• Latest News

    Powered by Blogger.
    Wednesday, June 5, 2013

    Profil Zulkifli Sukur (Mitra Kukar)

    Zulkifli Syukur merupakan salah seorang pemain belakang andalan Mitra Kukar di kompetisi Indonesia Super League 2012/2013.

    Pemain asal Makassar yang akrab disapa Zul ini memang sudah gemar bermain sepakbola sejak masih duduk di bangku kelas 3 Sekolah Dasar Negeri Sudirman, tepatnya saat ia berusia 8 tahun.

    Begitu pulang dari sekolah, Zul kecil selalu mengambil bola. Kadang bermain bola di depan rumah, atau main di lapangan Hasanuddin dan Karebosi bersama rekan-rekannya.

    Tantenya sering melarang Zul kecil bermain bola, lantaran bajunya sering kotor dan harus dicuci setiap hari. Zul memang tinggal bersama tantenya, Nursiha, hingga belasan tahun sepeninggal sang ayah, M Syukur. Sementara ibunya, Hj Mardiyana, saat itu tinggal di Timika, Papua.

    Meski sering dilarang, Zul tetap ngotot bermain bola. Bahkan Zul rela kerja serabutan untuk membeli sepatu bola demi hobinya itu. Zul pernah kerja jadi tukang cuci piring di warung Coto Makassar dekat rumah, jadi tukang parkir, hingga kerja membersihkan selokan. Semua itu dilakukannya untuk beli sepatu. Dan semua itu dilakukan tanpa sepengetahuan tantenya.

    Pada tahun 2002, Zul mengawali karir sepakbolanya bersama PSM Makassar yang saat itu berlaga di Liga Indonesia VIII, setelah sebelumnya sempat bermain di tim junior PSM Makassar.

    Setelah 3 tahun bersama PSM, Zulkifli bergabung Persim Maros pada tahun 2005. Selain itu, Zulkifli juga pernah membela PKT Bontang, Persmin Minahasa, Pelita Jaya, Arema Indonesia dan Persib Bandung.

    Karir Zulkifli cukup melejit saat membela Arema dari tahun 2008 hingga 2011. Ketangguhannya dalam menjaga lini belakang Arema membuat dirinya dipanggil Alfred Riedl untuk masuk skuad tim nasional Indonesia yang akan berlaga di Piala AFF 2010.

    Debutnya bersama timnas Indonesia adalah pada saat Indonesia menghadapi Timor Leste dalam sebuah pertandingan persahabatan pada 21 November 2010. Zulkifli sebelumnya juga pernah membela timnas Indonesia U-23 pada tahun 2006-2007.

    Nama Lengkap : Zulkifli Syukur

    Nomor Punggung : 3

    Posisi : Belakang

    Kebangsaan : Indonesia

    Umur : 29 tahun

    Tempat/Tanggal Lahir : Makassar, 03 Mei 1984

    Agama : Islam

    Tinggi/Berat : 174 cm/70 kg

    Tim Favorit : Manchester United

    Pemain Favorit : Garry Neville

    Hobi : Jalan-jalan, wisata kuliner dan nonton film

    Klub Sebelumnya:
    - PSM Makassar (2002-2004)
    - Persim Maros (2005)
    - PKT Bontang (2006)
    - Pelita Jaya (2006)
    - Persmin Minahasa (2007-2008)
    - Arema Indonesia (2008-2011)
    - Persib Bandung (2011-2012)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Profil Zulkifli Sukur (Mitra Kukar) Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top