• Latest News

    Powered by Blogger.
    Sunday, October 5, 2014

    Liverpool Menang Tipis Atas West Bromwic Albion 2 ~ 1


    Liverpool rai tiga poin di Enfield
    Liga Inggris – Liverpool sukses mengamankan tiga poin saat menjamu West Bromwich Albion dalam lanjuta Premier League 2014-2015 di Anfield Stadium, Sabtu (4/10/2014) dengan skor 2-1.

    Adam Lallana membawa The Reds unggul di paruh pertama, akan tetapi kedudukan imbang di pertengahan babak kedua melalui titik putih yang berbau kontroversi dan dieksekusi oleh Saido Berahino. Kepastian tiga angka didapat setelah Jordan Henderson melepaskan sepakan placing yang tak dapat dijangkau oleh Ben Foster dan membuat Liverpudlian bersorak.

    Jalannya Pertandingan

    Brendan Rodgers membuat perubahan di susunan pemain, terutama di barisan depan. Menggunakan pola 4-2-3-1 pelatih asal Irlandia Utara itu membangkucadangkan Mario Balotelli yang menuai banyak kritik akhir-akhir ini, dan diganti oleh Rickie Lambert. Ini adalah kali pertama Lambert turun sebagai starter untuk The Reds.

    Liverpool langsung menekan di awal pertandingan, peluang pertama didapat setelah Henderson dijatuhkan di ujung kotak penalti West Brom pada menit enam. Namun eksekusi Steven Gerrard masih membentur pagar hidup lawan.

    Aksi Raheem Sterling meliuk-liuk di dalam kotak penalti lawan pada menit 13 nyaris membuka gol untuk The Reds, namun sepakan defleksi Sterling masih dapat diamankan oleh Foster dan hanya menghasilkan tendangan penjuru. Liverpool mendominasi penguasaan bola sampai menit 18.

    Lambert melakukan percobaan pada menit 19, dengan sekali mengontrol lalu menembaknya ke arah gawang. Foster sambil terbang melakukan penyelamatan gemilang dan mengamankan bola dalam pelukannya.

    Gerrard menjadi pemain pertama diganjar kartu kuning pada pertandingan ini. Kapten The Reds itu menghentikan paksa pergerakan bek sayap West Brom, Gamboa pada menit 27. Disusul oleh Dawson satu menit berselang usai menekel Adam Lallana.

    Walau terlihat dominan sepanjang 35 menit babak pertama, namun serangan yang dibangun oleh Lallana dkk belum terlalu mengancam barisan belakang West Brom, malah Berahino melakukan percobaan dari luar kotak penalti di menit 34 menguji kesigapan Mignolet.

    Berahino kembali menebar ancaman kepada tuan rumah pada menit 41, memanfaatkan umpan silang dari sisi kanan pertahanan Liverpool, striker kelahiran Burundi itu menanduk operan bola, sayang sundulannya melambung.

    Adam Lallana! Gol! Memecah kebuntuhan Liverpool pada menit 44. Skema one-two passing dibangun Lallana dengan Henderson saat merangsek ke dalam kotak penalti West Brom. Dengan tembakan mendatar kaki kiri, ia membuat Liverpudlian bersorak di Anfield. 1-0 untuk Liverpool.

    Dua menit waktu tambahan diberikan wasit dan hingga peluit panjang berbunyi papan skor masih menunjukkan skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

    Babak kedua

    Liverpool bergerak cepat dan kembali menekan pertahanan West Brom di awal paruh kedua guna mencari gol penyelesai pertandingan. Serangan tim arahan Brendan Rodgers lebih sering memanfaatkan sisi kiri lapangan melalui Alvaro Moreno.

    Penalti! Berahino dijatuhkan oleh Lovren pada menit 54. Sedikit kontroversi karena pada tayangan ulang eks pemain Southampton melakukan pelanggaran di luar kotak 16 meter. Apa mau dikata wasit telah membuat keputusan.

    Gol! Berahino mampu menuntaskan tugasnya sebagai eksekutor penalti. Mengirim bola ke sisi kanan gawang Mignolet yang salah membaca arah datang bola. 1-1 Skor imbang di Anfield pada menit 55.

    Kedudukan imbang membuat Liverpool meningkatkan alur serangan. Lambert mendapat peluang tiga menit berselang, namun tendangan volinya masih melambung.

    Gol! Henderson! Sterling mengawali terciptanya gol ini dengan melakukan pergerakan di dalam kotak penalti, sempat dijatuhkan oleh bek lawan, namun pemain lincah itu masih bisa berdiri dan memberikan sodoran ke Henderson yang berdiri bebas melepaskan tembakan placing yang bersarang di gawang Foster. 2-1 Liverpool kembali unggul.

    Rodgers melakukan penyegaran pada menit 63 dengan memasukkan Mario Balotteli dan Glen Johnson. Keduanya menggantikan Lambert dan Javi Manquillo. The Reds masih meneken hingga menit 66. Namun harus diwaspadai ruang renggang yang tercipta antara lini tengah dan belakang mereka.

    Balotelli melepaskan tembakan pertamanya di pertandingan ini pada menit 67, namun masih melebar. Kedua tim bermain terbuka untuk mencari gol lainnya di laga ini.

    Lagi dengan skema yang sama Liverpool nyaris memperlebar keunggulan pada menit 77. Sterling melakukan pergerakan di dalam kotak penalti dan melepaskan sodoran mendatar arah Gerrard yang berdiri bebas, namun sepakannya masih mengarah tepat ke posisi Foster.

    Hingga menit 80 penguasaan bola kedua tim 55 persen untuk Liverpool berbanding 45 persen milik tim tamu. Sedangkan untuk hal melepaskan umpan The Reds melepaskan 343 passing dan 232 untuk West Brom.

    Coba mencari gol penyeimbang di sisa waktu, pelatih Alan Irvine memasukkan Georgios Samaras pada ment 86, menggantikan Chris Brunt. Namun hingga peluit akhir pertandingan berbunyi skor tak berubah. 2-1 untuk Liverpool. Ini adalah kemenagan tiga pasukan Brendan Rodgers dalam tujuh laga Premier League yang telah mereka jalani.

    Susunan pemain

    Liverpool (4-2-3-1): Simon Mignolet; Javi Manquillo (Johnson 63’), Dejan Lovren, Martin Skrtel, Alberto Moreno; Steven Gerrard, Jordan Henderson; Adam Lallana, Philippe Coutinho (Leiva 75’), Raheem Sterling; Rickie Lambert (Balotelli 63’).

    West Bromwich (4-2-3-1): Ben Foster; Cristian Gamboa, Joloen Lescott, Craig Dawson, Sebastien Pocognoli; Morrison Gardner (Blanco 81’); Chris Brunt (Samaras 86’), Stephane Sessegnon, Graham Dorrans (Malumbu 71’);  Saido Berahino
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Liverpool Menang Tipis Atas West Bromwic Albion 2 ~ 1 Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad
    Scroll to Top