• Latest News

    Powered by Blogger.
    Sunday, October 5, 2014

    Barcelona Raih Tiga Poin Di Kandang Vallecano

    Barcelona sampai pekan ke 7 belum kebobolan

    Liga Spanyol – Bertandang ke Estadio Rayo Vallecano, Minggu (5/10/2014) Barcelona berhasil membungkus tiga poin dari laga tandang mereka dalam lanjutan La Liga 2014-2015 dengan kemenangan 2-0 atas Rayo Vallecano.

    Lionel Messi dan Neymar da Silva terlihat semakin padu di laga ini. Keduanya juga menjadi pencetak gol kemenangan. Selain itu, Jeremy Mathieu juga bermain impresif mengisi pos bek kiri. Dengan tambahan tiga poin, Barcelona sementara memuncaki klasemen La Liga dengan 19 poin dari tujuh kali bermain.

    Jalannya pertandingan

    Seperti biasanya, meski bermain tandang Barcelona memulai laga dengan penguasaan bola sejak awal pertandingan. Operan-operan pendek khas mereka dan pergerakan tanpa bola di lini ketiga lapangan diperagakan raksasa Katalan.

    Dalam laga ini ada sedikit perubahan diterapkan oleh Luis Enrique, posisi Jeremy Mathieu bergeser ke sisi kiri pertahanan, sementara Gerard Pique mengisi pos bek tengah bersama Bartra. Xavi Hernandez main sejak menit pertama menggantikan Ivan Rakitic.

    Menit kesembilan, percobaan pertama dilakukan oleh Rayo ke gawang Claudio Bravo. Sepakan Bueno masih terlalu lemah dan dapat diamankan oleh kiper internasional Cile itu.

    Xavi diganjar kartu kuning pada menit 10. Wasit melihat bola menyentuh tangan jenderal lapangan tengah Barca. Empat menit berselang peluang didapat Neymar, namun Tono masih dapat mengamankan gawangnya.

    Lionel Messi dkk terus mendominasi penguasaan bola dan beberapa kali menebar ancaman ke jantung pertahanan Rayo. Patut dicatat bahwa Mathieu dengan fasih bermain di sisi kiri lapangan dengan kerap melakukan pergerakan yang menerobos pertahanan lawan.

    Messi! Berhasil melihat celah kosong di lini belakang tuan rumah. Sempat menyarangkan bola ke gawang namun wasit menganulir golnya setelah hakim garis melihatnya berada dalam keadaan offside pada menit ke-32.

    Gol! Messi! Kali ini dirinya berhasil melepaskan diri dari penjagaan lawan pada menit 35. Menerima umpan trobosan lambung, La Pulga berlari dan terlepas dari perangkap offside tuan rumah, dengan men-chip bola Messi membuka keunggulan Blaugrana. 1-0 Barca unggul.

    Gol! Neymar! Lagi-lagi ruang yang mencolok di pertahanan Rayo berhasil dimanfaatkan Barca dengan baik. Melalui sepakan mendatarnya mengarah tiang jauh tak dapat dibendung oleh kiper Rayo Vallecano, Tono. Menit 36 Barcelona unggul dua gol.

    Hingga 45 menit berakhir di Estadio del Rayo Vallecano tidak ada gol tambahan yang tercipta. Sepanjang paruh pertama dominasi Barcelona tak terbantahkan, sedangkan tuan rumah masih kebingungan untuk mengembangkan permainan.

    Babak kedua

    Hingga lima menit berjalan di babak kedua, tuan rumah terlihat lebih berani untuk keluar dan membangun serangan. Sedangkan Blaugrana terlihat menurunkan tempo serangan dengan bermain lebih santai.

    Menit 52, Bravo sudah harus melakukan penyelamatan. Alberto Bueno menyambar umpan tarik dari sisi kanan pertahanan Barca, sundulannya mengarah ke tiang jauh, namun belum dapat memperkecil ketinggalan. Tiga menit berselang giliran Pique melepaskan sundulan yang masih melambung dari target.

    Baptistao! Nyaris merobek jala gawang Barcelona pada menit 58. Sepakan keras terarahnya dari dalam kotak penalti masih dapat ditepis oleh Bravo dan sedikit bantuan dari tiang gawang. Hanya menghasilkan tendangan penjuru.

    Kartu merah! Keadaan semakin tak menguntungkan bagi tuan rumah. Selagi mengejar defisit dua gol, Morcillo malah melakukan pelanggaran terhadap Neymar di depan kotak penalti. Wasit melihatnya sebagai pelanggaran berbahaya dan menghadiahkannya kartu kuning kedua. Tuan rumah bermain 10 orang pada menit 60.

    Melawan Barcelona dengan 10 orang bukanlah hal yang diinginkan oleh tim manapun. Apalagi saat ini Mathieu tanpa canggung bermain di pos bek sayap kiri Barca. Terbukti dua pergerakannya pada interval menit 64-66 mengancam pertahan Rayo.

    Rakitic! Masuk menggantikan Iniesta pada menit 69 langsung mendapatkan peluang pada menit 71. Berdiri bebas menyambut umpan tarik dari sisi kiri, mantan gelandang Sevilla itu belum mampu menambah keunggulan Barca.

    10 Menit jelang bubaran, Messi mendapatkan peluang di dalam kotak penalti. Namun sepakan kaki kirinya masuk melambung dari sasaran tembak. Walau bermain dengan 10 orang, Rayo sesekali melepaskan serangan berbahaya.

    Messi kembali membuang peluang dipenghujung laga! Lagi dengan kaki kirinya yang biasa mematikan itu. Tak ada pengawal berarti namun sepakan volinya masih melambung dari depan gawang.
     
    Kartu merah! Lagi Rayo Vallecano harus kehilangan pemainnya setelah Aquino mendapatkan kartu kuning kedua di menit 91 dan sekaligus mengakhiri laga. Skor 2-0 untuk Barcelona bertahan hingga akhir pertandingan.

    Susunan pemain

    Rayo Vallecano (4-2-3-1): Tono; Tito, Abdoulaye Ba (Manucho 46’), Morcillo, Emiliano Insua; Baena, Roberto Trashorras (Sanchez 74’); Bueno, Lica (Aquino 46’), Gael Kakuta; Leo Baptistao.

    Barcelona (4-3-3): Claudio Bravo; Diego Alves, Gerard Pique, Bartra, Jeremy Mathieu; Xavi Hernandez, Segio Bosquets, Andres Iniesta (Rakitic 69’); Munir (Pedro 59’), Lionel Messi, Neymar (Sandro 80’)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Barcelona Raih Tiga Poin Di Kandang Vallecano Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad
    Scroll to Top