• Latest News

    Powered by Blogger.
    Friday, April 4, 2014

    Valencia Takluk atas FC Basel 3-0

    Valencia Takluk atas FC Basel 3-0
    Liga Europa - FC Basel menempatkan satu kakinya di babak semifinal Europa League. Hasil ini merujuk kemenangan 3-0 Basel atas Valencia di leg pertama perempatfinal.

    Menjamu Valencia di St Jakob-Park, Jumat (4/4/2014) dini hari WIB, Basel tidak didukung fans lantaran pertandingan digelar tertutup. Basel harus menjalani sanksi ini menyusul aksi hooliganisme fans mereka yang melempar kembang api ke lapangan saat menang 2-1 atas Salzburg di babak 16 besar, pekan lalu. 

    Jalannya pertandingan cukup seimbang di 30 menit awal. Namun, setelah itu, konsentrasi para punggawa kelelawar Mestalla mengendur. Sementara Basel kian meningkatkan intensitas serangan.

    Hasilnya, Basel berhasil membuka keunggulan pada menit ke-34 lewat tendangan keras strikernya Matias Emilio Delgado yang bersarang di pojok gawang Vicente Guaita.

    Basel kian berada di atas angin karena berhasil menggandakan keunggulannya empat menit berselang. Kembali, Delgado memaksa Guaita memungut bola dari gawangnya. Kali ini, striker Argentina itu sukses memanfaatkan umpan silang kapten tim Philipp Degen, untuk membawa Basel unggul 2-0 di babak pertama.

    Di babak kedua, Valencia coba memberikan respons. Di menit ke-50, Paco Alcacer punya peluang memperkecil ketertinggalan saat menerima umpan Cartabia. Sayang, striker asal tidak cepat mengeksekusi bola sehingga peluang tersebut menjadi sia-sia.

    Lima menit berselang, giliran Eduardo Vargas yang punya peluang mencetak gol untuk Valencia. Sial, tendangan keras pemain pinjaman dari Napoli ini masih mampu dibendung kiper Basel, Yann Sommer.

    Basel terlihat bermain lebih ke dalam, demi menjaga keunggulan. Sementara Valencia terus menekan demi setidaknya mencari gol tandang.

    Menit 69, Vargas kembali punya peluang. Namun, kali ini sundulannya hanya tipis di atas mistar Sommer. Sepuluh menit berselang, Vargas kembali membuang peluang lantaran tidak cepat bereaksi saat mendapat bola di muka gawang.

    Di tengah upaya memperkecil ketertinggalan, gawang Valencia justru kembali bobol pada menit-menit akhir. Memanfaatkan serangan balik cepat, Valentin Stocker yang mendapat umpan terobosan, berlari sendirian ke kotak penalti Valencia dan kemudian melepaskan tembakan cungkil yang tak kuasa dibendung Guaita.

    Skor 3-0 untuk Basel bertahan hingga laga usai. Kemenangan ini praktis membuka lebar peluang Basel menyamai prestasi musim lalu di mana mereka sukses melaju hingga semifinal (sebelum disingkirkan Chelsea). Untuk menembus empat besar, Basel hanya butuh hasil imbang atau kalah tidak lebih dari tiga gol saat bertandang ke markas Valencia pada leg kedua, pekan depan.

    Susunan Pemain:

    Basel (4-3-3): Sommer; P. Degen, Schar, Sauro, Aliji; Xhaka, Serey Die, Diaz; D. Degen, Delgado, Stocker.

    Valencia (4-4-2): Guaita; Pereira, Senderos, Mathieu, Bernat; Feghouli, Keita, Parejo, Cartabia; Alcacer, Vargas
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Valencia Takluk atas FC Basel 3-0 Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top