• Latest News

    Powered by Blogger.
    Monday, December 29, 2014

    Polemik Penerapan Kartu Putih Pada Sepakbola

    Michel Platini ""Kartu Putih Bikin Pertandingan Lebih Seru"
    Info FIFA – Michel Platini sering mengemukakan ide-ide yang inovatif tapi terkesan ganjil. Presiden UEFA (Badan Sepakbola Eropa) itu kembali ingin menggalakkan salah satu gagasan barunya, yakni penerapan kartu putih di lapangan.

    Kartu putih ini penggunaannya berbeda dengan kartu kuning dan merah yang lebih pada persoalan teknis. Seperti yang sudah diterapkan di olahraga hoki es dan rugbi, kartu putih ini akan memvonis pemain yang perilakunya melanggar di lapangan.

    Si pemain yang kedapatan melakukan diving atau mengkritik wasit secara berlebihan, akan diusir keluar lapangan selama lima atau 10 menit, untuk kemudian bisa kembali masuk lapangan.

    “Kartu putih adalah inisiatif baru. Hukuman ini terkait pada perilaku pemain. Play-acting, kritik di lapangan, hal-hal yang tak diterima publik yang mencintai sepakbola,” papar Platini pada Sport Conference di Dubai.

    “Kartu kuning masih akan eksis, tapi mungkin pertandingan akan lebih seru dengan kartu lainnya (kartu putih). Dengan kartu putih, takkan ada sanksi. Saya pikir, kita bisa belajar dari olahraga lain seperti rugbi, yang sudah menggunakan sistem ini,” lanjutnya kepada Hurriyet Daily News, Senin (29/12/2014).

    Lebih jauh, mantan maestro Juventus dan tim nasional Prancis itu juga menyatakan ingin menyederhanakan regulasi offside. Tujuannya, agar lebih dimengerti para pecinta si kulit bundar secara luas.

    “Ada beberapa tipe pertaruran offside yang berbeda. Sulit untuk menemukan standar yang umum dan etis untuk menyederhanakan peraturan ini. Tapi kita juga harus membuat orang-orang yang terbiasa menonton lewat TV untuk bisa memahami offside,” tuntasnya.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Polemik Penerapan Kartu Putih Pada Sepakbola Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad
    Scroll to Top