• Latest News

    Powered by Blogger.
    Monday, May 12, 2014

    Timnas Indonesia Menang Tipis Atas ASEAN All-Star


    Raphael Maitimo mencoba melewati hadangan pemain ASEAN All-Star. (Foto: Arif Julianto/Okezone)
    Raphael Maitimo mencoba melewati hadangan pemain ASEAN All-Star
    UJI COBA - Indonesia memang mampu menang tipis 1-0 atas Asean All Star, di Gelora Bung Karno (11/5/2014). Sayang, kemenangan Garuda di pertandingan amal ini diiringi siulan suporter untuk beberapa pemain Timnas.



    Ya, terhitung beberapa pemain Persib Bandung mendapatkan siulan dari suporter Persija Jakarta yang tetap berada di stadium setelah pertandingan Persija Ajax Amsterdam. Ironis, jika mengingat pertandingan ini merupakan pertandingan Timnas Indonesia.



    Mengenakan jersey berwana merah, Indonesia yang dikapteni oleh Firman Utina, menurunkan beberapa pemain anyar di antaranya Steven Anderson Imbiri dan Rizki Rizaldi Pora.



    Sementara Asean All Star yang dikepalai oleh Datuk K. Rajagobal bermain tanpa penyerang asal Thailand, Teerasil Dangda di lini depan dan digantikan oleh duet Le Cong Vinh dan Mohammad Shahril Bin Ishak



    Sejak kick off dimulai, anak-anak asuh Alfred Riedl sempat mendapakan ancaman melalui serangan sporadis yang dibangun Le Cong Vinh. Namun pertahanan Garuda masih dapat membendungnya.



    Memasuki angka sembilan, Indonesia perlahan mendominasi permainan dan mengurung pertahanan Asean All Star. Supardi membuka serangan terlebih dahulu setelah mendapatkan umpan Talaohu Abdulmushafry. Namun sayang sepakannya masih melambung tinggi diatas gawang All Star yang dikawal Hassan Bin Abdullah Sunny.



    Lagi, Indonesia mengancam satu menit berselang. Kali ini T.A. Mushafry yang mengancam melalui sepakannya. Namun bola kembali 'enggan' memasuki gawang All Star dan melebar di samping kiri gawang.



    Mushafry! Ya, pemain Pelita Bandung Raya (PBR) ini akhirnya turut andil bagi terciptanya gol Indonesia di menit 13. Berawal dari sepak pojok, sundulannya dapat ditepis Hassan dan sayang setelahnya, kemelut di depan gawang All Star terjadi. Bola liar yang lepas dari tepisan Hassan, coba dibuang pemain bertahan All Star, Safiq Rahum, namun bola justru ditendang masuk ke gawang sendiri. 1-0 Indonesia unggul.



    Berjalan hingga 32 menit, All Star yang hanya memiliki waktu singkat untuk mempersiapkan diri di Indonesia. Bermain cukup apik dan membangun beberapa serangan yang mengancam gawang Dian Agus Prasetyo. Namun kurangnya penyelesaian akhir, membuat skor tetap tak berubah 1-0.



    Dian Agus akhirnya melakukan penyelamatan pertamanya pada pertandingan ini di menit 36. Nguyen Van Quyet meliuk-liuk memasuki kotak 16 Indonesia dan melakukan tendangan yang mengarah ke gawang. Peluang tadi pun menutup babak pertama untuk keunggulan Firman Utina dkk dengan skor 1-0.



    Pergantian pemain, banyak dilakukan Timnas Indonesia maupun All Star di babak kedua ini mengingat ini hanya sebuah pertandingan persahabatan. Pergantian pemain pun tak dibatasi.



    Meski sejumlah pemain baru masuk di babak kedua ini, namun pertandingan cenderung berjalan dengan intensitas normal dan kedua tim silih berganti melakukan serangan hingga menit memasuki angka 65.



    Catatan menarik terjadi sedari babak pertama, di mana tiap kali Firman, Hariono, Supardi dan terakhir Ferdinand Alfred Sinaga yang bermain untuk Persib Bandung, memegang bola, selalu mendapatkan siulan dari suporter yang berada di Gelora Bung Karno.



    Zulham Malik Zamrun yang bermain keluar dari posisinya di babak kedua ini, bermain lebih menyerang dan mampu membuat penjaga gawang Asean All Star terbang mengamankan bola.



    Meski unggul sementara, kurangnya penyelesaian akhir terlihat jelas dialami Timnas Indonesia di pertandingan amal ini. Tugas berat bagi Riedl yang mempersiapkan timnya untuk Piala AFF mendatang.



    Hingga peluit panjang berbunyi, tidak ada lagi gol yang tercipta malam ini. Satu-satunya gol untuk Indonesia, dihasilkan melalui gol bunuh diri pemain All Star, Safiq Rahim di menit 13 dan berakhir dengan skor 1-0.



    Susunan Pemain:
    Indonesia: 22 Dian Agus Prasetyo/12 I Made Wirawan (46)/1 Choirul Huda (71); 11 Rizki Rizaldi Pora/2 Novan Setya Sasongko (80), 13 Achmad Jufriyanto/5 Fachruddin Wahyudi Aryanto (46), 16 M. Roby/4 Ricardo Salampessy (46),21 Supardi/3 Zulkifli Syukur (46); 7 Zulham Malik Zamrun, 15 Firman Utina/8 Raphael Maitimo (46), 18 Manahati Lestusen/9 Immanuel Padwa (68), 20 Steven Imbiri/14 Dedi Hartono (46), 23 Hariono/6 Asri Akbar (46); 19 TA Mushafry/17 Ferdinand Alfred Sinaga (68).



    ASEAN All-Star: 1.Hassan Bin Abdullah Sunny, 5. Mohamad Aidil Zafuan bin Abdul Radzak, 6. Mahalli bin Jasuli, 12. Troung Dinh Luat, 15. Thein Than Win, 11. Nguyen Van Quyet, 17. Hariss SO Harun, 20. Safiq Ibrahim, 22. Emelio Asada Caligdong (21. Soe Ming OO 37') 9. Mohammad Shahril bin Ishak, 10. Le Cong Ving.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Timnas Indonesia Menang Tipis Atas ASEAN All-Star Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top