• Latest News

    Powered by Blogger.
    Wednesday, September 10, 2014

    Timnas Indonesia Imbang Lawan Yaman

    Skuad Timnas Indonesia saat latihan

    Laga Ujicoba – Tim Nasional (Timnas) Senior Indonesia menghadapi Yaman pada pertandingan persahabatan yang digelar di Maguwoharjo, Sleman, Selasa (9/9/2014). Sejak menit pertama skuad asuhan Alfred Riedl tampil di bawah tekanan.

    Timnas Yaman berhasil beberapa kali mengancam pertahanan Timnas Garuda. Umpan-umpan daerah menjadi andalan tim lawan, yang nampaknya bisa mengancam skuad tuan rumah, sehingga skor sama kuat pun tidak berubah hingga pertandingan berakhir.

    Jalannya Pertandingan:

    Sejak menit pertama dimulai Timnas Indonesia sudah tampil di bawah tekanan oleh Timnas Yaman. Tepatnya pada menit ketiga, Yaman mencoba menusuk dari sisi kiri pertanan Indonesia, namun masih mampu diantisipasi dengan baik oleh para pemain pertahanan Skuad Garuda.

    Memasuki menit ke-10, Indonesia mulai kembali keluar dari tekanan dengan mencoba melakukan serangan-serangan yang cepat. Melalui pergerakan Irfan Bachdim dari sisi kiri pertahanan Yaman, pemain keturunan Belanda itu berhasil merangsek masuk dan memberikan umpan tarik kepada Firman Utina, sayang kapten Persib Bandung tersebut lebih dahulu mampu disamber bek lawan.

    Pada menit ke- 18 tim Jazirah Arab ini hampir mengungguli tim tuan rumah namun sepakan Al- Jarsih dari luar kotak penalti hanya mampu terbentur tiang.

    Hingga memasuki pertengahan babak pertama Indonesia masih dalam tekanan, tepatnya pada menit ke- 22 kembali Timnas Yaman mendapatkan peluang, kali ini hadir dari tembakan jarak jauh Abdulwasea. Namun, sepakan pemain sayap Yaman itu hanya melebar tipis pada mistar gawang Indonesia yang di jaga Kurnia Meiga.

    Kartu kuning perdana pada laga ini hadir untuk pemain Indonesia, melalui Muhammad Roby setelah melanggar salah satu pemain Yaman di area pertahanan Indonesia. Namun, tembakan bebas pemain tim tamu hanya mampu menghasilkan sepakan pojok setelah bola mengenai pemain Indonesia.

    Kembali skuad asuhan Sami Hasan Al Nash itu mengancam gawang Indonesia pada menit ke- 30, melalui serangan balik yang cepat dari sektor kanan pertahanan Indonesia. Abdulwasea yang hanya tinggal berhadapan dengan Kurnia Meiga, namun akibat kurang tenang bola berhasil direbut penjaga gawang asal Arema Cronus itu.

    Menjelang berakhirnya babak pertama Timnas Indonesia mulai menemukan ritme permainannya dan mengancam pertahanan Timnas Yaman. Tepatnya pada menit ke-40, Zulham Zamrun yang melakukan penetrasi mampu melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun sayang sepakannya masih belum menemui sasaran.

    Hingga berakhirnya babak pertama, kedua kesebelasan masih sama kuat 0-0. Hal ini cukup beruntung mengingat skema serangan yang diterapkan Timnas Yaman cukup membuat Timnas Indonesia kerepotan.

    Masuki babak kedua, Timnas Indonesia merubah komposisi permainan dengan memasukan Dedi Hartono menggantikan Zulham Zamrun. Pemain Mitra Kukar itu memang tampil di bawah penampilan terbaiknya, ia beberapa kali gagal memberikan kontribusi yang nyata untuk Timnas Garuda di interval pertama.

    Dua menit babak kedua dimulai Indonesia mencoba memberikan tekanan, sayang umpan Firman Utina yang akan disodorkan ke Irfan Bachdim masih terlalu deras, sehingga penjaga gawang Yaman masih mampu mengamankannya.

