• Latest News

    Powered by Blogger.
    Wednesday, February 19, 2014

    Barcelona Bungkam Manchester City Di Etihad Stadium


    Selebrasi Para Pemain Barcelona (foto: Reuters)
    Selebrasi Para Pemain Barcelona (foto: Reuters)
    Liga Champions – Barcelona berhasil memenangkan laga penting kala bertandang ke Etihad Stadium, markas Manchester City, Rabu 19 Februari 2014, dini hari WIB. Satu gol penalti Lionel Messi, dan sumbangan dari Dani Alves membuat Blaugranamenang 2-0 atas The Citizens di leg pertama babak 16 besar Liga Champions.
     
    Permainan sempat berakhir tanpa gol di babak pertama. Namun kartu merah yang didapat Martin Demichelis di menit ke-53 membuat perbedaan, sekaligus menjadi kunci kesuksesan Barca atas City di Leg pertama ini.
     
    Pelatih City, Manuel Pellegrini memilih Alvaro Negredo untuk bertarung di depan sendirian, dengan bantuan dari lini belakang, yang bakal diisi oleh David Silva. Sementara, Barca membangku cadangkan Neymar, untuk membiarkan Andres Iniesta menemani Alexia Sanchez dan Lionel Messi di depan.
     
    Namun pada awal pertandingan, Barca yang terkenal dengan penguasaan bolanya, membuat City yang bertindak sebagai tuan rumah bermain bertahan. Sesekali City mampu merebut bola, namun Barca hanya membiarkan tuan rumah untuk bisa membawanya hanya sampai ke tengah lapangan. Namun hingga 10 menit berjalan tidak ada peluang yang membahayakan dari kedua tim.
     
    Negredo mengancam pertahanan Barca, setelah mendapatkan terobosan di menit ke-18. Sayang setelah lolos dari kepungan Valdes, sepakan mantan pemain Sevilla itu hanya melewati depan gawang Barca.
     
    Terjadi kemelut di depan gawang Barca pada menit ke-25. Berawal dari set piece yang dilakukan oleh David Silva, bola gagal disambar oleh Valdes yang keluar dari sarangnya. Praktis bola liar menjadi rebutan Yaya Toured an Pique, namun dengan cepat Valdes kembali mengamankan bola.
     
    Semenit menjelang pertandingan babak pertama bubar, Negredo kembali mendapatkan peluang. Lagi-lagi memanfaatkan crossing dari Jesus Navas dari sayap kanan, sayang sundulannya masih melenceng ke kanan gawang Valdes. Peluang dari Negredo menutup babak pertama yang berakhir tanpa gol.
     
    Mengawali babak kedua, City mendapatkan malapetaka. Ketika laga memasuki menit ke-52. Berawal dari pergerakan Messi yang lolos dari kejaran Demichelis, sayang bek asal Argentina itu menghambat laju La Pulga di kotak terlarang, yang membuat City mendapatkan ganjaran penalti.
     
    Demichelis pun mendapatkan kartu merah, lantaran dirinya orang terakhir yang mengejar Messi. Sementara eksekusi berhasil dijalankan dengan baik oleh Messi, untuk membawa Barca unggul 1-0 atas tuan rumah City menit ke-54.
     
    Merespons keadaan, Pellegrini langsung melakukan dua pergantian pemain. Di mana Jesus Navas dan Aleksandar Kolarov ditarik keluar untuk menggantikan Jeleon Lescott dan Samir Nasri pada menit ke-58.
     
    Meski bermain dengan 10 pemain, namun dengan masuknya Nasri, permainan City lebih berani untuk melepaskan tekanan Barca. Alhasil pada menit ke-62, Nasri mampu memberikan ancaman, meski tendangannya masih bisa diblok Pique.
     
    Kesempatan bagus didapat oleh Dani Alves, ketika pertandingan memasuki menit ke-68. Pemain internasional Brasil itu mampu menusuk ke jantung pertahanan tuan rumah, sayang sepakannya masih menyamping di sisi kanan gawang Hart.
     
    City mendapatkan peluang emas untuk menyamakan skor, melalui kerja sama apik Zabaleta-Silva. Akan tetapi tendangan kaki kanan yang dilesakkan oleh Silva, hanya jatuh ke pelukan Valdes. Skor 1-0, masih untuk keunggulan Barca menit ke-77.
     
    Menit ke-81 Barca bisa saja memperlebar kedudukan menjadi 2-0, andai posisi Fabregas tidak terjebak offside. Sementara menit ke-85, City gantian mendapatkan peluang, sayang sebelumnya pemain asal Bosnia itu telah melakukan pelanggaran.
     
    Detik-detik pertandingan babak kedua berakhir, City menggencarkan serangannya ke jantung pertahanan Barca. Namun barisan lini terakhir Blaugrana masih terlalu tangguh untuk ditembus lini gedor The Citizens.
     
    Derita City tak berujung di penalti Messi saja, karena Dani Alves berhasil menggandakan keunggulan Barca. Lewat kerja sama apik dengan Neymar, Alves mampu mengulangi peluang pertamanya dengan membuahkan gol untuk membuat skor menjadi 2-0.
     
    Gol dari Alves menandakan selesainya pertandingan leg pertama babak 16 besar antara Manchester City dengan Barca. Jelas ini menjadi langkah yang sangat berat bagi City untuk bisa lolos ke babak perempatfinal, sementara dua gol yang dicetak di Etihad Stadium, membuat Barca menapaki satu kaki mereka di babak delapan besar.
     
    Susunan Pemain:
    Man. City: J. Hart, 4. V. Kompany, 26. M. Demichelis, 22. G. Clichy, 5. P. Zabaleta, 13. A. Kolarov (Lescott 58’), 21 . David Silva, 42. Y. Toure, 15. Jesús Navas (Nasri 58’), 25. Fernandinho, 9 . Negredo (Dzeko 74’)
     
    Barcelona: 1. Víctor Valdés, 22. Dani Alves, 3. Pique, 18. Jordi Alba, 14. J. Mascherano, 4. Fabregas (Sergi Roberto 86’), 8. Iniesta, 6. Xavi, 16. Busquets, 10. L. Messi, 9. A. Sánchez (Neymar 74’)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Barcelona Bungkam Manchester City Di Etihad Stadium Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top