• Latest News

    Powered by Blogger.
    Sunday, October 5, 2014

    Liga ISL : Arema Cronus 2-1 Semen Padang


    Samsul Arif Munip menginspirasi kemenangan Arema Cronus di partai
    perdana mereka di babak delapan besar ISL 2014
    Liga ISL ~ Tuntas sudah misi revans dari Arema Cronus kepada Semen Padang. Dengan skor 2-1,  Singo Edan mengirim pulang Semen Padang dengan tangan hampa dari Stadion Kanjuruhan, Sabtu (4/10) petang, dalam partai Grup K babak delapan besar Indonesia Super League 2014.
    Samsul Arif Munip menjadi pahlawan publik Aremania dengan dua golnya, namun perlawanan sengit mampu diberikan Semen Padang ketika laga memasuki menit-menit akhir. Meski akhirnya tim arahan Jafri Sastra harus puas dengan hasil akhir 2-1.
    Babak Pertama
    Semen Padang sebenarnya mengawali laga dengan baik ketika Yu Hyun Koo mengirim umpan langsung kepada Osas Saha yang gagal diteruskan menjadi gol. Namun Arema Cronus berhasil unggul cepat di menit ketujuh lewat Samsul Arif. Striker timnas Indonesia itu mampu memanfaatkan kemeluat di kotak penalti Semen Padang untuk mengkonversi peluang menjadi gol!
    Tak ubah layaknya pertemuan kedua tim di fase wilayah, Semen Padang masih nampak mengandalkan serangan balik untuk menembus pertahanan Arema. Tapi di sisi lain, Arema leluasa memainkan umpan-umpan kombinasi yang mudah menembus pertahanan Semen Padang yang bercelah.
    Menit ke-20 Beto Goncalves mendapatkan kans emas ketika tanpa kawalan di kotak 16, tapi bomber yang sudah mengoleksi sembilan gol itu gagal mengkonversinya menjadi gol. Lima menit kemudian, giliran Airlangga yang punya kesempatan untuk menyamakan kedudukan. Tapi Purwaka yang menjadi tandem Victor Igbonefo sigap memblok sepakkan dari eks Persib Bandung itu.
    Hendra Bayauw yang di pertemuan sebelumnya kerap jadi ancaman bagi Arema, sore ini tak dapat berbuat maksimal di mana pemain asal Maluku itu terus mendapat pengawalan ketat dari Alfarizi sekaligus lebih sering turun membantu pertahanan.
    Pada menit ke-37 lewat sepak pojok, Ahmad Bustomi membuat Jandia Eka terkejut. Tendangan  corner dari Bustomi menukik tajam ke tiang jauh dari gawang Semen Padang, dan membuat Jandia Eka bekerja keras untuk mentip bola. Arema terus mendominasi sejauh ini.
    Jelang turun minum Semen Padang mampu menyamakan kedudukan lewat skema bola mati. Tendangan bebas Seftia Hadi mengarah ke tiang jauh dan mampu diserobot Osas Saha untuk menjadi gol. Tapi apa yang terjadi, gol tersebut dinyatakan tidak sah karena di posisi lain Esteban Vizcarra dalam posisi  offside sekaligus menghalangi pergerakan Kurnia Meiga. Dengan begitu, paruh pertama tetap milik tuan rumah Arema dengan keunggulan 1-0.
    Babak Kedua
    Samsul Arif Munip langsung membuat lini belakang Semen Padang kocar-kacir ketika babak kedua baru dimulai. Pemain mungil itu melewati Saepuloh, Yu Hyun Koo dan Novan Setya untuk menerobos masuk kotak penalti. Beruntung Jandia Eka tak ikut takluk dan berhasil menghalau tendangan eks Persibo Bojonegoro itu.
