• Latest News

    Powered by Blogger.
    Monday, December 8, 2014

    Malaysia Takluk Di Tangan Vietnam

    Malaysia tak berdaya menghadapi gempuran Vietnam
    Piala AFF  - Unggul terlebih dahulu atas Vietnam lewat penalti Safiq Rahim, Malaysia harus mengakhiri laga leg pertama semifinal Piala AFF 2014 dengan kekalahan 1-2. Nguyen Van Quyet dan Vo Huy Toan jadi pahlawan Vietnam.

    Dalam laga yang berlangsung di Shah Alam Stadium, Minggu (7/12/2014) malam WIB ini, kedua tim relatif berimbang dalam penguasaan bola dengan 50,6% untuk tuan rumah dan 49,4% untuk tim tamu. Namun Vietnam secara keseluruhan tampil lebih berbahaya.

    Total anak asuh Toshiya Miura melepaskan 15 percobaan dengan tujuh tembakan mengarah ke gawang. Sementara Malaysia cuma mencatatkan lima percobaan dan hanya satu yang tepat sasaran, itu adalah penalti Safiq Rahim.

    Vietnam mulai mengancam tuan rumah saat laga baru berjalan empat menit. Lewat sebuah serangan cepat, Nguyen Van Quyet menyodorkan bola kepada Le Cong Vinh tak jauh dari kotak penalti. Menyadari ruangnya tertutup, Vinh dengan satu sentuhan mengoper ke Ngo Hoang Thinh di depan kotak penalti. Bola lantas coba diarahkan ke gawang, tapi cuma tipis saja di samping kanan.

    Vietnam kembali mendapatkan peluang di menit ke-10. Pham Thanh Luong menusuk di sisi kanan, melewati Zubir Azmi dan mengumpan ke Vinh di depan kotak penalti. Dengan gerakan memutar, kapten Vietnam itu melepaskan tendangan tapi masih terlalu mudah untuk kiper Malaysia, Khairul Fahmi.

    Mengawali dengan keadaan tertekan, Malaysia justru mampu unggul lebih dahulu pada menit ke-14. Wasit menghadiahkan penalti setelah Pham tertangkap menyentuh bola dengan tangan di kotak terlarang. Safiq Rahim maju sebagai eksekutor dan sukses menjalankan tugasnya.

    Kebobolan, Vietnam kembali melanjutkan tekanannya ke daerah pertahanan tuan rumah. Tiga menit setelah gol Malaysia, Vinh mendapatkan peluang memanfaatkan umpan terobosan Van Quyet. Tapi tembakannya dari sisi kiri di dalam kotak penalti masih mampu digagalkan Khairul Fahmi

    Vietnam pada prosesnya menyamakan kedudukan di menit ke-32. Lewat sebuah serangan cepat, Van Quyet menusuk di sisi kanan bertukar umpan denga Pham, lalu melepaskan tembakan yang masih mampu ditepis Khairul Fahmi. Tapi bola muntah bergulir liar dan Vo Huy Toan muncul dari lini kedua, menyambarnya masuk ke gawang.

    Di babak kedua, Vietnam terus menampilkan permainan agresif dan serangan-serangan cepat. Hasilnya di menit ke-60, mereka berbalik unggul. Mulanya Vinh mengoper ke Quan, yang diteruskan ke Nguyen Van Quyet. Setelah melewati Zubir Azmi, Nguyen Van Quyet melepaskan tembakan kaki kiri terarah yang tak mampu dijangkau Khairul Fahmi.

    Enam menit kemudian, Vinh berpeluang menambah keunggulan timnya. Menerima umpan Mac Hong Quan di muka kotak penalti, Vinh berdiri cukup bebas. Namun karena terlalu lama menahan bola sebelum akhirnya melepas tembakan, Muslim Ahmad berhasil memblok upayanya.

    Tertinggal, Malaysia meningkatkan intensitas serangan. Namun beberapa kali upaya membangun serangan kandas sebelum berbuah peluang. Sementara Vietnam mulai mengendurkan tekanan dan sesekali mencoba menyengat lewat serangan balik. Juga tak berbuah kesempatan bagus.

    Di masa injury time, Malaysia sempat mendapatkan sebuah peluang. Berawal dari sepak pojok, bola jatuh di kaki Indra yang berdiri di dalam kotak penalti. Tapi tembakannya tak terarah sempurna, hanya melenceng ke kiri gawang. Laga berakhir dengan kemenangan Vietnam.

    Dengan kemenangan ini, Vietnam menatap leg kedua dalam posisi sangat diuntungkan. Selain punya bekal kemenangan, leg kedua akan digelar di kandang mereka yakni My Dinh Stadium, Kamis (11/12/2014) mendatang.

    Susunan pemain:

    Malaysia: Khairul Fahmi, Jasuli, Muslim, Fadhli, Zubir, Akil (Indra 81'), Hafiz (Robbat 58'), Safiq, Kunanlan, Norshahrul (Manaf Mamat 72'), Safee Sali

    Vietnam: Tran, Hai, Thanh, Tu, Nguyen Van Bien, Toan (Thanh Hien 84'), Thinh (Tan Tai 90'), Nguyen Huy Hung, Pham (Quan 59'), Vinh, Nguyen Van Quyet
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Malaysia Takluk Di Tangan Vietnam Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top