• Latest News

    Powered by Blogger.
    Thursday, June 20, 2013

    Kandaskan Meksiko, Selecao ke Semifinal

    Neymar, dengan sepakan voli kaki kirinya membobol gawang Meksiko. (Foto: Reuters)
    Neymar, dengan sepakan voli kaki kirinya membobol gawang Meksiko. (Foto: Reuters)
    FORTALEZA - Penampilan gemilang yang ditunjukkan Neymar membawa Brasil menaklukkan Meksiko pada pertandingan lanjutan Grup A Piala Konfederasi 2013. Pemain Barcelona tersebut mencetak satu gol dan satu assist, yang membuat Selecao menang 2-0, sekaligus memastikan diri melaju ke semifinal.

    Pada pertandingan yang dihelat di Stadion Castelao, Kamis (20/6/2013) dini hari WIB tersebut, secara statistik, El Tricolor sebenarnya mampu mengimbangi permainan Brasil. Namun, efektivitas yang ditunjukkan Selecao membuat mereka mampu menyarangkan gol-gol pada awal dan akhir laga. Sementara Meksiko kerap gagal memanfaatkan peluang.

    Dengan kemenangan ini, Brasil kian mantap di puncak klasemen Grup A dengan poin enam, sedangkan Meksiko tetap di peringkat tiga dan belum meraih satu pun poin. Dengan perolehan poin tersebut, Selecao dipastikan menjadi tim pertama yang melaju ke babak semifinal.

    Jalannya pertandingan
    Babak I
    Tampil di hadapan puluhan ribu pendukungnya, Selecao langsung menerapkan pola permainan menyerang. Beberapa kali Neymar, Hulk, dan Fred saling bekerja sama untuk mendobrak pertahanan Meksiko. Sementara itu, Meksiko hanya sesekali mencoba balas menyerang dan menusuk pertahanan tim tuan rumah.

    Pada menit kesembilan, Castelao pun bergemuruh saat Neymar membawa Brasil unggul. Diawali serangan di sisi kiri pertahanan Meksiko, Dani Alves kemudian melepaskan umpan lambung ke dalam kotak penalti, yang mampu dihalau bek Meksiko. Bola pun kemudian menuju Neymar yang langsung melakukan tendangan voli. Gol! Brasil unggul 1-0.

    Memasuki menit 14, Brasil nyaris menggandakan keunggulan lewat Dani Alves yang men-chip bola setelah melihat kiper Meksiko, Jose Corona terlalu maju. Beruntung bagi tim Meksiko, karena Corona masih mampu menghalau bola yang nyaris masuk ke gawangnya, sehingga kedudukan pun masih belum berubah.

    Pergerakan Neymar kembali memukau. Pada menit 23, setelah mendapat umpan lambung, Neymar, yang sebenarnya mendapat penjagaan dari dua pemain Meksiko, mengontrol bola mendekati kotak penalti. Pemain Barcelona itu pun kemudian melakukan tendangan kaki kiri dengan keras, meskipun masih melambung di atas mistar gawang Corona.

    Berikutnya, justru Meksiko yang menjadi lebih leluasa dalam melakukan serangan ke daerah pertahanan Brasil. Namun, hingga wasit menyudahi paruh pertama, tak ada gol tambahan tercipta, sehingga Selecao pun masih dalam keadaan unggul 1-0.

    Babak II
    Memasuki interval kedua, Brasil masih menunjukkan dominasinya. Bahkan, saat laga baru berjalan dua menit, berawal dari tendangan bebas, Thiago Silva mampu membuat bola bersarang di gawang Meksiko. Namun, hakim garis rupanya menganggap telah terjadi offside sehingga wasit pun kemudian menganulir gol tersebut.

    Pada menit 55, peluang emas didapat Selecao. Hulk mencoba bermain satu-dua dengan Neymar dan membuatnya tinggal berhadapan dengan Corona. Namun, pemain Zenit St. Petersburg tersebut terlalu terburu-buru dalam menuntaskan peluang, sehingga bola hasil sepakan kaki kirinya masih melebar dari sasaran. Kedudukan masih 1-0 untuk Brasil.

    Tujuh menit berselang, giliran Meksiko yang menciptakan peluang bagus. Diawali pergerakan brilian Giovani dos Santos, bola kemudian dikirim kepada Javier Hernandez yang siap menyambut. Namun, David Luiz dengan gemilang melakukan slide dan membuat bola keluar lapangan. Gawang Cesar pun masih aman dari kebobolan.

    Pada masa injury time, tepatnya menit 93, Brasil akhirnya menambah keunggulan menjadi 2-0. Menguasai bola di sisi kanan pertahanan Meksiko, Neymar menampilkan skill individunya dengan melewati dua pemain Meksiko sebelum melepaskan umpan yang langsung disambut oleh Jo. Gol! Dan, tak berselang lama, pertandingan pun berakhir dengan skor 2-0 untuk Selecao.
     
    Susunan pemain:
    BRASIL:
    Cesar, Dani Alves, Thiago Silva, David Luiz, Marcelo, Gustavo, Paulinho, Oscar (Hernanes 62’), Hulk (Moura 78’), Fred (Jo 82’), Neymar

    MEKSIKO:
    Corona, Rodriguez, Salcido, Torrado (Jimenez 88’), Dos Santos, Moreno, Guardado, Torres (Barrera 70’), Mier, Flores (Herrera 58’), Hernandez
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Kandaskan Meksiko, Selecao ke Semifinal Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top