    Lima menit kemudian, atau tepatnya menit ke-52, giliran Gustavo Lopez yang melepaskan tendangan keras jarak jauh setelah melewati hadangan pemain Semen Padang. Jandia Eka pun melakukan penyelamatan berkelas untuk menepis bola yang mengarah ke sisi kiri gawangya.
    Tim tamu benar-benar dibombardir oleh Arema. Samsul Arif kembali mengancam, kali ini lewat tendangan spekulatif dari luar kotak penalti. Kali ini mistar gawang memuntahkan bola tendangan dari Samsul Arif. Menit 62', Semen Padang melakukan pergantian kedua. Hengki Ardiles ditarik keluar digantikan Ricky Ohorella, sebelumnya Nur Iskandar masuk menggantikan Airlangga.
    Usaha Jafri Sastra dengan memasukkan pemain cepat seperti Ricky Ohorella dan Nur Iskandar belum bisa memberikan efek positif kepada daya gedor Semen Padang. Arema sendiri terus-menerus mengepung lawannya. Yu Hyun Koo tak berperan baik sebagai filter serangan dari Semen Padang, yang membuat Jandia Eka terus jatuh bangun menyelamatkan gawangnya.
    Menit 76' Osas Saha seharusnya bisa membuat gol penyama jika saja bola sodoran kepala dari Vizcarra mampu dijangkau mantan pemain Persiram Raja Ampat tersebut. Sayangnya Osas yang sudah bebas dari kawalan dan tak dalam posisi  offside  gagal menyambut bola operan Vizcarra di kotak penalti.
    Kanjuruhan bergemuruh menit ke-79 ketika Samsul Arif mencetak gol keduanya di laga ini. Berawal dari penetrasi Beto yang harus dijegal oleh Jandia Eka dengan meninggalkan sarangnya, bola pun tak bisa diamankan kiper Semen Padang tersebut dan jatuh di kaki Samsul. Tak banyak kompromi Samsul pun menceploskan bola ke gawang lawan yang sudah tak berpenghuni. Arema pun bisa lebih tenang karena kedudukan menjadi 2-0!
    Tim tamu ternyata belum habis dan belum menyerah. Nur Iskandar kembali menunjukkan kapasitasnya sebagai  super subs , ia mencetak gol untuk menipiskan defisit gol dengan sundulan memanfaatkan servis umpan silang dari Hendra Bayauw. 2-1 Semen Padang mengejar dengan tiga menit waktu normal tersisa.
    Vizcarra nyaris memudarkan kemenangan Arema di menit 89' ketika sundulannya hasil umpan sepak pojok dari Eka Ramdani nyaris menjebol gawang Kurnia Meiga untuk kali kedua. Beruntung ada Johan Alfarizi yang menghalau bola tepat di garis gawang. Ancaman belum habis, giliran Osas yang dua kali mampu mengelabui barisan bek Arema untuk melepaskan tembakkan. Tapi sontekan Osas hanya lemah dan Kabau Sirah  pun menyerah 2-1.
    Susunan Pemain

    Arema : Kurnia Meiga; Victor Igbonefo, Purwaka Yudi, Alfarizi, Thiery Gathuessi, Juan Revi, Gustavo Lopez, Ahmad Bustomi, Samsul Arif (81' Dendi Santoso), Alberto Goncalves, Cristian Gonzales (65' Benny Wahyudi).
    Cadangan : Kurniawan, I Gede Sukadana, Hendro Siswanto, Irsyad Maulana, Arif Suyono.


    Semen Padang : Jandia Eka; Saepuloh Maulana, Septia Hadi, Hengki Ardiles (62' Ricky Ohorella), Novan Setya, Yu Hyun Koo, Eka Ramdani, Hendra Bayauw, Esteban Vizcarra, Airlangga (51' Nur Iskandar), Osas Saha.
    Cadangan : Putra Sabilull, Valentino Telaubun, Jajang Paliama, M Rizal, Rudi

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Liga ISL : Arema Cronus 2-1 Semen Padang Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad
    Scroll to Top