• Latest News

    Powered by Blogger.
    Saturday, October 26, 2013

    PSSI Lakukan Verifikasi Hasil Playoff IPL


    Info Liga Indonesia IPL - Babak playoff IPL akhirnya rampung hari ini, Jumat (25/10/2013). Enam klub akhirnya sudah diputuskan untuk lolos ke tahap verifikasi, kendati tidak akan ada laga menghadapi Semen Padang untuk menentukan juaraplayoff.


    Hasil dari babak playoff adalah sebagai berikut: dari Grup K, Pro Duta FC berhasil sebagai juara, disusul PSM Makasar di posisi dua, dan Persijap Jepara di posisi tiga. Sementara pada Grup L, Persepar Palangkaraya keluar sebagai juara, diikuti Persiba Bantul di posisi kedua, dan Perseman Manokwari di posisi ketiga.



    Dua juara grup direncanakan akan melakoni satu pertandingan lagi untuk menentukan juara babak playoff, di Bantul, Senin, 28 Oktober nanti.



    Awalnya, tiga tim teratas dari masing-masing grup, plus Semen Padang, akan menjalani tahapan verifikasi. Dari tujuh tim tersebut hanya empat yang akan lolos, dengan nilai verifikasi tertinggi, dan bisa berkompetisi Liga Indonesia musim depan.



    Sementara, pemenang babak playoff ini tadinya juga dijadwalkan akan menghadapi Semen Padang (pemegang wild card, dan juara IPL, red), gagal terlaksana, dan kebetulan Semen Padang juga harus mengikuti turnamen persahabatan internasional, Piala Binh Duong Television (BTV).



    "Kami (PSSI) harus memutuskan hal prioritas. Kami tidak ingin menahan Semen Padang untuk berpartisipasi di kompetisi BTV, tidak pas saja, itu yang dipertimbangkan," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Joko Driyono, ketika ditemui di kantor PSSI, Jumat (25/10/2013).



    "Lagipula, kompetisi IPL secara reguler sudah dihentikan. Tidak bisa sepenuhnya dibilang ini kompetisi IPL, karena kompetisi dihentikan PSSI. Pemenang pertandingan, tidak apa-apa disebut juara final playoff.

    Rencananya, 7 klub yang sudah tersaring dari babak playoff ini akan dikumpulkan untuk melakukan proses verifikasi. Tujuh klub ini akan bergabung bersama 18 klub ISL yang sudah lolos verifikasi, pada November mendatang.

    "Kami berencana untuk mengundang 25 klub ini (18 dari klub ISL dan 7 dari klub IPL) untuk menyampaikan regulasi baru, proses verifikasi, dan seterusnya," kata Joko.

    "Idealnya satu bulan setelah pertemuan PSSI ini tim verifikasi akan mulai bekerja, ya minimal minggu ketiga November atau awal Desember, agar punya waktu untuk pre-season," ujarnya.

    Setelah itu, baru tim verifikasi bisa memberikan penilaian sesuai standar ideal sebuah klub profesional. Aspek itu meliputi, aspek hukum, personel dan administrasi, keuangan, infrastruktur, dan keolahragaan.

    "Tim verifikasi akan melihat, dari 25 klub ini mana yang memenuhi syarat aspek-aspek tersebut. Nanti yang tujuh klub IPL tetap akan mengisi empat slot pada musim depan, sementara 18 slot untuk ISL," ujarnya kemudian.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: PSSI Lakukan Verifikasi Hasil Playoff IPL Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad
    Scroll to Top