dari Spanyol, yakni spekulasi tendangan jarak jauh. Benar saja, ia melakukannya di menit 79 saat berspekulasi dari luar kotak penalti, beruntung Bravo masih dapat menepisnya.

    Bravo! Lagi, seakan terbawa permainan apik yang diperagakan rekan-rekannya, ia kembali menunjukkan kelasnya sebagai kiper utama sekaligus kapten Cile saat menepis tendangan Andres Iniesta di menit 83.

    Tidak ada gol lagi yang tercipta, akhirnya dunia menjadi saksi gugurnya juara bertahan Spanyol dengan skor 2-0 dan harus angkat kaki dini di penyisihan grup B.

    Susunan Pemain:

    Spanyol: Iker Casillas, Cesar Azpilicueta, Sergio Ramos, Javi Martinez, Jordi Alba, Xabi Alonso (Koke Resurreccion 46’), Sergio Busquets, David Silva, Andres Iniesta, Pedro Rodriguez (Santi Cazorla 76’), Diego Costa (Fernando Torres 64’)

    Cile: Claudio Bravo, Gonzalo Jara, Esteban Mena, Mauricio Isla, Gary Medel, Arturo Vidal (Carlos Carmona 87’), Marcelo Diaz, Francisco Silva, Charles Aranguiz (Felipe Gutierrez 64’), Alexis Sanchez, Eduardo Vargas (Jorge Valdivia 83’)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: PIALA DUNIA : Chile vs Spanyol 2-0 Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top