• Latest News

    Powered by Blogger.
    Friday, August 23, 2013

    Defisit Gol Untuk Persib Bandung

    Skuad Persib Bandung. (Foto: Koran SINDO)
    Skuad Persib Bandung. (Foto: Koran SINDO)


    LIGA INDONESIA ISL - Persib Bandung bukan hanya dituntut menang pada empat pertandingan terakhir Indonesia Super League (ISL) 2013. Persaingan ketat di papan atas klasemen menuntut Pangeran Biru menambah koleksi pundi-pundi gol mereka.

    Saat ini, setidaknya terdapat empat tim papan atas yang salng sikut memperebutkan posisi kedua di akhir kompetis musim 2013. Yaitu Arema Cronous, Persib Bandung, Mitra Kutai Kartanegara, dan Sriwijaya FC. Keempatnya masih berambisi dan berpeluang menjadi runner up dan lolos ke Piala AFC musim depan.

    Persaingan paling ketat terjadi antara Persib dan Arema. Sama-sama menuntaskan tiga puluh pertandingan, keduanya memiliki poin 59. Dari tiga puluh laga, Arema berhasil memenangkan delapan belas pertandingan, lima kali seri, dan tujuh kali mengalami kekalahan. Sedangkan Persib mengoleksi tujuh belas kemenangan, delapan hasil seri, dan lima kekalahan.

    Namun, Arema memiliki catatan gol lebih baik hingga mereka masih bercokol di peringkat kedua. Tim asal Malang ini 63 kali membobol gawang lawan. Dengan hanya 29 kali mengalami kebobolan, Kurnia Mega dkk memiliki nilai goal difference 34. Sedangkan Persib harus rela menempati posisi tiga sementara karena catatan golnya di bawah Arema.

    Selama kompetis musim ini berjalan, lini depan Pangeran Biru yang mengandalkan Sergio van Dijk sebenarnya memiliki produktivitas lebih baik. Total, 67 bola sudah dilesakkan Persib ke gawang tim lawan. Namun, angka kebobolan yang juga tinggi, yaitu 37, membuat catatan goal difference tim kebanggaan warga Bandung dan Jawa Barat ini hanya berada di angka 30. Selisih nilai empat gol dari Arema inilah yang harus dikejar Persib, menjaga jika terjadi kesamaan nilai di akhir musim nanti.

    Pelatih Persib Djadjang ‘Djanur’ Nurdjaman menyadari betul kondisi tersebut. Dia pun berambisi memperbaiki catatan goal difference anak asuhnya di empat pertandingan terakhir. Saat ini, Pangeran Biru menyisakan satu laga kandang dan tiga pertandingan tandang. Yaitu melawan Persiram Raja Ampat di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (24/8/2013); dan menyambagi markas Persija Jakarta, Persipura Jayapura, dan Persiwa Wamena.

    Perjalanan Atep dkk memang terasa berat, sekalipun untuk memenangkan sejumlah lawan di laga terakhir. Namun, mau tak mau Persib harus mengamankan poin sekaligus memperbaiki catatan gol jika ingin berlaga di kompetisi level Asia, Piala AFC.

    “Ya, dengan kondisi persaingan yang terus memanas di papa atas, poin sepertinya bukan satu-satunya hal yang nantinya menentukan peringkat para peserta. Poin sama di akhir kompetisi musim ini sangat mungkin terjadi, bahkan dialami Persib. Karena itu selain mengalahkan lawan, kami juga harus memperbanyak gol dan mengurangi kebobolan di laga tersisa. Jadi, baik itu sector penyerangan maupun pertahanan, harus tampil maksimal dan kerja keras,” ucap Djanu
    r
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Defisit Gol Untuk Persib Bandung Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top