    Sepuluh menit pertama di babak kedua Timnas Indonesia tampil cukup membaik dibandingkan pada babak pertama tadi. Beberapa kali Skuad Garuda mampu memberikan ancaman kepada lini pertahan Timnas Yaman, kembali melalui Irfan Bachdim, namun pergerakan mantan pemain Persema Malang itu masih mampu diantisipasi oleh pemain belakang lawan.

    Keasyikan menyerang Indonesia justru kembali nyaris kebobolan, Yaman mendobrak melalui aksi Al- Matari yang berhasil lolos dari penjagaan para pemain belakang Indonesia. Namun, sepakannya yang hanya sudah berhadapan dengan Kurnia Meiga masih melambung jauh di atas mistar gawang Indonesia.

    Menginjakkan 20 menit babak kedua, Indonesia kembali melakukan pergantian pemain. Tiga pemain langsung dimasukan oleh pelatih Riedl, yakni Muhamad Iskandar, Syamsul Arif, dan Ahmad Bustomi. Mereka masing-masing masuk mengantikan Firman Utina, Christian Gonzalez, dan Hariono.

    Indonesia masih terus tertekan oleh permainan aktratif yang diperagakan skuad berjuluk Al-Yemen tersebut. Permainan Timnas Indonesia masih belum terlihat berkembang dan kesalahan-kesalahan umpan masih kerap terjadi pada area permaianannya mereka sendiri.

    Hal itu terbukti saat Yaman kembali mendapat peluang setelah kesalahan Ahmad Bustomi dalam upayanya memberikan umpan, yang kemudian direbut oleh pemain pengganti dari kubu Yaman, Al-Abidi. Beruntung Muhammad Robby masih mampu menutup pergerakan pemain tersebut dengan melakukan sebuah pelanggaran.

    Kembali para pendukung Garuda harus menahan napas, setelah Abdulwasea yang sudah lolos dari perangkap off-side dan langsung berhadapan dengan Kurnia Meiga. Namun, penyelesaian pemain sayap Yaman itu masih belum menemui sasaran.

    Hamka Hamzah cs tetap berada dalam tekanan. Tepatnya pada menit ke-74 antisipasi kurang sempurna dari Muhammad Robby berhasil dicuri oleh Al-Matari, ia yang bergerak bebas langsung menyepak bola ke sebelah kiri gawang Kurnia Meiga, beruntung adik dari Ahmad Kurniawan itu mampu menepis sepakan penyerang Yaman tersebut.

    Tiga menit berselang, Yaman lagi-lagi membuat Kurnia Meiga harus bekerja lebih keras guna mengamankan gawangnya dari kebobolan. Sepakan dari luar kotak yang dilesakan Al-Halfi masih mampu diantisipasi Kurnia Meiga.

    Sepuluh menit menjelang laga usai, Indonesia memiliki peluang setelah pemain penganti Raphael Maitimo mencoba melakukan tembakan dari jarak jauh. Namun, tembakan melebar tipis di atas mistar gawang Yaman yang dijaga Waleed.

    Indonseia masih terus berupaya membongkar lini pertahanan Timnas Yaman. Akan tetapi, usaha yang dilakukan para skuad Garuda itu masih menemukan jalan buntu, beberapa upaya yang mereka lakukan masih mampu diamankan oleh para pemain bertahan Yaman.

    Hingga peluit panjang kedudukan sama kuat 0-0 tidak berubah, hasil yang cukup adil untuk para pemain Indonesia. Mengingat memang sepanjang pertandingan ini Timnas Garuda gagal menampilkan permainan yang memuaskan di depan publiknya sendiri.

    Susunan Pemain

    INDONESIA: Kurnia Meiga; Supardi, Muhammad Robby, Hamka Hamzah, Tony Sucipto; Zulham Zamrun, Hariono, Firman Utina, Hendro Siswanto; Christian Gonzalez, Irfan Bachdim

    YAMAN: Waleed; Mudir, Fuad, Waheed, Ala; Ahmed, Abdulwasea, Buqshan, Mohammed; Marwan, Al-Jarshi.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Timnas Indonesia Imbang Lawan Yaman Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad
    Scroll to Top